Kamis (24/11/2016) lalu, Marshanda diangkat menjadi Duta Anti Narkoba Provinsi Kalimantan Timur saat artis lainnya yaitu Anggita Sari tertangkap polisi sebab mengonsumsi psikotropika. Diangkatnya Marshanda menuai komentar yang beragam dari para netizen. Ada yang mendukungnya, ada pula pula yang kontra dengan keputusan tersebut.

@wiw.darey: “Gak ada yang laen apa ya… Tahjana kek… Raisa kek.”

@sartika_pangaribuan96: “Congrats caca sayang… Kau cerdas dan berprestasi… Penyakitmu gak akan jadi halangan buat kesuksesanmu”

Artis-artis Indonesia memang sering kali diangkat jadi duta. Alasannya karena dengan mengangkat figur publik, masyarakat akan jadi lebih peduli. Namun, terkadang kita meragukan juga langkah pemerintah dalam memilih figur publik yang akan dijadikan duta. Misalnya saat Zaskia diangkat jadi duta Pancasila, masyarakat pun banyak yang bersikap kontra. Pihak yang kontra beranggapan bahwa masih ada artis lain yang lebih pantas mengemban tanggungjawab sebagai duta. Karena seharusnya seorang duta memang memiliki citra positif.

Dari beberapa artis yang dianggap tidak kompeten menjadi duta, ternyata ada pula yang benar-benar menjalankan tanggung jawabnya dengan sangat luar biasa. Mereka benar-benar mengabdikan dirinya dengan baik, bukan hanya memajang status duta sebagai ajang kebanggaan semata tanpa berbuat apa-apa.

1. Menjadi duta WWF untuk Harimau Sumatera, Joe Taslim bahkan rela turun lapangan langsung ke hutan

Joe Taslim via getlostmagz.com

Advertisement

Dilansir dari Antaranews, Joe Taslim pada bulan Mei lalu baru saja turun langsung ke situs Harimau Sumatera di Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Baling. Artis yang ditunjuk sebagai Warrior Tiger Sumatera ini mesti rela tinggal dalam hutan dan bercengkerama langsung dengan masyarakat sekitar. Ini adalah kali pertama ia turun langsung melihat harimau selama tiga tahun menjadi duta WWF.

Selama ini Joe selalu aktif mengampanyekan perlindungan terhadap hewan langka agar tidak punah di media sosialnya. Bersama dengan Nadya Hutagalung yang menjadi duta untuk gajah, Nadine Chandrawinata duta hiu, dan Ario Bayu sebagai duta orang utan, Joe dengan gigih rutin mengajak publik untuk ikut peduli. Tidak hanya itu, Joe juga dikenal sangat peduli bumi dan sering mengampanyekan pentingnya air bersih dan hemat listrik.

2. Tak tanggung-tanggung, Melanie Soebono menyandang dua duta sekaligus: duta anti perbudakan dan duta tinju tinja UNICEF

Melanie Soebono via unicefindonesia.blogspot.com

Artis sekaligus musisi Melanie Soebono sudah lama dikenal sebagai aktivis pembela HAM dan lingkungan. Ia sering kali ikut mengkritik pemerintah di media sosialnya. Pada 2014 lalu, Melanie dipercaya oleh UNICEF untuk berkampanye “tinju tinja”. Ia menginformasikan hal-hal penting terkait BAB dalam kampanye tersebut. Sebelum itu di tahun yang sama, Melanie juga diangkat jadi duta anti perbudakan oleh Migrant Care dan Walk Free, sebuah perhimpunan masyarakat yang memerangi perbudakan di Indonesia.

3. Melalui gerakan Maritage, Maudy Koesnaedi ingin mengajak perempuan untuk bisa mengembangkan dirinya

Maudy Koesnaedi via okezone.com

Maritage (Multicultural Art and Heritage for Development) adalah sebuah organisasi non profit yang memberdayakan perempuan secara ekonomi melalui seni dan budaya. Maudy ditunjuk sebagai duta Maritage berkat eksistensinya selama ini. Tidak hanya berfokus pada pemberdayaan, Maudy juga menggagas diadakannya beasiswa untuk perempuan yang kurang mampu. Salah satu langkah yang diambil Maudy adalah mengikuti acara internasional di New York demi mendapatkan dukungan dana.

4. Keaktifan Ferry Salim sebagai duta UNICEF tergambar jelas dalam caranya memperjuangkan kehidupan anak-anak

“Kita harus merasa setiap anak yang kita temui adalah anak-anak kita.” (Ferry Salim)

Ferry Salim bukan pemain baru, ia sudah menjadi duta UNICEF sejak 2004 silam. Ia bergerak di berbagai bidang yang berkaitan dengan anak-anak dari mulai pendidikan sampai kesehatan. Ferry selalu aktif berkampanye dan ikut turun langsung ketika ada kasus-kasus yang terjadi pada anak-anak, terutama jika kasusnya adalah penganiayaan. Ia bahkan dinobatkan sebagai Duta Kehormatan Nasional oleh UNICEF.

5. Sebagai anak muda berbakat, Sherina Munaf ditunjuk jadi duta One Young World pada 2011 lalu

Sherina Munaf via traxonsky.com

One Young World adalah ajang konferensi generasi muda sedunia, dan ia menjadi salah satu wakil Indonesia dalam acara tersebut. Waktu itu, Sherina sempat mengisi langsung puncak acara yang berlangsung di Zurich itu. Tak sendiri, Sherina juga tampil bersama dengan putra-putri berprestasi lain dari Tanah Air.

6. Reza Rahadian tak pernah mau diminta jadi sembarang duta, tapi akhirnya ia bersedia jadi duta air bersih UNDP

Reza Rahadian via hariansib.co

Sepanjang tahun 2016, Reza telah membintangi banyak sekali film yang populer. Di tengah kesibukannya, ia tetap berfokus pada berbagai kegiatan sosial, salah satunya sebagai duta air bersih UNDP. Gerakan “Bring Water for Life” yang diusungnya benar-benar ia tunjukan melalui kerja nyata. Reza bertekad tidak mau menjadi duta “tempelan” atau semacam juru bicara saja bagi UNDP. Ia benar-benar ingin ikut bekerja bersama mereka dan bahkan sempat turun langsung ke masyarakat.

7. Kamu pasti belum tahu kerennya Olivia Zalianty yang dipercaya jadi duta Pramuka dan duta MDGs

Olivia Zalianty via tribunnews.com

Tahun ini Olivia Zalianty masih dipercaya sebagai duta Pramuka. Tak hanya sebatas menyandang gelar saja, Olivia sangat aktif mengikuti berbagai macam kegiatan pramuka bahkan sampai ke daerah-daerah. Ia dengan bangga memakai seragam Pramuka dalam berbagai macam kegiatan. Tak hanya menjadi duta pramuka, Olivia juga menyandang gelar sebagai duta MDGs.

8. Si cantik dan cerdas, Tasya Kamila tak segan turun langsung ke lapangan sejak jadi duta lingkungan hidup

Tasya Kamila via kompas.com

Artis cantik lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini selalu berusaha menerapkan gaya hidup ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-harinya. Selain aktif dalam berbagai macam kegiatan lingkungan, ia pun ingin memberikan contoh nyata pada masyarakat sebagai seorang duta lingkungan. Ia juga sedang merintis Yayasan Green Movement Indonesia yang bertujuan menyebarkan pendidikan lingkungan hidup.

Wah, ternyata nggak semua artis yang jadi duta itu cuma buat nampang doang tanpa kerja nyata. Banyak pula yang benar-benar mengabdikan dirinya sepenuh hati.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya