Saat libur lebaran dan kumpul bersama keluarga, seringkali kita dibingungkan dengan kegiatan apa yang kira-kira bisa dinikmati dengan saudara-saudara kamu. Bagaimana dengan menonton film? Nah, kali ini, Hipwee akan merekomendasikan 8 film yang bisa kamu tonton dengan saudara-saudaramu di masa liburan. Film ini punya cerita yang seru tapi tetap mendidik, dan oke ditonton baik oleh saudara kamu yang masih SD sampai yang sebaya deganmu. Bukan hanya film yang dibuat di zaman sekarang, tetapi juga film yang dibuat dari zaman ayah dan ibumu belum lahir!

1. Roman Holiday (1953)

Roman Holiday via upload.wikimedia.org

Roman Holiday merupakan film perdana bagi aktris klasik asal Inggris Audrey Hepburn — film yang sekaligus mengantarkannya memenangkan piala Oscar sebagai Aktris Terbaik.

Film yang mengambil setting di ibukota Italia, Roma, ini bercerita tentang petualangan Putri Anne (Audrey Hepburn), yang jenuh dengan segala protokoler dan jadwal yang harus dia turuti sebagai seorang putri yang sedang menjalankan tugas kenegaraan. Di tengah turnya ke beberapa negara Eropa, Putri Anne diam-diam kabur dan bertemu reporter Amerika, Joe Bradley (Gregory Peck). Joe yang oportunis pun memiliki ide untuk membuat reportase soal kegiatan sang Putri selama kabur dari istana dengan membawanya berkeliling kota Roma, dan berpura-pura tidak mengenali dirinya.

Kisah yang sederhana ini tetap bisa menarik hatimu berkat akting Gregory Peck dan Audrey Hepburn yang berkharisma. Ending film ini juga membuatnya lebih dari sekedar cerita dari negeri dongeng.

2. Life of Pi (2012)

Advertisement

Diangkat dari novel karya penulis Kanada Yann Martel, film ini bercerita tentang seorang anak India yang bernama Piscine Molitor “Pi” Patel, yang bertahan selama 277 hari ditengah samudera setelah kapal yang ditumpanginya menuju Kanada terhempas badai dan menewaskan seluruh keluarganya. Pi harus berjuang bertahan sendiri ditemani beberapa hewan peninggalan keluarganya: harimau, zebra, dan orangutan. Pi diuji secara fisik dan spiritual oleh dahsyatnya lautan dan buasnya Richard Parker, harimau Bengal yang ikut bersamanya.

3. The Purple Rose of Cairo (1985)

The Purple Rose of Cairo via themotionpictures.files.wordpress.com

Dibesut sutradara kenamaan Woody Allen dengan latar era-Depresi di Amerika Serikat, film ini bercerita tentang Cecilia (Mia Farrow), seorang pramusaji yang memiliki suami yang abusive. Cecilia, yang punya hobi pergi ke bioskop, suatu hari menonton film yang dibintangi oleh aktor favoritnya, Gil Sheperd (Jeff Daniels). Dalam film itu Sheperd memerankan Tom Baxter, seorang antropolog. Menyadari bahwa Cecilia terus mengamati dirinya dari bangku penonton, Baxter memutuskan untuk keluar dari layar lebar dan menghampiri Cecilia.

4. Moonrise Kingdom (2012)

Moonrise Kingdom via sojo.net

Sam Shakusky (Jared Gilman) adalah anak yatim piatu yang sedang mengikuti program Pramuka Camp Ivanhoe. Ia bertemu dengan Susan Bishop (Kara Hayward) saat pementasan di gereja dan keduanya memutuskan untuk berkorespondensi. Dalam suratnya, Sam mengajak Susan untuk kabur dan keduanya benar-benar melakukannya. Kaburnya mereka membuat heboh warga New Penzance, pulau tempat mereka tinggal, orangtua Susan dan teman-teman satu perkemahan Sam.

5. Fantastic Mr. Fox (2009)

Fantastic Mr. Fox via d2nh4f9cbhlobh.cloudfront.net

Ketika mencuri burung dara di sebuah peternakan, Mr. Fox (George Clooney) bersama istrinya (Meryl Streep) terperangkap ke dalam perangkap rubah. Saat itu, Mr. Fox terpaksa bersumpah pada istrinya apabila mereka selamat dari perangkap, Mr. Fox akan menghentikan profesinya sebagai pencuri. Apalagi, pasangan itu akan segera memiliki anak.

Beberapa tahun kemudian, Mr. Fox, yang kini beralih profesi sebagai penulis, memutuskan untuk pindah rumah bersama keluarga kecilnya. Saat mengetahui bahwa rumah barunya dekat dengan usaha pangan milik petani kejam bernama Boggis, Bunce, dan Bean, Mr. Fox tergoda untuk mencuri lagi. Untuk ini, Mr. Fox harus mempertaruhkan bukan hanya nyawa keluarganya, tapi juga kelangsungan hidup seluruh anggota komunitas hewan yang tinggal di sekitar rumahnya.

Fantastic Mr. Fox adalah film komedi hangat untuk segala umur. Anak-anak akan menikmati visualisasinya menakjubkan, dan kamu bisa tertawa sepanjang hari karena skenarionya yang pintar.

6. It Happened One Night (1934)

It Happened One Night via notonbluray.com

Ellen “Ellie” Andrews (Claudette Colbert) adalah seorang sosialita manja yang nekat kawin lari dengan seorang pilot yang bernama King Westley (Jameson Thomas). Ayahnya tidak memberikan restu, dan memaksa Ellie untuk segera menceraikan suami barunya. Mendengar ini, Ellie nekat kabur ke New York untuk bertemu dengan suaminya.

Ditengah perjalanannya ke New York, Ellie bertemu dengan Peter Warne (Clark Gable): seorang wartawan yang baru saja dipecat dari pekerjaannya. Peter yang membutuhkan pekerjaan baru memaksa Ellie untuk mengijinkan dirinya mendokumentasikan kelakuan Ellie selama kabur. Kalau tidak? Peter akan menghubungi ayah Ellie yang ternyata memasang pengumuman di koran soal kaburnya putrinya.

7. Horton Hears a Who (2008)

Horton Hears a Who via blog.lib.umn.edu

Horton Si Gajah (Jim Carrey) tanpa sengaja mendengar suara dari sebuah bintik debu ketika ia sedang berenang. Ternyata, bintik debu tersebut merupakan planet kecil yang berpenghuni. Horton pun mencoba berkomunikasi dengan penghuni debu yang ditemuinya. Usaha Horton itu ditanggapi oleh sang Walikota yang bernama Ned McDodd (Steve Carell). Dari situ, Horton sadar bahwa debu yang ditemuinya tidak hanya ditempati satu atau dua makhluk, melainkan koloni masyarakat. Horton berjanji kepada Pak Walikota untuk menempatkan planet mereka di tempat yang aman, sedangkan Pak Walikota berusaha meyakinkan dewan pemerintah dan masyarakat bahwa tempat tinggal mereka terancam bahaya.

8. The Secret Life of Walter Mitty (2013)

The Secret Life of Walter Mitty via welovemoviesmorethanyou.com

Film ini merupakan adaptasi dari cerita pendek dengan judul sama karya James Thurber. Film ini berkisah tentang Walter Mitty (Ben Stiller), manajer aset roll film untuk Majalah Life yang memiliki kebiasaan suka melamun dan mengkhayal di waktu dan situasi yang tidak tepat.

Dalam waktu dekat, Life akan menghentikan peredaran dalam format cetak dan hanya akan keluar dalam bentuk online. Walter mendapatkan bingkisan dari fotografer bernama Sean O’Connel (Sean Penn), yang berisi sebuah dompet dan roll film negatif. Sean meminta kepada Walter agar negatif yang bernomer 25 dijadikan sampul untuk edisi cetak terakhir majalah tersebut. Ketika Walter ingin memproses negatif film tersebut, Walter tidak menemukannya; dimulailah petualangan Walter untuk mengejar negatif film tersebut dan menyelamatkan pekerjaannya.

Nah, demikian 8 film yang Hipwee rekomendasikan untuk liburan kamu kali ini. Mungkin ada rekomendasi lain dari kalian? Silahkan isi di kolom komentar!