Buat kamu yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, macet sudah menjadi santapan sehari-hari. Kondisi ini pun membuat banyak waktu terbuang percuma hanya dijalanan. Tahukah kamu kalau dihitung-hitung, dalam sehari, rata-rata satu orang masyarakat Indonesia mengalami yang namanya boros waktu selama 1,5 jam.

Baru-baru ini, salah satu pengamat perencanaan wilayah dan kota, Yayat Supriatna mengungkapkan, bahwa masyarakat komuter Jabodetabek (yang berjumlah 2,42 juta orang) menghabiskan waktu selama 3,63 juta jam per hari di perjalanan. Angka ini didapat Yayat dari hasil survei yang dilakukan terhadap lebih dari 1000 responden di 9 kota besar di Indonesia. Itu hanya masyarakat di kawasan Jabodetabek loh! Dapat kamu bayangkan berapa puluh juta jam yang terbuang oleh masyarakat Indonesia secara keseluruhan?

Nah, pemborosan waktu ini pun turut menyumbang dampak negatif bagi masyarakat, seperti penurunan kualitas hidup dan peningkatan stres. Berdasarkan survei yang sama, penurunan kualitas hidup dan peningkatan stres dialami oleh responden berusia 30 tahun akibat kemacetan ini.

Agar limbah yang disebabkan oleh pemborosan waktu ini bisa dimanfaatkan dengan baik, berusahalah buat tetap produktif kapan pun itu. Bahkan saat kamu ada di perjalanan yang membutuhkan waktu lama, kamu tetap bisa mengerjakan apa pun itu.

Dan daripada waktumu terbuang sia-sia, kamu perlu cari “pelarian” biar nggak bosan, gabut, dan bisa lebih produktif saat di tengah kemacetan. Menghindari stres dan tua di jalan. Harus mulai kamu biasakan nih, guys!

1. Untukmu yang nggak sempat sarapan di rumah, bawa bekal roti untuk mengisi perut bisa jadi ide brilian. Sampai tujuan, sudah kenyang

Bawa dari rumah deh~

Dituntut buat berangkat di pagi buta, banyak dari kamu yang seringkali melupakan buat sarapan. Padahal, sarapan itu esensial buat mengisi tenagamu sebelum memulai aktivitas. Daripada nunggu macet di perjalanan, kamu bisa menyantap roti untuk mengisi tenaga biar bisa produktif seharian. Jangan sampai ide-ide asikmu nggak jadi keluar karena terhalang lapar.

Buat yang bingung mau sarapan apa, kamu juga bisa memanfaatkan waktu menunggu kamu untuk browsing situs-situs yang memberikan referensi sarapan sehat atau streaming video terkait DIY (do-it-yourself) sarapan sehat . Nah, setidaknya kamu sudah punya rencana menu sarapan yang akan kamu bawa besok ke kantor atau ke kampus.

2. Seru-seruan sambil mengasah siasat buat memenangkan satu stage game di handphone-mu. Bisa buat cek kemampuanmu, ‘kan?

Hmmm coba nga-game aja deh via www.theguardian.com

Salah satu pelarian yang seringkali dimanfaatkan oleh orang saat bosan di perjalanan menuju kantor adalah dengan nge-game. Karena nggak selamanya game itu ngasih dampak buruk, kegiatan mengisi waktu luang ini bisa bikin kamu mengecek kemampuan. Yes, kemampuan seberapa keren siasatmu untuk bisa menyelesaikan satu stage permainan yang rumit ini. Coba cari tahu, sudah bisa melewati berapa stage nih?

3. Kadang novel kesukaan bisa bikin kamu lupa waktu. Buatmu nggak terasa karena berkutat dengan imajinasi

Nggak terasa via www.flickr.com

Punya kebiasaan selalu membawa buku di dalam tas? Hal yang kamu lakukan selama ini nggak sia-sia. Kamu bisa merasakan keintiman berimajinasi sembari membaca buku yang baru kamu beli. Atau kamu juga bisa memanfaatkan gadget kamu untuk mengakses situs-situs e-books untuk membaca novel kesukaan kamu. Bisa buat waktumu nggak terbuang sia-sia sekaligus bikin tak terasa udah sampai tujuan.

4. Pasang headset, duduk manis sambil mendengarkan lagu. Kadang, inspirasi brilian bisa datang hanya dengan sebuah lagu

Untukmu yang mau cari pelarian buat bikin waktu lebih produktif, mendengarkan lagu adalah hal yang paling sederhana. Se-simple pakai headset dan dengerin lagu yang bisa bikin kamu tetep semangat, patut dicoba. Kadang, inspirasi yang nggak terduga bisa datang dari lagu, lho. Keproduktifan mana yang mau kamu siakan?

5. Scrolling laman yang bisa ngasih update ternyar yang terjadi di dunia juga patut kamu simak dengan perantara gadget

Handphone adalah teman setia via forums.sherdog.com

Waktu yang kamu habiskan selama perjalanan menuju kampus dan kantor bisa dikatakan cukup lama. Terlebih lagi kamu yang tinggal di DKI Jakarta dan sekitarnya. Karena lalu lintas yang macet, bisa-bisa kamu menghabiskan waktu 1,5 jam sekali jalan. Untuk menghilangkan kebosanan, kamu pun punya teman yang selalu setia buat bikin kamu tetap update dengan berita luar dan berkomunikasi dengan orang terdekat. Gadget. Di tengah berdesakan, kamu tetep bisa tahu apa yang terjadi di luar sana.

Bikin waktu jadi makin produktif bisa kamu mulai dari gadget. Daripada cuma stalking-in gebetan dan akun-akun gosip, kamu bisa coba ubah kebiasaan ini dengan buka laman yang ngasih update terkini di sekitarmu. Nggak akan buatmu merugi kok dengan bookmark laman keren di gadget-mu.

6. Kejaran deadline dari klien memang sulit buat ditunda. Balesin email walau sambil berdiri di gerbong KRL masih bisa kok kamu lakoni

Bales, harus! via www.wisegeek.org

Klien dan project kerja yang sedang dilakoni, memang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Kamu harus siap 24 jam untuk selalu siaga demi klien, e-mail pun nggak boleh dicuekin. Daripada menunggu sampai di kantor, e-mail penting ini juga perlu kamu balas. Yah, memang penuh usaha untuk bisa tetap berdiri sambil pegang handphone. Tantangan ini cepat atau lambat akan kamu lalui, guys. Jadi, macet bukan alasan buat diam bengong~

7. Biar ide nggak hilang kebawa angin, coba buka voice recorder di handphone-mu dan ucapkan. Biar terekam sempurna idenya

Biar tersimpan via wistia.com

Saat kamu lagi asik baca-baca update dan berita dari handphone-mu, nggak dipungkiri akan terbesit banyak ide yang bisa kamu realisasikan. Saking antusiasnya, kadang kamu melewatkan hal penting buat ide apa yang barusan kamu dapat.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan biar idemu nggak ilang kebawa angin adalah dengan merekam di handphone-mu. Biar fitur voice recorder-mu lebih kepake dan berguna, kita pake saran dari Ernest Prakasa yuk, untuk rekam semua ide gila yang terlitas dibenak kamu dalam voice recorder atau di note kamu. #DaripadaNunggu yang sia-sia, kamu akan dibikin kaget dengan membiasakan hal baru buat gudang idemu ini.

8. Untukmu yang suka mengekspresikan diri lewat gambar, jangan kelupaan bawa sketch book. Akan ada karya yang bisa ngasih hasil!

Makin asik! via www.pinterest.com

Punya kesukaan dalam coret-coret dan menggambar, membawa sketch book kemana-mana seperti kewajiban buatmu. Goresan pensil atau pena khususmu di tengah jam-jam padat yang ada di buku polosmu itu bisa menjadi karya yang punya makna mendalam. Daripada sekadar melamun melihat awan dan menghitung sepatu orang-orang di sekitarmu, yuk mengawali buat mengisi waktu di perjalanan menuju kantor ini dengan bijak. Biar kamu nggak merasa rugi dan tetap bisa punya hasil di momen yang cukup terjepit ini.

Mending daripada bengong via www.daripadanunggu.com

Berlama-lama di perjalanan, kini bukan jadi hambatan yang berarti, bukan? Apalagi sekarang ini, perangkat ponsel pintar kamu bisa menjadi teman di kala menunggu. Kamu bisa melakukan banyak hal, misalnya browsing dengan browser yang cepat seperti Opera browser, atau mengakses situs ini untuk memanfaatkan waktu menunggu kamu menjadi sesuatu yang lebih produktif.

Jika pelarian ini sudah kamu lakoni, tenang. Kamu nggak akan lagi dibuat mengeluh saat terjebak di jam-jam macet dan padat tiap harinya. Karena kamu sudah tahu cara mengalokasikan waktu yang tetap bisa memberikan hasil. Kebiasaan mengeluhmu juga akan berkurang nantinya. Yuk saatnya lebih bijak dengan waktu, guys!