Hari Kartini yang selalu diperingati pada 21 April dimaknai juga sebagai momen di mana kita mengingat kembali adanya cita-cita emansipasi wanita di Indonesia. Sejumlah film, lagu, atau karya seni lain yang memiliki pesan-pesan serupa turut meramaikan momentum tersebut. Akan tetapi, yang mesti diketahui pula adalah bahwasanya emansipasi itu sejatinya semangat global. Emansipasi wanita juga diperjuangkan di hampir segala bangsa saat ini. Kalau kita mau mengulik-ulik karya-karya asing, semangat kesetaraan gender juga tak jarang disusupkan. Tak lupa juga tertuang dari tontonan drama asli Korea Selatan, yakni K-drama. Penasaran dengan beberapa karakter dari drama Korea yang punya semangat serupa dengan yang diperjuangkan Kartini? Simak!

Jang Geum (Lee Young Ae) dalam Jewel In The Palace, kisah nyata tabib wanita pertama.

Di balik senyumnya, terdapat semangat membara via www.kdramastars.com

Anak-anak 90-an Indonesia pasti sempat tahu jika drama ini dulunya sempat populer di era pertengahan 2000-an karena disiarkan di salah satu stasiun televisi swasta. Peran Jang Geum yang dimainkan oleh seorang aktris bernama Lee Young Ae ini berkisah tentang kehidupan istana di era dinasti Chosun di mana wanita selalu dianggap remeh dan hanya berkutat di kamar atau dapur. Namun, perjuangan Jang Geum untuk menjadi tabib wanita pertama dan dipercaya oleh sang raja pada masa itu menjadikannya inspirasi bagi peran wanita lain di drama ini. Salut.

Queen Seondeok (Lee Yo Won), sosok pemimpin wanita yang perkasa.

Advertisement

Terlihat garang namun.. via pda.vietbao.vn

Drama milik stasiun televisi MBC yang pertama kali disiarkan pada tahun 2009 ini tak jauh berbeda latarnya dengan kebanyakan drama sejarah di Korea. Masih mengusung seluk beluk kehidupan istana, Queen Seon Deok yang diperankan oleh aktris Lee Yo Won menjadi ratu wanita pertama di salah satu dari tiga kerajaan di Korea masa lampau, Silla. Seon Deok juga menjadi wanita kedua yang menjadi ratu di seluruh Asia Timur raya. Dalam Queen Seondeok, dia dikisahkan menjadi seorang ratu yang beritikad teguh hingga mampu menggulingkan kediktatoran dari musuh besarnya Mi Shil yang diperankan oleh Go Hyun Jung.

Hwang Jin Yi (Ha Ji Won), seniman dengan bakat dan sejuta pesona.

Kalau di korea, konde namanya apa ya via www.fanpop.com

Dalam drama ini, Ha Ji Won memenangkan Daesang di tahun 2006, sebuah penghargaan termahsyur di Korea selatan dalam industri hiburan dari performa perannya. Diceritakan, Hwang Jin Yi adalah seorang penghibur yang mahsyur akan kemampuan bermusik, menari, serta berargumentasi di tengah-tengah sosok wanita yang selalu dianggap remeh kala itu. Di sini ia diceritakan sebagai wanita yang bisa bangkit dari keterpurukan pasca ditinggal oleh orang yang dicintainya Eun Ho–diperankan oleh aktor Jang Keun Suk.

Dong Yi (Han Hyo Joo), pelayan cerdas yang melahirkan putra mahkota.

Terlihat bijaksana via thundiesprattle.com

Dalam drama dengan judul yang sama seperti nama pemeran utamanya, Dong Yi, diangkat lah latar era dinasti serupa dalam Jewel In The Palace, yakni era dinasti Chosun. Pada jalan ceritanya, Dong Yi yang diperankan oleh Han Hyo Joo ini adalah seorang pelayan biro musik di istana. Berkat kecerdasan dan kebijakannya, dia lantas dinikahi oleh raja bernama Suk Jong dan melahirkan putra yang menjadi raja berikutnya dari drama yang pertama kali disiarkan di tahun 2010 ini. Dong Yi sendiri mendapatkan rating yang sangat memuaskan di Korea berkat peran dari Han Hyo Joo.

Jang Sae Byuk (Yoona SNSD), segala kondisi memprihatinkan sejak dini tidak mengandaskan cita-citanya.

Ngelihat kemana mb via samanthaelisabeth.com

Lain dari drama-drama sebelumnya, drama You Are My Destiny ini mengambil latar masa yang lebih modern. Dalam ceritanya, Jang Sae Byuk diceritakan sebagai seorang anak asuh dalam sebuah panti asuhan sejak kecil karena telah ditinggal oleh ibunya sejak dini. Namun, karena kerja keras dari nol, dia mampu meraih cita-citanya sebagai seorang desainer peralatan dapur yang akhirnya menjadi pekerjaannya.

Ko Eun Sung (Han Hyo Joo), kisah wanita brilian dalam menggapai mimpinya sebagai koki.

Terlihat tetap ceria via couch-kimchi.com

Han Hyo Joo terkenal sebagai seorang aktris multi-talenta yang selalu mampu menempatkan diri di peran yang ia mainkan. Dalam drama Brilliant Legacy yang pertama kali disiarkan di tahun 2009, diceritakan bahwa hidup Ko Eun Sung sangatlah hancur dan berantakan setelah ayahnya berpura-pura meninggal, sehingga ia diusir oleh ibu tirinya dari rumah. Namun, Eun Sung tetap ceria dalam kesehariannya dan rela bekerja sebagai seorang pelayan di restoran bubur demi menggapai mimpinya sebagai seorang koki.

Hye Sung (Lee Bo Young), wanita bernyali yang berjibaku dengan kebobrokan hukum.

Selain cantik juga cerdas via mydramalist.com

Banyak peran yang hanya mengandalkan kecantikan dalam menyelami peran utama dari sebuah film maupun serial TV. Namun dalam drama I Hear Your Voice, Lee Bo Young yang memerankan seorang Hye Sung membantah semua itu. Karakter yang ia mainkan cukup rumit. Bekerja sebagai pembela umum, perlahan-lahan Hye Sung mampu membungkam anggapan orang-orang jika cantik saja tidak cukup, namun perlu ada kapabilitas lebih untuk melakukan profesi secara profesional.

Kang Mo Yeon (Song Hye Gyo), dokter cantik yang tak segan terjun di medan perang.

Dokter jelita bekerja tanpa pamrih via forums.soompi.com

Akhir-akhir ini drama yang digadang-gadang sebagai drama termahsyur Korea Selatan ini hadir menebarkan euforia ke seantero industri hiburan dunia. Apalagi jika bukan Descendants of the Sun. Melahirkan berbagai peran epik dari permainan aktor dan aktrisnya, tak terkecuali pula peran dari Kang Mo Yeon yang dimainkan oleh Song Hye Gyo. Bukan sekedar terkait dengan bumbu romantikanya dengan kapten Yoo Shi Jin, namun berkat profesinya. Sebagai relawan dan dokter, Kang Mo Yeon benar benar melakoni profesinya dengan dedikasi sepenuh hati, termasuk harus terjun ke medan perang dan wilayah bencana.

Itulah sejumlah karakter wanita yang berapi-api dalam sejumlah drama Korea untuk berjuang menggapai cita-cita maupun peran mulianya. Siapa bilang cuma perihal cowok-cowok ganteng dan cinta-cintaan menye-menye yang bisa kita petik dari drama-drama Korea. Girls, kita juga harus bisa belajar banyak dari karakter-karakter ini!