Hewan peliharaan memang topik yang menyenangkan. Bahkan kita sering bilang “Uwuwuwuwuwu” ke dia saking lucunya si hewan peliharaan ini.

Selain anjing dan kucing yang sudah banyak dipelihara orang-orang, ada juga hamster yang jadi hewan kesayangan. Bentuknya yang imut dan bulu-bulunya yang halus menjadi daya tarik tersendiri buat penyukanya. Kalau nggak pernah punya hamster, gak mungkin deh kamu ngerasain 7 hal ini…

1. Karena bentuknya yang kecil, kita selalu was-was tiap akan keluar rumah. Takut dia bisa hilang atau dimakan hewan yang ukurannya lebih besar darinya.

takut si kecil hilang atau di makan kucing via dailymail.co.uk

Setiap meninggalkannya adalah momen yang menyedihkan dan rasanya ingin cepat-cepat pulang saja. Walaupun kita sudah menutup kandangnya rapat-rapat, rasa khawatir selalu menyergap jika tiba-tiba dia keluar kandang dan hilang (bentuknya kecil, jadi susah ketemu) atau dimakan hewan yang ukurannya lebih besar darinya. Bahkan, terkadang sampai bolak-balik telepon orang rumah untuk ngecek kandangnya.

2. Rasa ingin mengajaknya jalan-jalan selalu ada, tapi apa daya, hamster tidak bisa diikat lehernya. Jadi pengen masukin kantong aja deh!

pengen masukin kantong aja! via blogsdiscovery.com

Advertisement

Dengan sebutannya sebagai hewan kesayangan, terkadang kita selalu ingin mengajaknya jalan-jalan dan berlarian di taman layaknya anjing dan kucing. Tapi apa daya, ukuran hamster sangat kecil apalagi sampai mengajaknya lari-lari, duh nggak tega deh! Satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah, masukin hamster kesayangan ke kantong aja deh ya…

3. Punya hamster emang nggak seribet yang dibayangkan, justru mencari serutan kayu untuk alas kandangnya adalah sesuatu yang paling menyenangkan.

susahnya cari serutan kayu buat hamster kesayangan via quizsocial.com

Yang pernah memelihara hamster, pasti sudah tahu kalau hamster adalah hewan pengerat yang habitatnya di tempat kering seperti gurun, tempat basah dan lembab kurang bagus untuk pertumbuhan si hewan mungil ini. Nah, serutan kayu adalah media yang sangat tepat buat keseharian si hamster. Selain untuk menyerap air kencingnya, mempersiapkan serutan kayu untuknya adalah sesuatu yang paling ditunggu setiap minggunya.

4. Gemes setiap melihat gigi mungil si hamster mengunyah makanan, kuaci dan kacang-kacangan harus ada di shopping list selain sabun dan parfum kita sendiri.

harus pintar-pintar pilih makanan via pinterest.com

Hewan mungil kesayangan ini nggak boleh sakit apalagi kena obesitas gara-gara makan makanan yang salah! Kuaci dan kacang-kacangan adalah makanan terbaik buat mereka. Buat mereka yang pernah atau sedang memelihara hamster, kuaci dan kacang-kacangan ini juga wajib ada di shopping list kita.

5. Nggak ada yang lebih seru dibanding melihatnya jungkat-jungkit atau berlarian di hamster wheel-nya!

lucu banget saat dia bermain via hamsterandcage.com

“Aaaaaah, liat deh si Lolly lari-lari sambil garuk-garuk gitu, aaaaaaah lucu!”

“Hidungnya kembang kempis tuh si Lolly, kecapean kali ya jungkat-jungkit, pengen elus-elus banget!”

“Lollyyyyyyyy, jangan naik turun tangga gitu, nanti kamu kecapean!”

6. Hamster juga mengajarkan kita untuk selalu hati-hati. Dia hewan melankolis yang nggak mau dipegang saat kita berdiri, posisi kita duduk adalah favoritnya.

hamster bisa stress kalau diajak berdiri via amongstthecaviarandwatermelons.com

Ada beberapa penelitian yang bilang bahwa, hamster paling tidak suka jika dipegang dengan posisi kita yang berdiri, dia bisa gusar dan berujung stress. Dia lebih suka dipegang dengan posisi kita yang duduk. Hmmmmmm, manja ya!

7. Menyikat bulu-bulunya yang halus bisa menjadi pengobat duka, dia bisa menggeliat karena kegelian, so cute!

pengen mandiin dia, tapi sebetulnya nggak boleh via curiousanimal.net

Tak seperti hewan peliharaan lain yang setiap hari butuh mandi, hamster bukan hewan yang bisa terlalu lama terkena air. Untuk itu, si hewan kesayangan ini lebih suka untuk disikat bulunya dengan lembut agar tetap bersih. Momen dia kegelian dan merem melek saat disikat bulunya adalah, surga dunia!!

8. Mengingat kartun Hamtaro, rasa ingin mencarikannya “jodoh” yang nggak kalah imut juga sering terbesit dalam dada.

cari jodoh buat si hamster yuk! via tumblr.com

“Pernah mikir gitu, kalau hamsterku, namanya Boni, aku carikan jodoh yang pake pita di bulunya, kan lucu ya, pasti anak-anaknya bisa imut-imut gitu persis di Kartun Hamtaro.”

Mitha, 21th

Selain nggak susah buat ngerawat hewan mungil ini, saat dia bisa bermain dengan lincah di roda hamsternya dan melihatnya makan kuaci dengan lahap, ini bisa menjadi obat galau yang paling manjur, lho!

: