Kapan terakhir kali kamu menanyakan kabarnya? Sudahkah hari ini kamu memeluk tubuhnya — tempat ia merawatmu bahkan sebelum kamu bernama dan bermuka? Tahukah kamu apa yang detik ini ia rasa?

Saat kita sibuk mengurus diri sendiri, atau masalah hubungan dan pekerjaan yang makin serius makin hari, ada Ibu yang menunggu di teras rumah, menelan sunyi. Pun saat kita akhirnya pulang, kebutuhan diri sendiri lah yang paling dulu kita cukupi. Berdiam di kamar, mengobrol dengan beliau pun hanya sekali-sekali.

Ibu yang jarang meminta imbalan memang rentan untuk tak diprioritaskan. Ah, kalau kamu juga termasuk anak yang sering lupa Ibu tanpa sadar, mungkin ada baiknya lagu-lagu di bawah ini kamu dengarkan.

Di artikel ini, Hipwee sudah merangkum lagu-lagu apa yang dengan sekejap bisa bikin kamu kangen Ibu. Hehe, jangan nangis ya…

1. Memang kenyataannya Ibu itu superhero buat kehidupanmu. Persis yang dikatakan Potret di lagu Bunda ini

Potretnya Teh Melly via www.wowkeren.com

Advertisement

Kata mereka diriku s’lalu dimanja

Kata mereka diriku s’lalu ditimang

Siapa yang nggak kenal Potret? Band lawasnya Teteh Melly Goeslaw ini emang paling juara ngebuat lagu-lagu yang menyentuh. Salah satunya, lagu Bunda ini. Lewat lirik dan aransemen musik yang minimal, Teteh Melly mengajak kamu bernostalgia dengan masa kecil. Masa-masa kamu masih sebagai bayi mungil yang tak berdosa dan tak berdaya. Masa di mana segala kebutuhan kamu selalu diusahakan oleh Ibu. Bahkan jiwa raga dan seluruh hidup Ibu rela diberikan untuk kamu-buah hati kesayangannya.

Oh Bunda ada dan tiada

Dirimu kan slalu ada di dalam

Hatiku

Yakin mau terus sibuk dengan urusanmu sendiri? Ingat Ibu ya gais!

2. A Song For Mama dari Boyz II Men mengajak kamu untuk selalu ingat, jika Ibu satu-satunya perempuan yang harusnya selalu kamu pentingkan

Mama, mama, you’re the queen of my heart

Your love is like tears from the stars

Mama, I just want you to know

Lovin’ you is like food to my soul

Buat cowok yang saat ini lebih sibuk dengan pacarnya, atau buat cewek yang sering menuntut perhatian lebih dari dia. Kamu wajib dengar lagu dari boyband asal Amerika Serikat ini. Lirik yang dikemas dengan lagu soul membantumu sadar, kalau satu-satunya wanita yang harusnya kamu pentingkan di seumur hidupmu adalah Ibu. Sosok perempuan yang sedari kamu kecil sampai sudah sebesar ini selalu ada dalam berbagai kondisi di hidup kamu. Sosok perempuan yang mengajarkan kamu banyak hal, bahkan meyakinkan kamu untuk menjadi seorang cowok pemberani menghadapi kehidupan.

3. Kamu yang sedang merantau, Ibu dari Iwan Fals bakal jadi juaranya membuat kamu baper dan segera ingin pulang.

ingin ku dekat dan menangis di pangkuanmu

sampai aku tertidur bagai masa kecil dulu

lalu doa-doa baluri sekujur tubuhku

dengan apa membalas, ibu… ibu…

Bahkan Om Iwan harus menempuh ribuan jarak demi kembali ke pangkuan ibunya. Nah, kamu… yang udah berkali-kali ditelepon Ibu aja masih menunda-nunda untuk menjenguk beliau. Mau sampai kapan, guys?

Membiarkan Ibu menunggu dengan kerutan yang seenaknya memahat wajah cantiknya, uban yang semakin hari semakin memutihkan kepalanya, dan pita suara yang semakin hari melemah. Pulang ya, temui Ibu untuk bersimpuh di pangkuannya. 🙁

4. Taylor Swift selalu mengingat The Best Day bersama ibunya. Nah, kalau kamu bagaimana?

Taylor bersama ibunya via www.popsugar.com

Hayo, masih ada nggak di kepalamu daftar hari-haru terbaik yang pernah kamu lalui sama Ibu? Bahkan hari terburukmu selalu bisa menjadi terbaik jika dilalui bersamanya. Ibu selalu berusaha semaksimal mungkin membantumu keluar dari masalah apapun. Meski kalian sempat berselisih paham, toh pada akhirnya kamu lebih belajar untuk lebih menghargai dan memahami Ibu.

And I didn’t know if you knew

So I’m taking this chance to say

That I had the best day

With you today

5. Cinta Untuk Mama dari Kenny, lagu sederhana yang tetap bisa membuat Ibu luluh…

Dek Kenny aja ngasih lagu buat mamanya, Kamu?

Hanya ini kunyanyikan

Senandung dari hatiku untuk Mama

Hanya sebuah lagu sederhana

Lagu cintaku untuk Mama

Kasih sayang itu bisa dalam bentuk apa saja. Ibu sendiri memberikan semua kasih sayangnya dalam bentuk banyak hal mulai dari merawatmu, menjagamu, mendidikmu, hingga membantumu dalam banyak hal. Kasih sayang apa yang sudah kamu beri ke Ibu? Malah nggak jarang kamu membuat Ibu kecewa dengan sikapmu.

Yuk, selama kalian masih bisa bertemu Ibu, tunjukkan semua kasih sayangmu kepadanya. Nggak perlu hal-hal luar biasa, cukup hal sederhana yang justru dekat dengan sehari-hari, seperti misalnya lagu yang dinyanyikan Dek Kenny untuk Mamanya. Siapa tahu berhasil membuat Ibu luluh.

6. The Perfect Fan dari Backstreet Boys buat kamu yang lebih memilih mengidolakan artis cantik ketimbang ibu sendiri

Mas-mas kece ini aja sayang sama ibunya via www.metrolyrics.com

You showed me

When I was young just how to grow

You showed me

Everything that I should know

You showed me

Just how to walk without your hands

Cuz mom you always were

The perfect fan

Daripada sibuk ngefans sama artis cantik yang bahkan nggak tahu kamu ada (hiks), kamu bisa ngefans sama Ibu sendiri yang selalu setia menemani. Coba deh dengerin The Perfect Fan dari Backstreet Boys ini. Cowok-cowok kece di sini menceritakan tentang sosok wanita paling penting di hidup mereka. Lagu yang bikin kamu kangen Ibu, sekaligus kangen masa kejayaan mereka saat kamu kecil dulu.

7. Masih ingat nggak semua cerita yang Ibu tuturkan kepada kamu? kalau lupa, ada baiknya kamu dengar Mother dari Abang Adhitia Sofyan Ini

Mother when you tell your stories

Children of the world will listen

Mother watch your glory lid the sky

Hear the wind beneath the branches

Just as rain drops touched the river

Apa sih yang bikin kamu kangen sama Ibu? Inget-inget lagi deh, mungkin sentuhan tangannya yang meski tak selalu halus tetap terasa lembut di hati. Atau suaranya yang meski nggak mendayu-dayu tetap terasa nyaman di telingamu. Bisa jadi juga, dongeng-dongeng yang dulu sering dituturkan Ibu. Pokoknya Ibu itu emang sosok yang luar biasa yang selalu menjadi anugerah untuk anak-anaknya.

8. Ada satu dari Ibu yang selalu menjadi bekal untuk hidupmu: doa beliau. Iya, seperti lagu Mother’s Prayer yang dinyanyikan Celine Dion

Every mother’s prayer

Every child knows

Lead her to a place

Guide her with your grace

To a place where she’ll be safe

Doa restu Ibu adalah keajaiban yang bisa menembus apapun. Doa Ibu itu akan selalu ada, meski kamu sendiri lupa untuk mendoakannya. Doa Ibu selamanya akan menjadi bekal untuk kehidupanmu, yang membantumu sukses di masa depan, yang menjagamu dari hal-hal buruk. Makanya, selalu ada banyak nasihat: jangan sakiti perasaan ibumu, jangan jadi anak durhaka yang nggak lebih berharga dari batu.

Surga itu di telapak kaki ibu.

Jadi, sudah memeluk ibu hari ini? Sudah membuat hatinya senang hari ini? Sudah menyapanya hari ini? Jangan lupa beliau lagi ya, gais… 🙂