Sepakat nggak sih kalau di sekitar kita ini begitu banyak simbol atas hal apapun? Sebenarnya, kalau kita bisa memahami sebuah petunjuk, mungkin nggak akan ada yang namanya simbol. Ya, simbol diciptakan untuk memberi tahu sebuah pesan kepada orang-orang dengan lebih sederhana agar mudah dipahami. Sayangnya, banyak sekali orang yang masih nggak peduli dengan makna simbol-simbol tersebut.

Nah, berbicara mengenai simbol ini, harusnya orang bisa dengan mudah memahami makna yang ingin disampaikan oleh pihak terkait kepada publik. Tapi balik lagi, namanya juga orang, selalu sering mengabaikan sesuatu yang tergolong kecil dan simbolis. Seperti beberapa simbol yang sering banget kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Jujur deh, mana yang sering kamu abaikan?

Dari yang paling sederhana, huruf /P/ dicoret ini tanda bahwa orang nggak boleh parkir di area tersebut. Bukan dilarang pacaran lho!

Dilarang parkir! via www.carmudi.co.id

Simbol peringatan yang telah ditancapkan dan ditulis dengan gamblang di sebuah area ini diselalu diabaikan oleh banyak orang. Padahal jelas, ini tanda bahwa kendaraan nggak boleh parkir di sini. Tujuannya, biar jalanan nggak macet, dan sebagainya. Tapi apa? Susah dibilanginnya!

Simbol yang sering banget kamu lihat di botol minuman. Ini bukan petunjuk buat mengulang cerita di masa lalu, ya!

Nih, ada tingkatannya. via speccrew.com

Advertisement

Nggak usah bohong, pasti kamu sering banget menggunakan sebuah botol air mineral untuk diisi ulang dan digunakan lagi. Sampai berulang kali. Padahal di botol tersebut sudah tertera jelas simbol ini. Maksudnya, botol tersebut nggak boleh digunakan lebih dari sekali. Sebab kalau kamu gunakan berulang, lapisan polimer pada botol bisa meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang menyebabkan kanker. Paham?

Jelas, ini peringatan buat kamu biar nggak main ponsel di SPBU. Nggak cuma meledak, satu kelurahan bisa meninggal gara-gara kamu!

Bahaya! via www.top1.co.id

Ini maksudnya bukan kamu dilarang buat tukaran nomor HP atau ID Line dengan cewek pas lagi mengisi bahan bakar di SPBU. Simbol ini jelas melarang semua orang buat nyalain HP di SPBU! Sebab radiasi dari HP bisa meledakkan SPBU dan mengancam hidup semua umat manusia di area tersebut. Apakah niatmu memang mau mengakhiri kepadatan populasi penduduk?

Ingat, ya, ini bukan simbol band metal. Ini tanda bahwa barang tersebut berbahaya dan beracun!

METAL! via vocalblogger.com

Mungkin beberapa orang bakal mengira ini lambang sebuah band metal, misalnya Avenged Sevenfold. Bukan! Ini simbol yang bertujuan mengingatkan semua orang bahwa barang yang bersimbol demikian itu berarti beracun dan berbahaya. Jangan sesekali melakukan hal bodoh bila ada simbol tengkorak semacam ini, ya!

Hei, ini bukan lambang iluminati atau apapun lho! Ini peringatan buat baju atau kaos yang kamu kenakan biar nggak dicuci sembarangan

Pahami ini! via wonderhowto.com

Untuk beberapa orang yang nggak peduli atas harga baju atau kaosnya, mungkin akan mengabaikan simbol ini. Padahal, ini simbol yang mengingatkan kamu untuk lebih berhati-hati kalau mencuci pakaian tersebut. Pasalnya, kalau kamu sembarangan mencucinya, pakaianmu bisa luntur, bisa rusak, dan sebagainya.

Apapun agamamu, ini bukanlah simbol yang menyuruh kamu untuk menyembah sebuah kotak! Aduh!

Handle with care! via freightfilter.com

Bisa jadi orang akan salah kaprah dengan simbol ini. Masa iya, kita disuruh nyembah kardus atau huruf Y ini? Hei! Ini maksudnya kamu nggak boleh mengangkat sebuah kotak atau kardus dengan satu tangan. Meski kamu adalah Ade Rai, kamu tetap harus mengangkatnya dengan kedua tanganmu.

Simbol ini yang sering banget diabaikan orang-orang. Kendati kelihatan seperti orang main basket, tapi arti simbol ini sederhana: buang sampah di tempat sampah

Main basket apaan begini? -__- via shutterstock.com

Ini adalah simbol yang harusnya bisa melestarikan keindahan alam dan kenyamanan bumi kita tercinta. Sayangnya, orang-orang masih suka menyalahartikannya. Ingat ya, ini bukan anjuran buat orang main basket dengan bungkus makanan atau minuman.

Ini justru bukan berarti kita nggak boleh buang sampah di tempat sampah. Simbol ini melarang kita membuang produk tertentu yang ke tempat sampah biasa

Dilarang jual tempat sampah!

Simbol ini hanya bisa kamu temui di produk-produk bermuatan bahan kimia atau biasanya kemasan baterai. Maksudnya, jangan membuang produk baterai atau sesuatu yang mengandung bahan kimia di tempat pembuangan sampah yang biasa. Karena ada kandungan yang rentan meledak!

Nah, itulah beberapa simbol atau lambang yang sering banget orang-orang abaikan, padahal menyimpan sebuah pesan yang sedemikian krusial. Kamu masih sering mengabaikan simbol yang mana, Guys? Atau kamu memang nggak paham dengan simbol tersebut?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya