Dengan perputaran uang yang makin lama makin deras di kompetisi-kompetisi sepakbola papan atas, para pemainnya pun ikut kebanjiran bonus dan gaji tinggi. Gaji rata-rata pemain klub sepakbola top di Inggris, misalnya, bisa mencapai 1.5 juta poundsterling (29 triliun rupiah) per tahunnya.

Dengan gaji sebesar itu, beberapa pemain sepakbola pun mampu membangun rumah yang saking mewahnya terlihat berasal dari lain dunia. Berikut ini adalah sembilan pesepakbola yang memiliki rumah-rumah mewah tersebut:

9. David Beckham

Beckingham Palace via www.mirror.co.uk

Keluarga Beckham menjual rumah ini senilai 12 juta poundsterling setelah tinggal disana selama 14 tahun. Mereka juga memiliki properti di kota-kota tempat Beckham pernah merumput, seperti Madrid, Los Angeles, Milan, dan sekarang Paris. Menurut rumor yang beredar, Beckham juga telah menyiapkan 45 juta poundsterling untuk membangun rumah baru di London.

8. Gareth Bale

Bale via ee24.ru

Advertisement

Pada tahun 2010, pemain berusia 24 tahun asal Wales ini membeli rumah pesepakbola Kaka di pinggiran kota Madrid lewat transaksi senilai 7,2 juta euro. Sebelumnya, Bale “mengontrak” dari Kaka dengan biaya kontrakan sebesar 10.000 euro (160 juta rupiah) per bulannya.

7. Stephen Ireland

Ireland via www.broadsheet.ie

Pesepakbola Irlandia ini terkenal dengan hobinya menghabiskan uang demi membeli mobil mewah dan hadiah-hadiah untuk partner yang sekarang telah menjadi istrinya, Jessica Lawlor. Tak cuma itu, atas kesepakatan bersama Jessica, Stephen juga membeli sebuah rumah di Prestbury, Cheshire, Inggris ini dan mengecat kamar untuk putrinya dengan warna pink. Stephen dan Jessica sempat pernah menaruh akuarium berisi hiu di lobi rumah mereka, namun Jessica kini mengaku bahwa “…gaya hidup kami sekarang sudah lebih ‘kalem’, dan kami sekarang tak lagi memelihara ikan hiu.”

6. Gary Neville

Mantan kapten Manchester United Gary Neville sempat memiliki keinginan untuk membangun kediaman ramah lingkungan dengan model serupa rumah teletubbies: bangunan mangkok terbalik di atas bukit nan jauh. Neville selama ini sudah tinggal di daerah Bolton, bagian barat laut Inggris, dan berencana untuk membangun rumah baru di area itu pula.

Seandainya jadi dibangun, rumah itu akan memiliki pembangkit listrik tenaga angin-nya sendiri. Sayang, masyarakat yang tinggal di area dimana rumah itu rencananya dibangun menolak usul Neville karena takut PLTA rumah itu akan menimbulkan bunyi bising. Gary Neville sendiri sepertinya masih memimpikan pembangunan rumah itu, karena website yang mempresentasikan konsep pembangunannya masih bisa diakses disini.

5. Wayne Rooney

Pemain Manchester United ini meratakan sebuah mansion ke tanah demi membangun rumah yang terinspirasi dari gaya arsitektur Gregorian ini. Rumah ini ditaksir berharga 4 juta poundsterling dan memiliki bioskop, simulator lapangan golf, kolam renang indoor, dan tiga garasi pribadi. Keamanannya dijamin dengan sistem CCTV seharga 30.000 poundsterling (580 juta rupiah).

Selain itu, Wayne dan istrinya Coleen juga memiliki rumah seharga 5 juta poundsterling di Barbados.

4. Thierry Henry

Di tahun 2010, pesepakbola Prancis ini mewujudkan keinginan untuk tinggal di New York dengan membeli apartemen senilai 15 juta dolar di daerah pusat perbelanjaan SoHo. Apartemen itu mengambil dua lantai penuh dari sebuah gedung empat lantai, dan memiliki taman bambu seluas 4500 kaki persegi serta teras pribadi di rooftop gedung.

Menurut liputan di The New York Times, di kota itu Henry dapat menikmati privasinya. Hampir-hampir tak ada yang mengenali ia siapa, kecuali penjaga pintu di apartemennya. Henry juga dapat menikmati hobi-hobi kecilnya seperti wisata kuliner dan bersepeda keliling kota.

3. Cristiano Ronaldo

Ronaldo via gossip-juice.com

Rumah yang berada di dekat kediaman Gareth Bale ini dirancang oleh arsitek terkenal Spanyol, Joaquin Torres. Luasnya 8600 kaki persegi, berkamar tujuh dan berkamar mandi delapan. Ada kamar tersendiri untuk menyimpan lebih dari 100 penghargaan yang telah diraih pesepakbola Real Madrid ini sepanjang karirnya. Harganya? Ditaksir 7.2 juta dolar (83 miliar rupiah).

2. Lionel Messi

Messi via www.joe.ie

Desain ini dibuat oleh arsitek asal Spanyol Luis de Garrido. Walau rumah ini masih berada dalam wujud konsep, memang cuma seorang bintang pesepakbola dunia seperti Messi yang punya cukup uang dan gaya untuk membangun kediaman semacam ini.

1. John Terry

Rumah kesayangan kapten Chelsea ini akhirnya dilepas dengan bandrol 16 juta poundsterling (307 miliar rupiah) kepada keluarga Sultan Qaboos dari Oman. Tempat tinggal ini difasilitasi dengan jacuzzi, kolam renang indoor, dan kamar mandi uap. Kamar tidurnya sendiri sembilan buah, dan tersedia danau pribadi untuk memancing di halaman belakang.