Asian Artist Awards sudah selesai digelar pada Rabu 16/11/2016 kemarin di Grand Peace Hall, Universitas Kyung Hee, Seoul. Acara penghargaan bergengsi yang menggabungkan K-Pop dan K-Drama ini banyak menarik perhatian. Nggak cuma pakaian dan dandanan yang dikenakan para artis di karpet merah, tapi juga hal-hal sedetail tempat duduk mereka. Ryu Jun Yeol misalnya, banyak dibicarakan setelah AAA 2016 selesai hanya karena beruntung duduk diapit oleh Suzy dan Park Shin Hye.

Tapi ada satu hal yang mungkin jadi pertanyaan di benak banyak orang, termasuk kamu. Kenapa Song Joong Ki dan Song Hye Kyo absen dari acara tersebut? Dan kenapa mereka tidak menang di satu kategori pun?

Sebelum mencari tahu lebih dalam jawabannya, kamu harus tahu dulu AAA 2016 itu acara penghargaan yang seperti apa

AAA 2016 via vlive.tv

Asia Artist Award 2016 adalah penghargaan yang memadukan antara K-Pop dan K-Drama untuk pertama kalinya di tahun 2016. Penilaiannya dilakukan berdasarkan penampilan mereka di Korea dan di kawasan Asia. Acara ini juga digadang-gadang sebagai acara penghargaan pertama di Korea yang proses seleksinya transparan. Ada 3 kategori yang bisa dipilih yaitu penyanyi (baik solo maupun grup), aktor, dan aktris.

Sejumlah 50 artis diseleksi melalui voting dari mulai diluncurkannya situs AAA sampai tanggal 22 Oktober. Deretan nama artis yang masuk merupakan artis-artis populer tahun ini. Melalui hasil vote, 10 artis dipilih dari 50 daftar yang ada sejak tanggal 24 Oktober sampai 2 November 2016, hingga akhirnya diadakan voting final pada tanggal 3-12 November untuk menentukan peringkat dari kesepuluh nominasi tersebut.

Dan ini dia daftar pemenang AAA 2016! Nilai sendiri apakah mereka lebih pantas menang dari Song Hye Kyo dan Song Joong Ki atau tidak

Advertisement

Pemenang AAA via tribunstyle.com

Untuk kategori drama, ini daftar pemenangnya.
Daesang:
Jo Jin Woong (“Signal” tvN)
Best Artist Awards:
Park Hae Jin (“Cheese in the Trap” tvN)
Park Shin Hye (“Doctors” SBS)
Best Star Awards:
Park Bo Gum (“Love In Moonlight” KBS)
Suzy (“Uncontrollably Fond” KBS2)
Best Celebrity Awards:
Nam Goong Min (“Beauty of the Beast” SBS)
Jin Goo (“Decendants of the Sun” KBS)
Kim Ji Won (“Decendants of the Sun” KBS)
Best Icon Awards:
Kim Yoo Jung (“Love In Moonlight” KBS)
Best Entertainer Awards:
Seo Kang Joon (“Cheese in the Trap” tvN)
Nam Ji Hyun (“Shopping King Louie” MBC)
Rookie Awards:
Ryu Jun Yeol (“Reply 1988” tvN)
Nana (“Good Wife” tvN)
Popularity Awards:
Im Yoona (“The K2” tvN)
Byun Baekhyun (“Scarlet Heart Ryeo” SBS)
New Actor Awards:
Lee Jung Shin (“Cinderella and the Four Knights” tvN)
Kwak Si Yang (“Witch Exemplar” JTBC)
Sementara untuk kategori K-pop pemenangnya adalah:
Daesang:
EXO
Best Artist Awards:
Bangtan Boys
Twice
Best Star OST Awards:
Gummy
Best Icon Awards:
Bangtan Boys
Best Choice Awards:
Dynamic Duo
Best Entertainer Awards:
NCT 127
Black Pink
Best Celebrity Awards:
AOA
VIXX

Bagaimana menurutmu? Daftar pemenangnya memang sudah sesuai kah?

Proses seleksi AAA katanya sangat transparan, kalau Song-song Couple nggak menang berarti kepopuleran mereka perlu dipertanyakan

Song Joong Ki kalah populer via hipwee.com

Pada voting tahap pertama, kita bisa melihat jumlah voters di website AAA. Sejumlah 333.973 orang ikut memilih di kategori penyanyi, 206.655 orang berkontribusi memilih aktor dan hanya 87.513 orang yang memilih di kategori artis. Jumlah ini tentu sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah penduduk Korea, belum lagi ditambah fans mereka di negara lainnya. Sayangnya kita tidak bisa melihat jumlah voters di voting putaran kedua dan terakhir saat sudah menjadi sepuluh besar.

Dari jumlah voters yang terdeteksi, kita bisa menyimpulkan bahwa proses seleksi di AAA 2016 sebenarnya belum bisa mendeteksi kepopuleran artis secara valid. Jadi wajar juga kalau Song-song Couple nggak menang.

Kalau diperhatikan, jumlah voters di kategori penyanyi memang lebih banyak. Apa ada hubungannya dengan kemenangan Yoona dan Baekhyun?

Yoona menang dari Hye Kyo via hipwee.com

Jumlah voters di kategori penyanyi, yang terdiri dari penyanyi solo dan grup, terlihat lebih banyak dibandingkan dengan jumlah voters di kategori aktor dan aktris. Bisa jadi para voters ini memang penggemar girl group dan boy group, karena itu saat memilih di kategori aktor dan aktris pun mereka memilih artis yang merupakan anggota idol group. Alhasil, sosok Yoona dan Baekhyun lah yang keluar sebagai pemenang dalam kategori popularity award.

Nggak menang popularity award mungkin wajar karena dramanya Song-song couple sudah lama, tapi di kategori lainnya kok nggak menang juga?

Park Bo Gum yang menang via askkpop.com

Voting di situs AAA hanya digunakan untuk menentukan pemenang dalam kategori popularity award saja. Sementara untuk kategori lainnya tentu masih banyak lagi kriteria penilaiannya. Dan Song Joong Ki maupun Song Hye Kyo tidak mendapatkan satu pun penghargaan di sana. Dari drama Descendant of The Sun muncul nama Jingoo dan m Ji Woon sebagai Best Celebrity Award. Pastinya ada banyak pertimbangan sih ya kenapa mereka berdua nggak menang di acara ini.

Tapi para pemenangnya memang layak mendapatkan penghargaan kok! Lagipula SJK-SHK sudah sering banget menang, saatnya move-on!

Move on ke Mbak Suzy via kabarmaya.co.id

EXO yang sudah unggul sejak voting putaran pertama memang sudah tidak bisa diragukan lagi kualitasnya. Boy group yang berada di bawah naungan SM Entertainment ini memang sangat besar perjuangannya di dunia hiburan sejak 2011. Salah satu personelnya yaitu Baekhyun juga berhasil memenangkan popularity award di kategori Drama. Dalam peringkat voting, ia pun jauh mengungguli Park Bo Gum dan Song Joong Ki. Baekhyun dikenal lewat drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo sebagai Wang Eun.

Nasibnya nggak beda jauh dengan Im Yoona, personel SNSD yang juga mendapatkan popularity award setelah jauh mengungguli Song Hye Kyo. Ia baru saja merampungkan drama The K2 sebagai Ko An-Na yang dibintanginya bersama aktor tampan Ji chang Wook.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya