Masih ingat dengan nama unik Jan Ethes Srinarendra? Nama ini adalah milik cucu pertama Presiden Jokowi dari putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka. Usai dilahirkan ke dunia, cucu orang nomor satu di Indonesia ini memang jarang terekspos di media. Bahkan, belakangan diketahui kalau sang ibu sekaligus (tentunya) istri Gibran, tidak memiliki media sosial. Sementara ayahnya lebih memilih menggunakan media sosial untuk berbisnis. Mungkin biar lingkungan sosial mereka lebih ‘sehat’ kali ya!

Jan Ethes saat masih bayi via infoteratas.com

Karena jarang muncul di media, sosok Jan Ethes pun berhasil membuat banyak orang merasa penasaran. Bahkan ada juga yang menjadi tidak familiar dengan nama itu karena jarang terdengar. Dan akhirnya semua itu terpecahkan beberapa hari lalu saat Jan Ethes berulang tahun untuk pertama kalinya. Foto-fotonya mulai bermunculan di media sosial dan ternyata imut banget! Buat kamu yang masih belum kenal banget dengan si Ethes, Hipwee akan mengajak kamu kenalan dulu sebelum memuji keimutan dan ketampanannya.

Jan Ethes, putra pertama Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda – Putri Solo

Ethes Gibran Selvi via tribunnews.com

Putra Sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menikah dengan seorang Putri Solo bernama Selvi Ananda pada tahun 2015 lalu. Dari pernikahan ini lahirlah seorang putra pada 10 Maret 2016 yang diberi nama Jan Ethes Srinarendra. Nama yang cukup unik dan belum banyak digunakan orang Jawa pada umumnya. Jan bisa dimaknai dengan ‘sangat’, dan kata ini jarang digunakan sebagai sebuah nama, biasanya hanya dalam percakapan saja. Kemudian Ethes berarti ‘cekatan’. Sama halnya dengan Jan, Ethes pun jarang digunakan sebagai nama. Sementara Sri Narendra berarti ‘pemimpin yang cerdas’.

Tak pernah terekspos media, Jan Ethes akhirnya ketahuan imutnya di hari ulang tahunnya. Serius ganteng

Advertisement

Happy Birthday via liputan6.com

Belum lama ini Jan Ethes merayakan ulang tahun pertamanya, tepatnya pada hari Jumat (10/3/2017) di Gedung Graha Saba, Jalan Letjen Suprapto No.80-B, Sumber, Banjarsari, Surakarta. Pesta ulang tahun ini bertema film kartun Minions. Bisa dilihat dari kue ulang tahun bertuliskan ‘Jan Ethes’ dan angka 1 yang berbentuk Minion serta dekorasi yang berbau Minion. Bahkan penerima tamunya pun mengenakan kostum bertema serupa. Ornamen-ornamen balon berwarna kuning dan biru lengkap dengan pernak-perniknya tampak makin memeriahkan suasana.

Ulang tahun Ethes via liputan6.com

Meski cenderung bertema modern,  kita tetap bisa melihat unsur budaya di pesta ulang tahun Jan Ethes, tampak dari nasi tumpeng yang tersaji di sana. Sementara itu, kontras dengan tema Minion, kedua orang tua Jan Ethes yaitu Gibran dan Selvi memilih menggunakan baju berwarna putih yang sederhana. Dalam pesta ini turut hadir Istri Jokowi, Iriana, dan kedua orang tua Selvi.

Jauh dari kesan glamor, pesta ulang tahun pertama Jan Ethes tampak seru saat dirayakan bersama anak-anak panti asuhan

Ulang tahun Ethes via cumi-cumi.com

Acara ulang tahun Jan Ethes memang bisa dibilang cukup eksklusif, hanya teman-teman sekolah dan keluarga dekatnya saja yang diundang oleh Gibran dan Selvi. Tapi selain itu ada pula undangan khusus untuk anak-anak panti asuhan Nur Hidayah Solo. Tak terlalu glamor, pesta ulang tahun ini didesain sangat seru dan dipenuhi dengan permainan-permainan menyenangkan untuk anak-anak seperti lomba balapan memecah balon. Beberapa anak tampak membawa pulang hadiah dari lomba-lomba tersebut seperti sepeda, sepatu roda, mainan kereta dorong anak-anak, dan lain sebagainya. Wah mungkin Gibran ketularan bapaknya kali ya suka bagi-bagi sepeda!

Omong-omong, Jan Ethes ternyata sudah masuk sekolah lho! Padahal usianya masih baru satu tahun, kira-kira sekolah apa ya?

Teman sekolah Ethes via today.line.me

Keterangan ini didapat dari Gibran, ketika menyatakan bahwa yang diundang dalam pesta ini adalah teman-teman sekolah Jan Ethes, dilansir dari Tribun Solo. Setelah ditelusuri, ternyata Ethes bersekolah di salah satu sekolah internasional yang ada di Solo. Kebetulan sekolah tersebut membuka kelas untuk bayi yang terdiri dari: Baby Tweet (3-11 bulan), Baby Boom (12-18 bulan), dan Baby Genius (19-23 bulan).

Ethes-Selvi via viva.co.id

Jangan bayangkan sekolah ini seperti sekolah anak-anak SD atau SMP ya, masuknya hanya Senin-Kamis dan sekolahnya cuma satu jam, itupun didampingi orangtua atau pengasuh. Ethes sendiri sudah sejak usia lima bulan bersekolah di sini. Ia belajar mendengarkan musik, menyentuh benda-benda, merayap, merangkak, berjalan, dan sebagainya. Di sekolah bayi ini, semua pelajaran itu disesuaikan dengan usia bayi agar si bayi dapat mengembangkan kompetensi sesuai perkembangan otaknya.

Ini bonus foto-foto imutnya Ethes!

Ethes-Kahiyang via tribunnews.com

Ethes via tribunnews.com

Ethes via tribunnews.com

Ethes via today.line.me

Bagaimana, sudah kenal sekarang dengan cucu Presiden Jokowi? Semoga benar-benar menjadi pemimpin yang cerdas dan cekatan ya Jan Ethes Srinarendra! Imut banget deh Dek, jadi ingin ngangkat kamu buat jadi menantu nanti :*

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya