Sudah bukan rahasia lagi kan jika Indonesia itu indah banget?! Dari Sabang sampai Merauke, setiap wilayah pasti punya keindahan dan daya tarik magisnya sendiri – sendiri. Lalu seindah apa sih negeri nusantara kita ini?

Foto – foto di bawah ini adalah bukti keindahan alam Indonesia yang akan menyihirmu! Let’s check it, then!

1. Cirebon, Jawa Barat

Indahnya sunrise di Cirebon via ppcdn.500px.org

Siapa yang sangka kota Udang yang menjadi tempat bertemunya budaya Jawa dan budaya Sunda ini memiliki sunrise yang indah? Hayooo gak nyangka kan?!

2. Gunung Semeru, Jawa Timur

Puncak Semeru, Jawa Timur via ppcdn.500px.org

Advertisement

Puncak Semeru yang sering disebut dengan Mahameru ini pasti akan selalu menantang para pendaki gunung untuk dapat menakhlukkannya. Dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut, gunung Semeru ini memang menjadi puncak tertinggi di pulau Jawa.

Kalau pengen liat lebih detil indahnya gunung yang satu ini pantengin deh di film 5cm, itu filmnya si Herjunot Ali, Fedi Nuril, Denni Sumargo, Raline Syah sama Saykoji itu lhoooh!

3. Danau Toba, Sumatra Utara

Danau Toba, Sumatra Utara via ppcdn.500px.org

Pulau Samosir via ppcdn.500px.org

Danau Toba dan Pulau Samosir via ppcdn.500px.org

Air Terjun Efrata atau Air Terjun Sosor Dolok via ppcdn.500px.org

Ternyata di Danau Toba tidak hanya memiliki Pulau Samosirnya saja lho! Di sini kamu juga bisa nemuin air terjun Sampuran Efrata atau yang biasa disebut dengan air terjun Sosor Dolok oleh masyarakat setempat. Walaupun untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, kamu harus rela buat menyusuri bukit – bukit yang ada di sekeliling Danau Toba. Tapi pasti worth it banget!

4. Guci, Jawa Tengah

Guci, Jawa Tengah via ppcdn.500px.org

Hamparan pemandangan alam di sekitar Guci via ppcdn.500px.org

Gunung Slamet yang terlihat dari daerah Guci via ppcdn.500px.org

Salah satu air terjun yang ada di Guci via ppcdn.500px.org

Udah banyak yang tahu daerah wisata Guci belum?

Daerah Guci yang berada di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah ini terkenal dengan pemandian air panasnya. Konon katanya ya, sumber mata air ini berasal dari kesaktian Wali Songo kala itu, dan mitosnya sih siapa yang mandi di sini bakalan awet muda.

Mau buktiin sendiri? Cuss langsung ke sini!

5. Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Sunrise di Gunung Rinjani, NTB via ppcdn.500px.org

Puncak Gunung Rinjani via ppcdn.500px.org

Pagi di Rinjani via ppcdn.500px.org

Gunung Rinjani!

Mungkin tak ada seorangpun yang dapat menampik keindahan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini. Dengan keindahan seperti yang terekam dalam foto – foto di atas, pantas saja rasanya jika gunung ini menjadi gunung favorit pendaki gunung baik dari Indonesia maupun luar Indonesia.

6. Karimun Jawa, Jawa Tengah

Karimun Jawa, Jawa Tengah via ppcdn.500px.org

Pantai Karimun Jawa via ppcdn.500px.org

Karimun Jawa adalah gugusan pulau – pulau yang terletak di utara kota Jepara, Jawa Tengah dan menjadi salah satu tempat wisata yang paling sering dijadikan tujuan bagi para backpacker. Daerah ini telah dijadikan sebagai Taman Nasional sejak tahun 2001 untuk melindungi flora dan fauna yang ada di Karimun Jawa.

7. Yogyakarta, DI Yogyakarta

Sunrise di bandara Adi Sucipto via ppcdn.500px.org

Siluet Candi Prambanan via ppcdn.500px.org

Pemain ketoprak yang sedang bersiap – siap via ppcdn.500px.org

Kota Yogya, kota budaya via ppcdn.500px.org

Merapikan kumis via ppcdn.500px.org

Siap untuk pentas! via ppcdn.500px.org

Saat kata Yogyakarta, atau yang biasa disebut dengan Jogja terdengar kita pasti langsung teringat pada lagu Kla-Project yang memiliki judul yang sama dengan kota ini. Kota pelajar dan kota budaya ini memang memiliki keindahan yang membius. Mulai dari wisata gunung, wisata pantai, wisata budaya hingga wisata kuliner komplit ada di kota ini.

8. Bali

Tanah Lot, Bali via ppcdn.500px.org

Perahu dan Bali via ppcdn.500px.org

Upacara keagamaan di Pulau Bali via ppcdn.500px.org

Arsitektur khas pulau dewata via ppcdn.500px.org

Pulau Dewata via ppcdn.500px.org

Keindahan pulau yang satu ini sudah enggak perlu dijelaskan lagi kan?! Bali indah!

9. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo, Jawa Timur via ppcdn.500px.org

Gagahnya gunung bromo via ppcdn.500px.org

Kawah gunung Bromo via ppcdn.500px.org

Awan dan gunung Bromo via ppcdn.500px.org

Suku Tengger di lereng Gunung Bromo via ppcdn.500px.org

Gunung ini juga merupakan salah satu tujuan favorit bagi para pendaki gunung. Di daerah wisata Bromo ini, selain gunung kamu juga bisa menemukan obyek wisata lain seperti savanna, pasir berbisik serta bukit teletubbies yang siap menyambut kedatanganmu.

10. Raja Ampat, Papua

Wayag, Raja Ampat via ppcdn.500px.org

Sunset di Wayag, Raja Ampat via ppcdn.500px.org

Jernihnya air laut di Raja Ampat via ppcdn.500px.org

Desa Sawiggrai, Raja Ampat via ppcdn.500px.org

Gugusan pulau – pulau karst dan air laut yang tenang via ppcdn.500px.org

Hanya satu kalimat yang mampu menggambarkan indahnya Raja Ampat di bumi Papua ini, “Selamat datang di surga Timur Indonesia!”

Tambah cinta ya sama Indonesia?! Iya nggak? Iya dong ya, pastinya, harus! Keindahan Indonesia enggak kalah kok sama negara – negara lainnya, jadi mari kepak barang – barang dan pergi eksplor Indonesia!

So, kamu punya rekomendasi tempat wisata keren di Indonesia lainnya nggak??