Jagat hiburan Korea Selatan (Korsel) pada Oktober ini dibuat cukup panas dengan persaingan antara girlband pendatang baru – TWICE dan Blackpink. Pasalnya, dua girlband tersebut meluncurkan mini album dalam waktu berdekatan – yang tentu saja buat para pecinta Korean Pop (K-Pop) selalu membahasnya. Selain perilisan mini album, ada nama dua agensi besar di belakang nama mereka yang jadi sorotan, yakni TWICE dinaungi oleh JYP Entertainment dan Blackpink oleh YG Entertainment.

Topik menarik soal TWICE dan Blackpink kian meluas, terutama saat fans K-Pop sibuk menyandingkan kedua girlband dengan seniornya- SNSD dan 2NE1. Munculnya anggapan kalau munculnya TWICE dan Blackpink sebagai pengganti SNSD dan 2NE1 dilatarbelakangi oleh penampilan serta lagu-lagu mereka yang mirip. Ditambah lagi dengan usaha mereka yang berhasil menorehkan prestasi memenangkan nominasi penghargaan dan memuncaki tangga lagu K-Pop.  Nah, biar kamu nggak penasaran fakta-fakta yang buat TWICE dan Blackpink dimirip-miripkan dengan dua girlband pendahulunya, simak ulasan berikut ini yuk!

1. Beranggotakan 9 personil cewek dengan tampilan girly dan cute, kamu tentu ingat TWICE mirip SNSD saat awal kemunculannya dulu

sama-sama 9 orang via www.bintang.com

Muncul pada tahun lalu, TWICE langsung jadi perbincangan hangat lantaran penampilannya yang dianggap mirip kayak pendahulunya – Girl’s Generation (SNSD). Meski berasal dari agensi berbeda, tetap saja hal itu nggak mengurangi antusiasme penggemar K-Pop menyandingkan keduanya. Jumlah personil yang terdiri dari 9 orang dan penampilannya yang girly dan cute adalah salah satu alasan TWICE disebut replika SNSD. Memang sih SNSD kini tinggal 8 orang karena Jessica Jung bersolo karier, tapi tetap saja kalau diingat-ingat lagi TWICE sama dengan SNSD yang awalnya berjumlah 9 orang dan konsep serupa.

2. Leader TWICE dan SNSD sama-sama dipilih berdasarkan kemampuan vokal yang paling kuat. Wah!

vokalnya keren via sidomi.com

Advertisement

Nggak cuma konsepnya yang mirip, tapi kemampuan yang dimiliki setiap anggota TWICE banyak kemiripannya dengan SNSD. Kamu bisa lihat dari leader keduanya, yakni Jihyo dan Taeyon yang punya kemampuan vokal paling kuat di antara lainnya. Belum lagi anggota lain kayak Nayeon yang punya kesamaan dengan mantan personil SNSD – Jessica Jung, yakni sama-sama punya jatah cukup banyak dalam bernyanyi. Dan personil lainnya disinyalir punya kemiripan bakat maupun kecantikan dengan anggota SNSD. Pada dasarnya hampir setiap girlband selalu memiliki anggota yang punya kemampuan vokal dan menari paling bagus, serta berbagai bakat lain yang dimiliki juga oleh girlband lainnya. Oleh karena itu nggak heran jika TWICE disamakan dengan SNSD, bukan hanya karena jumlah personil dan konsep yang sama, tapi juga bakat para anggotanya.

3. Kemiripan konsep cheerleader yang dipakai TWICE untuk foto comeback teaser Cheer Up seperti videoklip Oh! milik SNSD. Ada juga foto debut TWICE Ohh-Ahh mirip dengan SNSD dalam kover album Genie

ini dia twice! via www.koreaboo.com

TWICE makin dibicarakan ketika foto comeback teaser Cheer Up  mirip sekali dengan konsep videoklip Oh! milik SNSD. Mereka memakai tema cheerleader, mengenakan busana celana pendek, cropped t-shirt, dan jersey jacket dengan inisial TWICE. Selain itu, ada juga foto debut TWICE pada 2015 yang disinyalir mengikuti SNSD pada cover album Genie. Busananya memang berbeda, tapi posenya mirip.

mirip ‘kan? via www.kpopstarz.com

4. TWICE sendiri berhasil mengalahkan rekor girlband yang paling banyak  ditonton video klipnya dalam waktu kurang dari 24 jam. Sebelumnya rekor ini dipegang selama setahun oleh SNSD

video klip ini lho via www.soompi.com

Dalam setahun lebih ini, rekor girlband dengan video klip terbanyak dilihat dalam 24 jam berada di tangan SNSD berjudul Party yakni 4,3 juta views. Sedangkan melalui videoklip TT, dalam 24 jam TWICE berhasil mengumpul 5,9 juta views. Selain itu, TWICE juga sukses meraih penghargaan dalam nominasi Best Female Artist dari Mnet Asian Music Awards 2015 (MAMA 2015) untuk lagu Like Ooh-ahh. Hal ini membuktikan eksistensi dan kepopuleran TWICE tak bisa dianggap remeh. Ketenarannya kian menanjak seiring berjalannya waktu dan menjadi girlband yang karyanya selalu ditunggu-tunggu.

5. Kalau TWICE dan SNSD sama-sama berjumlah 9 orang, Blackpink dan 2NE1 cuma terdiri dari 4 orang. Bedanya anak asuhan YG Entertainment ini nggak ada leader, beda sama seniornya

nggak ada leader via www.koreatimes.co.kr

Sebelum Blackpink hadir, berita soal kemunculan girlband baru milik YG Entertainment ini membuat banyak orang menyangka kalau mereka merupakan the next 2NE1. Salah satu yang memunculkan prediksi itu adalah jumlah personil Blackpink yang sama dengan 2NE1, yakni beranggotakan 4 cewek penuh talenta. Bedanya Blackpink nggak punya leader, namun tetap saja jika melihat Blackpink selalu teringat dengan 2NE1. Yah, meski 2NE1 kini tinggal 3 orang lantaran ditinggal oleh Minzy yang disinyalir bakal ambil karir solo, tetap saja banyak yang menyamakan keduanya. Benar nggak?

6. Sedangkan Blackpink belum punya kemiripan dengan 2NE1 dari segi video klip maupun photoshoot untuk kover album. Hanya saja konsep yang diusung sama, yakni girlband enerjik dengan kemampuan vokal dan menari yang kuat

sama-sama enerjik via kultscene.com

Kamu boleh saja berpikir kalau TWICE dengan SNSD mirip dari segi video klip maupun photoshoot untuk kover albumnya, namun tak demikian dengan Blackpink. Girlband dengan penampilan perdana pada Agustus kemarin ini memang memiliki konsep seperti 2NE1, yakni enerjik dengan disertai kemampuan vokal kuat dan dance yang keren. Kamu bisa lihat dari kemampuan Jisoo dan Rose sebagai vokalis utama, lalu ada Jennie dan Lisa yang mencuri perhatian penikmat musik dengan cara nge-rap-nya yang swag. Apalagi dari segi menari pun nggak bisa diragukan juga, mereka memang girlband yang harus diperhitungkan ke depannya. Walau banyak yang menyamakan kemampuan vokal dan menari anggota Blackpink dengan 2Ne1, para anggota Blackpink mengungkapkan rencana mereka untuk mengembangkan kemampuannya itu.

7. Jika dilihat dari segi penampilan, rasanya Blackpink lebih terlihat feminin lantaran kecantikan yang dimiliki personilnya kelewat batas. Apalagi dengan dandanan mereka yang nggak senyentrik 2NE1. Banyak yang bilang kalau Blackpink ini 2Ne1 versi lebih cewek

blackpink lebih seksi, 2ne1 lebih karismatik via kabardunia.com

Ketika Blackpink udah beberapa kali tampil, para pecinta K-Pop setuju banyak yang berpikir kalau mereka adalah 2NE1 versi cewek. Hal ini karena wajah-wajah personil Blackpink terlihat lebih feminin dibanding CL, Minzy, Sandara, dan Boom 2NE1. Selain itu, dandanan Blackpink pun dinilai tak se-nyentrik 2NE1, karena saat baru muncul dengan lagu-lagu Fire dan I Don’t Care, bisa dibilang beberapa penampilan anggota 2NE1 sangat tomboy dan mentereng. Dimulai dari tatanan rambut, pakaian, dan konsep video klipnya yang jauh dari kesan feminin. Sedangkan Blackpink muncul dengan tatanan rambut dan riasan nggak berbeda jauh dari girlband lainnya, lalu konsep videoklip pun masih dinilai ada sisi cewek-ceweknya. Begitupun dengan pakaiannya. Blackpink terlihat lebih seksi dan feminin, sedangkan 2NE1 lebih karismatik.

tahu ‘kan mana 2ne1 mana yang blackpink? via en.yibada.com

8. Well, prestasi Blackpink pun nggak bisa dianggap remeh dengan berhasil memuncaki beberapa tangga lagu, bahkan muncul di-chart Billboard

billboard via twitter.com

Senada dengan TWICE, Blackpink juga beberapa kali sukses memuncaki beberapa tangga lagu K-Pop yang membuat keberadaannya makin menguat. Apalagi saat lagu mereka berjudul Whistle berhasil masuk ke dalam chart Billboard – di mana hal ini tentu jadi pembicaraan industri musik dunia. Nama Blackpink kian populer – yang bukan cuma karena kecantikan personilnya, tapi lagu, video klip, dan bakatnya.

Baik TWICE maupun Blackpink saat ini jadi pembicaraan hangat. Terlebih lagi mereka merilis mini album dalam waktu berdekatan: TWICE pada 24 Oktober 2016 kemarin, sedangkan Blackpink (direncanakan) 1 November 2016 nanti. Sontak, hal ini membuat penggemar K-Pop teringat pada momen rilisnya karya SNSD dan 2NE1 yang juga berdekatan, salah satunya ketika SNSD comeback dengan mini album Genie pada 29 Juni 2009, lalu sekitar seminggu setelahnya 2NE1 comeback dengan lagu I Don’t Care pada awal Juli 2009. Bukan tidak mungkin jika TWICE dengan Blackpink akan mengalami kesuksesan serupa.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!