Akhir-akhir ini dunia maya dihebohkan dengan berita tentang pasangan selingkuh yang organ intimnya tak bisa dipisahkan. Perbuatan ini terjadi di Kenya. Akibatnya, video pasangan yang melakukan tindak asusila inipun dengan mudah menyebar di internet. Nah, fenomena ini sebenarnya juga pernah terjadi pada pasangan yang sedang melakukan hubungan intim di daerah lain, tak terkecuali di Indonesia. Di sini, fenomena tersebut dikenal dengan gancet. Apa sih gancet itu?

Gancet adalah keadaan di mana alat kelamin saling terkunci dan tak bisa dilepaskan saat berhubungan badan

Hati-hati ya via img.wartakesehatan.com

Meski fenomena gancet di Indonesia ini sarat dengan mitos, tapi sebenarnya kejadian ini bisa dijelaskan secara medis. Dilansir dari laman alodokter.com, fenomena gancet ini disebut penis captivus. Gancet adalah keadaan di mana organ intim laki-laki (penis) terjepit di dalam organ intim perempuan (vagina) saat berhubungan seks. Penis terkunci oleh otot vagina yang tiba-tiba menekan lebih kuat daripada biasanya. Dan gangguan saat berhubungan seks ini bisa terjadi pada siapa saja.

Lebih parahnya, pasangan yang mengalami gancet ini bisa membawa keduanya pada kematian

Bahkan bisa meninggal via edguidance.com

Gancet ini membuat penis nggak bisa ditarik ke luar seakan lengket atau terkunci dalam vagina. Meskipun hubungan seks yang dilakukan sudah selesai beberapa jam lalu, tapi penis tetap tidak bisa dikeluarkan. Oleh karena itu, nggak sedikit yang butuh pertolongan medis agar bisa memisahkan antara kedua pasangan ini. Dilansir dari bbc.com, Dr John Dean, seorang pakar seksual membenarkan bahwa kejadian ini memang langka namun tak mustahil terjadi. Ada beberapa yang bisa lepas dengan sendirinya dalam beberapa detik, ada pula yang bisa dilepaskan dengan cara tertentu dalam beberapa menit. Namun, jika terkunci sampai berjam-jam, maka pertolongan medis memang dibutuhkan. Karena nggak menutup kemungkinan gancet ini bisa menyebabkan kematian lho kalau nggak bisa dipisahin.

Kalau di Indonesia, gancet ini diyakini sering terjadi di antara pasangan yang berhubungan intim tapi belum sah atau halal

Advertisement

Gangguan saat berhubungan seks via images.medicaldaily.com

Fenomena gancet di Indonesia tak terlepas dari mitos yang mengiringinya. Masyarakat percaya bahwa gancet terjadi pada pasangan yang berhubungan seks tapi belum menikah alias belum sah dan halal. Atau juga terjadi pada pasangan selingkuh seperti yang terjadi di Kenya beberapa waktu lalu. Jadi, gancet ini dipercaya sebagai hukuman semesta kepada mereka yang melakukan tindak asusila ini sebelum dihalalkan. Bisa jadi ini mungkin disebabkan oleh rasa takut atau cemas saat melakukan hubungan terlarang tersebut. Sehingga perasaan tersebut menimbulkan gangguan saat melakukan hubungan seks, dimana otot vagina menekan lebih kuat sehingga mengunci organ intim pria.

Cerita “mati gancet” paling populer di Indonesia adalah yang terjadi di Kebun Raya Bogor

Beredar kabar pernah terjadi gancet di Kebun Raya Bogor via shardsofsilence.files.wordpress.com

Mungkin kamu pernah mendengar tentang cerita gancet yang terjadi di beberapa daerah. Bahkan juga ada foto yang beredar yang memperlihatkan pasangan yang mati dalam posisi berhubungan seks. Entah benar atau nggak, tapi cerita tentang “mati gancet” yang paling populer terjadi di Kebun Raya Bogor. Kisah memalukan ini ramai diperbincangkan pada tahun 90an. Fenomena ini terjadi pada sepasang mahasiswa yang sedang melakukan hubungan seks di luar nikah dan kemudian tertangkap basah. Mungkin karena kaget atau takut, kedua organ intim mereka pun tak bisa dipisahkan. Akhirnya, karena masih tak dapat dipisahkan, pasangan ini pun disuntik mati.

Terlepas dari benar atau tidaknya cerita itu, tapi mending hindari dulu untuk berhubungan seks sebelum kamu dan pasangan benar-benar sah dan halal. Walaupun cerita yang di Kebun Raya Bogor belum dibuktikan kebenarannya, tapi fenomena ini memang ada terjadi dan bisa menimpa siapa saja, seperti pasangan selingkuh di Kenya tersebut. Coba bayangin kalau kamu berhubungan seks dengan pasanganmu lalu organ intim kalian nggak bisa dipisahin. Ngeri sekaligus memalukan, bukan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya