Artikel ini adalah hasil partnership antara Hipwee dan NutriSari W’dank. Demi mengajakmu untuk makin #BanggaSamaIndonesia!

Pandanganku selama ini keliru. Selama ini, aku terlalu menutup mata. Aku tak pernah sadar akan keindahan yang ada di negeriku sendiri. Negara-negara di luar sana lah yang justru menjadi idolaku hanya karena kecanggihan teknologinya dan popularitas dunia hiburannya. Tak pernah sedikitpun ada perasaan bangga menjadi Indonesia. Hingga aku menyadari suatu hal…

Banyak negara yang lebih maju, dengan segala rupa kecanggihannya menawarkan kenyamanan. Mulanya, aku tergiur dengan semuanya.

Buat apa harus #BanggaSamaIndonesia?

Siapa yang tidak tergiur dengan segala rupa gadget canggih yang kita gunakan? Atau menonton segala macam hiburan berbahasa asing yang tampak jauh lebih keren. Semuanya yang serba asing itu serasa tampak keren. Hingga, aku berpikir negara-negara yang produksi semuanya itu pasti menyenangkan. Aku ingin bisa tinggal di sana, di negara yang lebih maju.

Tidak perlu terjebak macet setiap hari. Tidak perlu memikirkan harga dollar yang melambung tinggi atau harga cabe dan daging yang mahal. Kurasa aku tak akan mendengar berita-berita yang memuakkan semacam itu lagi jika tinggal di negara maju. Aku sering berpikir aku ingin sekali bisa pindah ke negara-negara maju itu.

Belajar banyak bahasa dan budaya asing rasanya begitu membanggakan. Bisa bercakap dengan bahasa asing membuatku merasa menang

Belajar bahasa asing tapi tetap #BanggaSamaIndonesia via instagram.com

Aku pun mempelajari banyak bahasa dan budaya asing. Selain bahasa Inggris, aku juga belajar bahasa Prancis, Jerman, Cina, Jepang, dan Korea. Walau tidak fasih, setidaknya aku bisa update status di sosial mediaku dengan banyak bahasa. Dan itu sangat seksi, menurutku. Tak hanya bahasa, aku juga mempelajari betul budayanya. Aku belajar dari film-film dramanya, lagu-lagu, dan semua karya populer yang memang menarik. Pokoknya semua yang berbau negara asing itu keren.

Sampai aku melihat beberapa public figure menunjukkan kecintaannya terhadap Indonesia. Dion Wiyoko contohnya, yang rajin menjelajahi berbagai daerah di Indonesia. Tak jarang aku tersentak dan berkata, “Gilee ini pantai Indonesia bagus banget ya!”

Banyak public figure yang juga #BanggaSamaIndonesia via instagram.com

#BanggaSamaIndonesia? Emang apa yang bisa dibanggakan? Pikirku yang selalu pesimis dengan negeriku sendiri. Sampai akhirnya, aku melihat beberapa public figure yang begitu cinta pada Indonesia. Salah satu di antara mereka adalah Dion Wiyoko yang hobi bertualang ke berbagai daerah di Indonesia.

Mulanya, aku mengira dia adalah aktor Korea yang sedang berkunjung ke Indonesia. Tampangnya benar-benar mirip dengan oppa-oppa di drama Korea. Setelah aku mengetahui namanya, Dion Wiyoko, tentu aku baru paham kalau dia aktor asli Indonesia. Aku jadi kepo dengan aktor yang menurutku ganteng ini. Dari hasil kepo, aku tahu kalau Dion Wiyoko ini hobi jalan-jalan menjelajah berbagai daerah di Indonesia. Melihat foto-fotonya yang sedang jalan-jalan, aku pun tersentak.

“Gileee…. Ini di Indonesia ada pantai bagus banget kayak gini?”

Ya. Aku tersentak bukan karena wajah ganteng Dion Wiyoko di foto-foto itu, tapi karena lokasi fotonya yang benar-benar keren. Pantai, gunung, sungai, sawah, semuanya lengkap dan begitu indah. Tak heran, kalau aktor sekeren Dion Wiyoko ini rela berpanas-panas untuk menjelajah banyak tempat di Indonesia. Dion yang telah membintangi banyak film lebar ini pun tak pernah malu untuk menyatakan bangga sama Indonesia.

Dan teman-teman lain yang dengan keunikan dan kreatifitas menyatakan #BanggaSamaIndonesia.

Ada banyak alasan untuk tetap #BanggaSamaIndonesia via instagram.com

Tak hanya Dion, ada banyak anak muda lain yang juga menyatakan bangga sama Indonesia. Dengan cara dan keunikannya masing-masing mereka menyatakan bangga sama Indonesia. Anak-anak muda yang kreatif dan cinta akan Tanah Airnya. Ada banyak alasan kenapa mereka #BanggaSamaIndonesia. Alam Indonesia tak hanya indah namun juga menyajikan hasil bumi yang melimpah sehingga masakan Indonesia selalu memanjakan perut dan memenuhi nutrisi anak-anak Indonesia. Selain karena alamnya, mereka juga #BanggaSamaIndonesia karena banyak warisan budaya yang tetap lestari sampai saat ini.

Aku sadar Indonesia tak sama dengan negara-negara asing yang selalu tampak keren, tapi Indonesia unik dengan caranya sendiri.

#BanggaSamaIndonesia karena punya gunung terapi terbanyak di dunia via instagram.com

Kemana saja aku selama ini hingga tak sadar dengan kecantikan negeriku? Aku terlalu sibuk mengidolakan negara lain yang jauh. Yang tampak keren, tapi aku sendiri belum tahu apakah memang sekeren yang kulihat selama ini. Memang, Indonesia belum mampu menciptakan produk-produk canggih seperti negara lainnya. Namun, keindahan Indonesia tak dapat dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya. Indahnya Indonesia itu unik. Keramahan penduduknya yang selalu menjujung tinggi adat istiadat. Keindahan alamnya dari pantai hingga gunung. Serta kemajemukan suku bangsanya yang tetap terjaga dari Sabang sampai Merauke.

Tak peduli seberapa keren negara dan produk di luar sana, aku berjanji akan tetap #BanggaSamaIndonesia.

Apapun yang terjadi aku tetap #BanggaSamaIndonesia via instagram.com

Amerika boleh bangga karena saat ini memiliki mata uang tertinggi. Cina boleh berbesar hati karena ekonominya yang mendunia. Korea juga boleh senang dengan drama dan grup musiknya. Tapi, aku percaya, Indonesia memiliki kekayaan yang lebih dari itu semua. Apapun yang dikatakan orang tentang keindahan negara-negara maju, bagiku, aku tetap bangga sama Indonesia. Bumi pertiwi tempatku lahir dan dibesarkan.