Menjelang berakhirnya rangkaian Ujian Nasional (UN), sebuah EO di Jakarta menggelar pesta di pool sebuah hotel di Jakarta. Acara untuk anak SMA se-Jakarta dan Bekasi ini membuat heboh di dunia maya karena mengusung dress code bikini. Sontak banyak masyarakat yang menentang, termasuk Gubernur Ahok. Pihak penyelenggara pun akhirnya membatalkan acara dan meminta maaf. Pembatalan ini tentu saja, membuat adik-adik SMA yang sudah ingin melampiaskan diri dari tekanan UN merasa kecewa. Tenang ya dik, kita punya tips (dan ‘wejangan bijak’) kok supaya kalian tetap bisa pesta.

1. Sebenarnya, pesta bikini di tempat umum seperti kolam renang bisa menyebabkan kamu masuk angin lho!

Awas masuk angin, bang! via www.justjared.com

Sebenarnya maksud bapak-bapak dan semua pihak melarang kamu untuk ikutan pesta bikini ini cukup baik. Mereka memikirkan betul-betul keselamatan kamu. Bayangkan saja kalau kamu pesta bikini di tempat terbuka semacam kolam renang di saat musim hujan begini. Kamu bisa masuk angin. Ujung-ujungnya kamu bisa nggak lolos ujian masuk universitas karena pas tes kamu nggak dalam kondisi yang fit.

2. Kamu juga harus memikirkan apa manfaatnya kamu ikut pesta bikini. Jangan-jangan bukan buat umbar lekuk tubuh, malah lemak yang kamu pamerin.

Yakin seperti ini? via www.bali-indonesia.com

Yang perlu kamu pikir ulang sebelum kamu ikut pesta bikini, apakah ada manfaatnya untukmu. Apakah kamu cukup percaya diri dan yakin badanmu seperti model Victoria Secret? Nanti yang ada kamu cuma pamer lemak kamu yang keliaran di mana-mana.

3. Sebenarnya, kamu perlu memikirkan ulang apakah kamu pantas memakai bikini? Apalagi kalau ternyata kamu adalah seorang anak cowok.

Advertisement

Tadaaaaa! via www.youtube.com

Cowok 1: Bro, dress code-nya apa?

Cowok 2: Bikini, bro…

Cowok 1 & 2: TADAAAAAA….

Kamu harus benar-benar paham, bikini itu pakaian berenang untuk anak perempuan. Kalau ada pesta yang dress code nya bikini, kamu yang cowok harus berpikir ulang untuk datang. Masa iya kamu rela ikutan pakai bikini hanya demi ikutan pesta. Plis, bro, sadar!

4. Kalau kamu masih ngeyel pengen ikutan pesta bikini, supaya nggak masuk angin kamu bisa mengadakannya di ruang tertutup seperti kamar kamu.

Masnya bingung mau ngapain via www.adeevee.com

Namanya juga anak muda ya bayangan ingin tahunya sangat tinggi. Dibilangin ini itu nggak mempan, tetep aja pingin ada pesta bikini. Baiklah, kalau kamu masih ngeyel tips ini bisa kamu coba supaya pesta bikini kamu nggak mengundang kontroversi. Terus, yang diajak juga cewek-cewek aja. Kasian kan temen kamu yang cowok kalau harus dipaksa pakai bikini demi nemenin kamu pesta.

5. Bikin pesta bikini sama satu geng aja. Gak usah bawa-bawa semua temen sekelas apalagi seangkatan. Satu Jakarta pula! Haduh…

Teman satu geng aja. via bratz-world.diaryland.com

Supaya nggak mengundang perhatian masyarakat luas, kamu bisa adakan pesta bikini kecil-kecilan. Cukup teman satu geng aja, nggak perlu sekelas atau seangkatan. Lokasinya juga harus privasi, misalnya di rumah kamu. Supaya nggak masuk angin, pilih lokasi rumah yang tertutup misalkan kamar pribadimu. Bisalah kamu pinjam kolam renang karet punya adik terus isi air sebagai ganti kolam renang. Pasang musik dari laptop dan mulai lah berpesta dengan ceria.

6. Boleh pesta bikini di luar, tapi harus menutup aurat. Caranya, pakai bikini sebagai pakaian dalam. Selanjutnya kamu tetap harus mengenakan pakaian tertutup dan jilbab jangan lupa.

Burkini, bikini ‘sopan’ via www.west-info.eu

Kamu masih bisa mengadakan pesta bikini di luar rumah, seperti kolam renang hotel. Asalkan kamu tetap menjaga aurat agar tidak terumbar. Kamu tinggal pakai bikini di rumah tak lebih sebagai pakaian dalam. Kemudian tetap memakai pakaian tertutup dan jilbab seperti biasa. Jadilah pesta bikini syar’i. Memakai bikini sebagai pakaian dalam, lebih baik dari pada nggak pakai pakaian dalam sama sekali.

7. Atau pakai maset terlebih dahulu, baru luarnya bikini. Kayak Superman gitu deh!

Kayak superman via www.fanpop.com

Kalau kamu pingin bikinimu yang bagus itu terlihat bisa juga kok. Kamu cukup memakainya di luar pakaian seperti superman. Kamu bisa pakai manset atau tshirt dan jeans sebelum memakai bikini. Selain menutup aurat, kamu juga bebas dari masuk angin.

8. Bikin pesta bikini tapi untuk cowok. Manusia tuh nggak papa kok bajunya seksi, asal dia cowok.

Cowok boleh seksi. via www.patrisnews.com

Kalau kamu masih ngotot pingin pakai bikini dengan seksi, kamu pura-pura jadi cowok aja. Jadi cowok seksi itu masih bisa ditolelir dari pada jadi cewek seksi.

9. Biar gak mengundang polemik, pestanya dibikin diam-diam. Setelah selesai baru diumbar ke media sosial.

Pesta dulu, baru di-path via anekainfounik.net

Lagian, kalian pergi ke pesta niatnya cuma ingin pamer di media sosial ‘kan?

10. Jangan sebut dress code-nya bikini, tapi sebut baju renang.

Ini baju renang, buat berenang via www.weekendnotes.com

Bikini: panggil aku baju renang

Mestinya, penyelenggara memasarkan acara ini dengan dress code baju renang, bukan bikini summer dress. Apa itu, emang kita punya summer?

11. Cara terakhir: cat rambut jadi pirang biar dikira bule, soalnya kalau bule pakai bikini nggak papa, kan budaya mereka. Yang nggak boleh pakai bikini itu orang Indonesia aja, iya kan?

Bule mah gak apa-apa via www.edmdroid.com

Cara terakhir, kamu bisa pura-pura jadi bule dengan nyemir rambut hitammu jadi pirang. Yang jadi masalah kalau kamu pakai bikini itu karena kamu orang Indonesia, kalau kamu bule kayaknya nggak apa-apa deh!