Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 71, berbagai persiapan telah dilakukan. Banyak pihak yang akan merayakannya termasuk para pekerja seni Tanah Air, seperti yang dilakukan oleh fotografer profesional Indonesia – Roni Bachroni. Bersama para selebriti Roni menyambut HUT RI ke 71 ini dengan melakukan pameran hasil karya pemotretannya di salah satu mal di Jakarta.

Uniknya, foto-foto tersebut cukup mengejutkan karena konsep yang diangkat berbeda dari biasanya. Kali ini Roni mencoba menghidupkan pahlawan-pahlawan Indonesia lewat beberapa selebriti yang berdandan dan bergaya bak pahlawan saat pemotretan. Penasaran? Langsung saja yuk simak!

Ini dia deretan seleb tampan Tanah Air! Makin tampan dengan gaya jadul nan berwibawa ya

hayo tebak mereka jadi apa? via www.instagram.com

Melalui akun Instagramnya, musisi Marcello Tahitoe (Ello) mengunggah fotonya bersama para seleb cowok lainnya. Dalam foto hasil jepretan Roni Bachroni ini mereka berpenampilan dan bergaya ala pahlawan di jaman dulu. Nah kamu bisa nebak nggak mereka jadi siapa saja? Hipwee kasih clue-nya ya!

1. Mischa Chandrawinata : ?

Advertisement

Pencetus dan pemimpin sebuah perang di Jawa yang merupakan salah satu perlawanan terbesar terhadap Belanda, sampai merugi 15.000 tentara, 20 juta gulden, dan memakan korban 200.000 orang Jawa.

2. Deva Mahenra : ?

Mantan aktivis PKI yang juga penulis 28 buku, tetapi karya-karyanya yang paling terkenal adalah Madilog (Materialisme, Dialog, Logika), Gerpolek (Gerilya, Politik, Ekonomi), dan Dari Pendjara ke Pendjara.

3. Marcell Chandrawinata: ?

Suami Cut Nyak Dhien yang berjuang mempertahankan Aceh dari Belanda dengan menggunakan taktik berpura-pura bekerjasama dengan Belanda.

4. Hamish Daud Wyllie: ?

Tokoh yang ditunjuk sebagai kapten oleh rakyat Saparua untuk melawan Belanda, di mana namanya kini diabadikan sebagai nama universitas dan bandara di Ambon.

5. Marcello Tahitoe : ?

Raja Gowa ke-15 dan pahlawan nasional Indonesia yang dijuluki De Haantjes van Het Osten oleh Belanda yang artinya Ayam Jantan/Jago dari Timur.

6. Chicco Jerikho : ?

Tokoh dengan kisah perjalanan hidup melawan VOC di Jawa yang legendaris. Selain menjadi nama jalan, ia, juga cukup banyak ditulis dalam bentuk sastra, termasuk Babad Tanah Jawi.

Kalau tadi para cowok tampan Indonesia, kali ini giliran seleb cantik Tanah Air unjuk kebolehannya

kalau mereka bisa tebak nggak jadi apa? via www.instagram.com

Pahlawan Indonesia bukan cuma milik para cowok saja lho, tapi juga yang cewek-cewek nih. Sosok-sosok seperti R. A. Kartini, Tjoet Meutia tentu masih ingat dalam kepalamu dong? Nah beberapa seleb cewek seperti Prisia Nasution, Widi Mulia, Dinda Kanya Dewi, Happy Salma, Nadine Chandrawinata, dan Putri Titian bergabung lho. Dengan gaya dan dandanan seperti itu, kamu bisa tahu nggak masing-masing mereka jadi siapa?

1. Prisia Nasution: ?

Tokoh ini adalah salah satu keturunan Sunan Kalijaga. Warga Kulon Progo mengabadikan monumennya di tengah kota Wates berupa patungnya yang sedang menaiki kuda dengan gagah berani membawa tombak.

2. Dwi Sasono dan Dwi Mulia : ?

Pasangan suami-istri yang mesra dan kompak sebagai tokoh pendidikan anak-anak Indonesia. mereka mendirikan sekolah taman kanak-kanak legendaris TK Mini dan menyumbang lagu anak-anak seperti Dua Mata Saya, Bangun Tidur, Sepedaku, dan banyak lainnya.

3. Dinda Kanyadewi: ?

Tokoh yang memimpin dua ribu ornag pasukan Inong Balee (janda-janda pahlawan yang telah syahid) berperang melawan kapal-kapal dan benteng-benteng Belanda sekaligus membunuh Cornelis de Houtman dalam pertempuran satu lawan satu di geladak kapal, dan mendapat gelar Laksamana.

4. Happy Salma : ?

Tokoh ini awalnya melakukan perlawanan terhadap Belanda bersama suaminya Teuku Muhammad atau Teuku Tjik Tunong. Pasca suaminya meninggal, ia menikah lagi dengan Pang Nagroe dan bergabung dengan pasukan lainnya dibawah pimpinan Teuku Muda Gantoe.

5.Nadine Chandrawinata: ?

Tokoh ini di usia remajanya sudah langsung terjun dalam medan pertempuran melawan tentara kolonial Belanda di perang Pattimura. Di Kapal Perang Eversten, ia menemui ajalnya, dan penghormatan militer jasadnya diluncurkan di Laut Banda.

6. Putri Titian : ?

Tokoh yang mengiringi WR Supratman menampilkan lagu Indonesia Raya saat lagu itu pertama kali dimainkan dalam acara Sumpah Pemuda. Beberapa lagu ciptaannya yang lain adalah Berkibarlah Benderaku, Burung Kutilang, Kupu-kupu yang Lucu, Menanam Jagung, Naik Delman, Naik-Naik ke Puncak Gunung, Tanah Airku, dan Tik Tik Bunyi Hujan.

Perayaan melalui foto-foto ini diharapkan masyarakat Indonesia teringat kembali siapa yang sudah berjuang untuk kemerdekaan

bisa lihat karyanya di pameran nih via www.instagram.com

Sekarang, banyak di antara kita sudah enggak tahu lagi dengan pahlawan nasional Indonesia, kata Roni,

seperti dikutip dari satuharapan.com

Untuk membangun nuansa kemerdekaan 71 tahun lalu, sebenarnya Roni juga membuat konsep lain yang nggak kalah keren. Selain sosok pahlawan nasional yang coba direpresentasikan dengan para seleb tadi, ada juga konsep Tut Wuri Handayani yang menggambarkan kedekatan antara senior dan junior dalam satu foto. Yang terakhir yaitu figur sebagai diri sendiri, seperti yang dilakukan Joko Anwar dan Sissy Priscillia dari industri perfilman.

Untuk menghadirkan karya terbaik, Roni mengajak dua fashion stylist yaitu Hagai Pakan dan Alva Soesilo lho. Foto-foto yang bekerjasama dengan 71 figur publik ini bisa dinikmati dalam pameran fotografi A Frame For Life: Untuk Indonesia Cerdas di lantai dasar Grand Indonesia Lobby Shinta East Mall hingga 21 Agustus 2016. Hasil penjualan foto-foto ini akan disumbangkan untuk membantu program-program Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA) meningkatkan kecerdasan penerus bangsa.