Guys, pernah dengar Sarasvati band? Sebagai band indie yang masih jarang dikenal, Sarasvati menghasilkan musik-musik berbeda. Dibentuk tahun 2009, dinaungi oleh Risa Saraswati yang merupakan mantan vokalis band yang menekuni genre musik elektronik pop. Setelah keluar dari bandnya tersebut, Risa kemudian membuat projek yang bernama Sarasvati. Yang unik dari Sarasvati adalah lirik-lirik lagunya menceritakan pengalaman yang “gak biasa” dari seorang Risa Saraswati. Risa menceritakan pengalamannya bertemu dengan makhluk-makhluk astral atau yang biasa disebut dengan hantu. Yups, seperti yang kita tahu Risa Saraswati memang memiliki kemampuan khusus untuk melihat makhluk halus.

Dari pada penasaran, ini dia guys lagu-lagu Sarasvati dan makna dibalik lagunya

1. Story of Peter, kisah persahabatan Risa dengan “teman” Belandanya

story of peter via risasaraswati.com

” I don’t know who you are

I don’t know where you are from

Give me your hands, let’s find a light

Leave all this behind and forget the world

So the silly Peter disappear now he is nowhere to be seen

He is not those shades that i fear

And many things remind me of him”

Advertisement

Konon, lagu ini menceritakan tentang Peter sosok anak kecil Belanda umur delapan tahun, yang meninggal karena dibunuh oleh tentara Dai Nippon di Indonesia. Risa bertemu dengan Peter saat berumur 9 tahun, karena waktu itu Risa pindah ke Bandung tempat neneknya. Risa yang tinggal jauh dari orang tua merasa kesepian dan masih sulit beradaptasi dengan lingkungan baru serta teman teman barunya. Pada suatu hari Risa pulang sekolah dan menangis karena merasa kesepian, Risa pergi ke loteng rumah neneknya. Saat menangis dia mendengar ada seseorang yang memanggil namanya, dan ketika itu dilihatnya lelaki keturunan Belanda berambut pirang agak kecoklatan dengan kemeja dan celana pendek cokelat, sepatu kulit dan kaos kaki putih. Tidak hanya Peter, Risa juga punya “teman” lain di tempat neneknya. Ada Hans, Hendrik, William dan Janshen. Persahabatan Risa dengan teman astralnya pun cukup lama, karena begitu istimewanya Peter, Risa sampai membuatkannya lagu. Guys berniat untuk denger gak.

2. Sosok pesinden yang meninggal karena disiksa suaminya tertuang dalam Bilur

penyesalan seorang Mae via risasaraswati.com

“Bilur hati merambah

Dan akan datangkah bagiku kesempatan

Bila tak ada titian diri yang rupawan

Duh..duh..teungteuingeun..tuntung

lengkah geuning bet peurih duh..”

Kalimat diatas adalah sepenggal lirik dari lagu Bilur. Bilur adalah lagu yang menceritakan tentang sosok pesinden yang berasal dari Jawa Barat yang beranama Mae. Mae merupakan pesinden terkenal dan cantik. Banyak pria yang menyukai Mae, namun ada satu pria yang memikat hati Mae. Mae pun memeutuskan untuk menikah dengan pria tersebut, tapi keinginan tersebut ditentang oleh ibunya, karena sang ibu memiliki firasat buruk.

Cinta memang buta, itulah yang terjadi, Mae tetap menikah dengan pria pilihannya. Namun, ditengah perjalanan rumah tangganya, nasib buruk menimpa Mae. Suami yang ia cintai selalu berbuat kasar dan menyiksanya. Raga Mae sudah tidak kuat menahan siksaan dari suaminya, pada usia kandungannya menginjak 8 bulan, Mae meninggal dunia bersama calon bayinya. Lagu Bilur ini tercipta ketika roh Mae merasuki teman wanitanya yang sesama sinden, sehingga tercipta lah lagu tersebut. Bilur sendiri artinya bengkak kemerahan, akibat siksaan yang diterimanya. Hmm kalau gitu lirik lagunya dibuat sendiri dong sama sosok Mae..hihhh.

3. Danur, cerita pengalaman Risa bersahabat dengan 5 makhluk Astral. Serta mencium aroma anyir dari mereka

danur via organ.com

“Derap langkahku terseok

Amar harap elok

Badik sayati relungku

Pijarmu memaku

Secampin kau terilhami

Asa kerap mati

Tegarlah kau disampingku

Cabir tak berliku”

Lagu Danur sendiri menceritakan tentang pengalaman pribadi Risa, hal-hal yang sangat intim antara Risa dan “sahabat” astralnya serta “makhluk-makhluk” yang ditemuinya. Bagaimana Risa menjalani fase kehidupan yang sulit ketika di usia yang sangat muda dia mengetahui bahwa dia memiliki kemampuan yang tak setiap orang punya. Mengalami berbagai peristiwa yang tak biasa, mencoba bersikap normal layaknya anak-anak seusianya, banyak makhluk-makhluk astral yang meminta bantuannya. Menerima kenyataan pada saat usianya masih sangat belia, ia ditinggal pergi oleh kelima “sahabatnya”. Dan harus menghadapi kedatangan para makhluk astral lainnya. Mencium Danur sendirian, kalian tau gak guys danur itu apa? Danur adalah air yang muncul dari jasad makhluk hidup yang telah mati dan membusuk. Duh sampai Danur aja dibuatin lagu sama teh Risa, keren ya guys.

4. Maddah, lagu tentang Ivana. Teman astral Risa yang menyimpan dendam juga amarah

risa dan sahabat-sahabatnya via haum%20haum%20spells

“Belukar kini gersang

Hampaku kian terbentang

Berai mengharapkan terang diri meruntih berang

Uuh..resah ku melayang

Uuh..gusar ku tak tenang”

Petikan lagu tersebut berasal dari lagu Risa yang berjudul Maddah. Lagu ini sebenarnya lagu yang dibuat untuk Ivana, teman astralnya. Lagu ini menyiratkan amarah dan dendam Ivana yang menggebu-gebu. Sama halnya dengan manusia, perasaan suka,marah, emosi, kesal, rasa suka dengan lawan jenis, salah paham masih bisa mereka rasakan walaupun raga mereka sudah tiada. Ivana sendiri mempunyai musuh besar bernama Eizabeth semasa hidupnya. Dengan diiringi dengan orchestra, pembawaan lagu ini menjadi terasa mencekam, tetapi masih asyik untuk didengar kok guys. Oh iya, Maddah berarti “dibaca panjang” yang diambil dari bahasa arab. Maksudnya ini adalah kelanjutan dari lagu Danur guys.

5. Lagu Aku dan Buih menceritakan kisah Canting sang penari. Meninggal saat melahirkan anaknya, konon sampai sekarang dia masih berada di dekatnya

sang penari via indytatiana.blogspot.com

“Separuh belikat

Terluka geletik luka

Menggentas kelopak

Angkara mengabur senja

Oh canting menari dengan rapuh

Diatas kain kelabu

Tertulis dengan jenuh

Melebur luka yang pilu”

Lagu Aku dan Buih tersebut terinspirasi dari kisah seorang penari bernama Canting. Canting meninggalkan kuliah farmasinya dang mengejar hobinya dengan berlatih menari. Pada saat itulah Canting bertemu dengan seorang pria yang memikat hatinya, namanya Farid yang tak lain adalah pelatih tarinya. Namun, ternyata Farid sudah menikah, tapi yah namanya cinta guys, mau udah punya istri atau suami kek, tunangan, apalagi baru pacar apapun masih bisa terjadi dalam hubungan.

Canting masih terus mencintai Farid, keluarganya pun mengetahuinya dan mengusir Canting. Lalu Canting menikah dan hidup bersama Farid, namun naas perselingkuhan mereka pun diketahui istri Farid. Farid pun meninggalkan canting yang sedang hamil. Canting meninggal saat melahirkan anaknya. Anaknya bernama buih. Katanya hingga kini, Canting masih terus berada didekat anaknya.

Gimana nih guys, berani uji nyali kalian gak dengan dengerin lagu-lagu dari Sarasvati.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!