Kalau Indonesia sebuah negara, mie instan adalah makanan segala umatnya. Dari yang kerja kantoran sampai mahasiswa, dari ibu rumah tangga sampai anaknya, semua orang Indonesia tahu betapa nikmatnya makanan satu ini.

Bisa nggak kamu bayangin gimana seandainya mie instan nggak pernah ada? Hmmm… coba aja benda ini gak pernah kita kenali, mungkin beginilah jadinya hidup kita!

1. Ketika di luar hujan deras dan kamu sedang malas-malasan kamar, tak akan ada semangkuk mie kenyal berkuah yang menghangatkan…

Di luar hujan, tak ada makanan via sheefasrimulyati.wordpress.com

Di luar hujan, sampai cipratan airnya pun merembes masuk ke kamar. Kamu meringkuk di bawah selimut, di samping jendela. Kamu kelaparan, tapi cuma bisa memandangi deras hujan di luar. Kamu malas pergi ke luar dan hujan-hujanan, tapi di rumah nggak ada makanan.

Seandainya kamu kenal yang namanya mie instan, hal ini nggak perlu terjadi. Ketika kamu sudah tahu akan hujan, cepat saja deh kamu ke luar dan membeli sebungkus mie instan di warung. Meski tak punya dapur, kamu tetap bisa membuatnya sendiri di kost dengan rice cooker. Tinggal masukkan air ke wadah, klik tanda “COOK”, tunggu beberapa menit. Jadi!

Advertisement

Kamu pun bisa menikmati hujan dengan semangkuk mie instan hangat di tangan…

Mie instan hangat via novairinda.wordpress.com

Iya, ‘kan? 🙂

2. Tanpa mie instan, masa kecilmu pun akan kalah seru…

gado mie mentah via www.sittirasuna.com

“Abaaang, udah Mama bilang jangan gadoin mie mentah! Bahaya, Bang! Nanti kamu sakit!”

Hayo, siapa yang pernah dimarahi seperti ini oleh ibu atau ayahnya? Selamat, kalau kamu pernah, berarti masa kecilmu SAH! Iya dong, anak Indonesia mana sih yang nggak pernah makan mie instan mentah yang diremukkan, dicampur dengan bumbu, lalu dimakan begitu saja? Hihihi… ngaku aja, enak ‘kan ya?

Dulu sampai ada anak yang harus sembunyi di kolong kasur biar bisa menikmati mie instan mentah tanpa ketahuan orang tuanya. Ada juga yang harus main ke rumah teman dulu dan mengunci pintu kamar. Coba deh ingat lagi: apa yang dulu jadi strategimu buat makan mie ini sembunyi-sembunyi?

3. Produk-produk “turunan” mie instan seperti ini pun nggak bakal ada di masa kecil kita!

Anak Mas Golden Kids!

Tanpa Anak Mas, Mie Remezz, Mie Kremezz, dan turunan-turunan mie instan lainnya… kita cuma bakal bisa ngemil permen dan chiki! Hahahaha! 🙂

4. Tanpa mie instan, persiapanmu buat aktivitas outdoor jadi jauuuh lebih ribet!

Semua isi carrier adalah makanan via aialazri.blogspot.com

Ooh, betapa mie instan adalah penyelamatmu waktu naik gunung. Tinggal rebus sebentar, cemplung 2-3 butir telur, beri sayuran hijau, jadi dan langsung bisa dimakan! Proses ini nggak butuh waktu lama, hanya 10-15 menit saja. Beda skenarionya kalau kamu nggak pernah mengenal mie instan. Kamu dan rekan satu tim harus membuat nasi dan sop sayur dari awal sampai akhir masa pendakian. Nasi sop terus, sampai bosan! Belum lagi kalau kamu lupa memotong sayurannya saat sebelum berangkat… nggak tahu lagi deh berapa lama waktu yang harus terbuang sia-sia!

5. Mie instanlah yang selama ini menyelamatkanmu dari serangan lapar malam-malam

Makanan malam-malam via www.kaskus.co.id

Ini sih biasanya penyakitnya anak kost, entah karena mereka harus begadang atau memang terbangun di tengah malam karena kelaparan. Biasanya selama ini, persediaan mie instan lah yang menjadi penyelamatmu.

Gimana rasanya kalau hidupmu berjalan tanpa mereka? Kamu harus makan nasi yang pasti kalah nikmat dibanding mie instan di malam hari. Atau bahkan kamu harus rela minum banyak air putih sekedar untuk meredam bunyi perutmu yang mulai gaduh. Hehe!

6. Mie instan pun yang selama ini mengganjal perutmu ketika bangun kesiangan dan hampir tak sempat sarapan…

Hidupmu tanpa mie instan
“Astagaaa… Udah jam 8! Gak sempet sarapan lah, bete gue!”

lalu harus ke minimarket dan beli roti

Hidupmu dengan mie instan
“Oh, kirain jam berapa. Tahunya baru jam 8.”

Ke dapur dengan santai buat bikin mie

Hidupmu lebih indah yang mana? Ehehe

7. Kalau dunia nggak pernah kenal mie instan, kamu beneran makan burjo di warung burjo…

beneran cuma makan burjo dan gorengan via keuangan.blogekstra.com

Percakapanmu dengan teman seusai kuliah
Kamu : “Eh, makan yuk!”
Temen : “Boleh deh, di mana?”
Kamu : “Burjo aja gimana?”
Temen : “Burjo? Emang ada apa disana?”
Kamu : “Ya bubur kacang ijo sama gorengan doang sih… emang apalagi coba?”
Temen : “… Ah… ogah ah, males. Gak kenyang.”

kalian pun gak jadi makan ke burjo

Bisa bayangkan nelangsanya Aa’ dan Teteh-teteh burjo karena warungnya sepi? Duh, kalau gak ada mie instan, mungkin mereka sekarang jualan nasi timbel sama bubur ayam, kali!

8. Dan tanpa kehadiran mie instan, apa jadinya nasibmu di akhir bulan?

mungkin kamu cuma bisa makan nasi sama kerupuk via rekomendasi.me

*Percakapan di telepon antara mama dan kamu yang ngekos*

Mama : “Halo, Kakak.”
Kamu : “Halo, Ma.”
Mama : “Lagi ngapain Kak? Kok lemes gitu suaranya?”
Kamu : “Lagi makan nih Ma.”
Mama : “Makan tapi kok suaranya lemes?”
Kamu : “Iya Ma, soalnya cuma makan nasi kecap sama kerupuk…hehehehe…”

Ah, untung di dunia ini ada mie instan telur kornet! :*

9. Tanpa mie instan, mungkin kamu belum tahu sampai sekarang gimana rasanya laksa sampai bulgogi :p

Mie rasa Bulgogi… yay! via dweedy.blogspot.com

Mau coto Makassar? Ada! Mie Kocok Bandung? Boleh! Soto Lamongan? Apalagi!

Hampir semua masakan khas Indonesia punya versi mie instannya. Bahkan, kamu gak harus repot-repot untuk pergi ke daerah tertentu dimana masakan traditional itu berasal. Cukup pergi ke minimarket terdekat kamu sudah bisa merasakan kekayaan kuliner asli Indonesia.

Gak cuma masakan khas Indonesia lho, kamu pun bisa ngerasain Tom Yam tanpa harus pergi ke Thailand, Laksa tanpa ke Singapura, Bulgogi juga ada tanpa kamu harus terbang ke Korea.

Seandainya mau, kamu pun bisa update status semacam ini:

“Sarapan Bulgogi, makan siang Laksa, dinnernya makan Tom Yam. JOSS”
(Biar dikira horang kayah, padahal juga sebenernya makan mie doang ^^)

10. Tanpa mie instan, iga bakar dan rendang seharga 2000 rupiah pun hanya akan ada di surga

iga penyet cuma 2 ribu perak via diankape.blogspot.com

Iga penyet sama rendang cuma dua ribu? Apalagi kalo bukan mie instan!

Ini yang paling penting! Kamu gak mungkin bisa makan iga penyet dan rendang cuma dengan harga dua ribu rupiah. Sujud syukur dan berterimakasihlah karena mereka ada! Hehehehe…

11. Mie instan juga yang bikin Indonesia terkenal di luar negeri, lho! XD

Mereka pun jatuh cinta via luarotak.wordpress.com

Seandainya kamu bukan orang Indonesia, apa sih yang akan kamu pikirkan ketika mendengar nama negeri ini?

  • Bali (itu pun kalau kamu tahu Bali itu di Indonesia)
  • Bom
  • Bom Bali
  • Jakarta (tanpa tahu kotanya kayak apa)
  • Korupsi?

Tapi kalau kamu penikmat mie atau ramen instan, kamu pasti tahu mie instan asli Indonesia! Memang bener sih, produk mie dalam negeri kita ini paling enak kalau dibandingin sama produk mie instan dari negara lain. Dibandingin produk mie instan kita, mie instan mereka rasanya kayak bubur kertas dikasih bubuk cabe :p

Hihihi… bravo Indonesia!

12. Dan tanpa mie instan, menyajikan makanan lezat untuk mereka yang kamu sayangi jadi berkali-kali lipat lebih susah…

Indomie kornet pizza via shieashie.blogspot.com

Meskipun tak baik dikonsumsi tiap hari, mie instan membuat semua orang di dunia ini bisa jadi chef. Bahkanmereka-mereka yang gak bisa masak sekalipun pasti bisa menyajikan mie! Wangi bawang yang bercampur bumbu memang selalu menggoda, belum lagi kalau kamu tambahkan daging cincang, udang, telur ceplok dan kerang… aduhai…

Karena itu, bersyukurlah kita pernah mengenal mie instan. Asal jangan lupa: kita juga harus bijaksana dalam mengkonsumsinya. Tetap jaga kesehatan dan konsumsilah makanan instan dengan bijak ya! 😀