Nahas merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan pengalaman pahit yang dialami anak sulung Jeremy Thomas, Axel Thomas yang tengah janjian dengan temannya di bilangan Jakarta Selatan pada Sabtu (15/7) lalu. Pasalnya, dia diduga menggunakan narkoba oleh oknum polisi yang langsung menangkapnya dan berujung pada penganiayaan.

Tak ayal berita ini langsung menjadi topik terpanas di banyak media di tanah air. Padahal, kasus seperti ini nggak baru sekali terjadi. Sebelum kesialan ini menimpa Axel, sebenarnya sudah banyak kasus yang terjadi pada warga biasa yang bukan dari kalangan artis. Atau memang karena dia artis, jadi diberitakan begitu heboh, sementara warga biasa hanya mendapat porsi yang sedikit untuk diberitakan?

 

 

Belum lama ini, ada juga oknum polisi yang memukuli anak SD di Kumai Hilir, Borneo pada Sabtu lalu. Kok beritanya nggak heboh, ya?

Sebenarnya banyak loh kekerasan oknum pada anak-anak! via www.end-violence.org

Advertisement

Berdasarkan pantauan Hipwee, kasus kekerasan yang terjadi pada MAD (12 tahun) di Kumai Hilir Kalimantan Tengah, hanya diberitakan oleh beberapa media ternama di tanah air. Bahkan, nggak lebih dari dua judul artikel yang mereka sebarkan. Padahal kekerasan yang mengakibatkan lebam di mata dan gigi nyaris copot pada seorang siswa kelas VI SDN Kumai Hilir ini cuma masalah yang terjadi pada MAD dan anak si oknum polisi tersebut. Kesalahpahaman yang fatal, bukan? Dan sayangnya, nggak ada berita lanjutan untuk kasus ini.

 

 

Seberapa banyak berita terkait pemerkosaan oleh oknum polisi yang nggak bertanggung jawab? Bahkan yang terjadi pada gadis 13 tahun?

Seberapa sering kamu tahu berita semacam ini? via fr.123rf.com

Berita ini diangkat oleh portal berita Detikcom pada November tahun lalu. Kejadian ini bukan hanya kekerasan fisik belaka, melainkan pemerkosaan pada gadis 13 tahun hingga hamil 8 bulan saat kasus tersebut diberitakan. Tapi sayangnya, kasus yang kemudian diusut oleh Kontras ini pun nggak ada kelanjutannya lagi. Seharusnya berita semacam ini bisa menjadi pelajaran bagi para oknum agar nggak melakukan kesalahan yang berulang. Dan benar, masih ada lagi kasus serupa yang terjadi di Indonesia, yang nggak banyak diangkat oleh media. Atau berita semacam ini nggak menarik untuk diungkapkan?

 

 

Ada yang tahu kasus penamparan seorang oknum polisi pada seorang buruh wanita di Tangerang? Pasti nggak banyak yang tahu berita ini!

Sering terjadi! via konde.co

Seorang buruh wanita yang tengah unjuk rasa di Tangerang pada April lalu harusnya menjadi perhatian khusus bagi banyak orang. Pasalnya, dalam aksi tersebut, seorang aparat polisi berpakaian bebas seketika menampar wanita tersebut setelah cekcok panjang. Tapi sayangnya, berita ini nggak seheboh berita penamparan yang terjadi di kalangan artis Ibukota. Ingat kasus Nikita Mirzani, Dewi Persik, dan sebagainya? Pasti ingat!

 

 

Mungkin cuma berita kekerasan yang dilakukan oknum polisi pada wartawanlah yang akan diberitakan seheboh yang terjadi pada artis

ANTARA FOTO/Rony Muharrman. via antaranews.com

Ya, rupanya hanya kasus kekerasan yang terjadi pada wartawanlah yang bisa menyaingi hebohnya pemberitaan kekerasan yang terjadi pada para artis. Tapi itu pun nggak semarak yang terjadi pada artis, terlebih bagi mereka yang tengah naik daun. Padahal kekerasan pada jurnalis ini nggak sekali dua kali terjadi, tapi berulang kali! Bahkan nggak sedikit juga yang kehilangan nyawanya.

Berbicara soal nasib sial memang nggak ada yang pernah tahu kapan dia akan datang. Kasus yang terjadi pada Axel Thomas memang sangat disayangkan, tapi kasus yang terjadi pada seluruh masyarakat pun seharusnya bisa diberitakan seheboh yang terjadi pada kalangan artis. Agar hal ini bisa menjadi pelajaran bagi siapa saja, terutama oknum polisi yang nggak bertanggung jawab. Ya, semoga saja kelalaian ini nggak terjadi lagi di kemudian hari.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya