Pasti kamu pernah mendengar istilah suami-suami takut istri (SSTI), kan? Sama seperti sebuah sitkom di salah satu stasiun televisi lokal tanah air beberapa waktu lalu yang menggunakan nama yang sama. Pada sitkom Suami-suami Takut Istri tersebut, dikisahkan secara garis besar tentang ketakutan para suami pada istrinya. Entah berdasarkan alasan apa, dalam setiap episode, selalu menampilkan adegan kelemahan cowok di hadapan cewek, khususnya istri mereka masing-masing.

Pertanyaannya, ada nggak sih kasus suami-suami takut istri di kehidupan nyata ini? Ada, jelas ada. Meski nggak banyak, tapi fenomena ini jelas ada dan benar-benar terjadi. Nah, buat kamu yang belum menikah, tentu nggak mau dong, jadi salah satu cowok yang tergolong dalam golongan ini? Maka dari itu, berikut Hipwee Boys akan jelaskan faktor yang menyebabkan lahirnya golongan ini. Biar kamu bisa lebih siap sebelum menikah nantinya. Langsung disimak aja yuk!

Adalah kesalahan ketika kamu begitu lemah secara mental. Jangan biarkan istrimu kelak jadi lebih dominan dalam hubungan!

Ini mah KDRT. -__- via www.diaforetiko.gr

Inilah kenapa cowok harus kuat alias nggak boleh gampang rapuh dalam menghadapai setiap rintangan. Sebagai cowok, sekaligus sebagai kepala keluarga, sudah seharusnya kamu bisa menjadi pemimpin keluarga. Jangan sampai kamu disetir oleh istrimu kelak. Karena istri yang dominan dalam hubungan, apalagi rumah tangga, akan membuat cowok menjadi seorang suami yang takut akan istrinya. Jelas ini nggak baik.

Pekerjaan dan penghasilan juga menjadi faktor penyebab lahirnya suami-suami takut istri. Nggak cuma takut, ini juga bikin malu dan iri!

Apalagi kalau istrimu bos di kantormu. via thedailybeast.com

Advertisement

Salah satu faktor utama yang menyebabkan suami jadi takut istri adalah masalah pekerjaan. Di Indonesia, baru-baru ini, penghasilan seseorang adalah alat ukur tunggal bagi kesuksesan seseorang. Jadi, kalau si istri memiliki penghasilan lebih besar, tentu saja lingkungan akan lebih memihak memihak istri. Suami ngapa-ngapain salah dan istri selalu benar. Hal ini memang tidak berlaku untuk semua keluarga, namun banyak kasus terbukti demikian.

Istrimu datang dari keluarga kaya. Maklumlah di Indonesia, silsilah keluarga masih sangat penting

Orang tuanya tajir nggak? via communitytable.parade.com

Kendati istrimu memutuskan untuk nggak bekerja atau hanya di rumah dengan mengurusi segala pekerajaan rumah dan anak-anak, bukan jaminan kamu nggak bisa jadi SSTI loh. Faktor finansial dari pihak keluarganya alias mertuamu juga bisa berpengaruh. Secara nggak langsung, hal inilah yang bikin cowok minder, dan akan berakhir menjadi suami yang takut pada istrinya. Takut dalam arti yang cukup luas.

Terlalu mencintai istri ternyata juga menjadi penyebab adanya SSTI. Lagipula, bukankah yang berlebihan itu memang nggak baik, ya?

Jangan jadi malah disetir. via elsol.com.ar

Jangan salah, kamu pun bisa menyalahkan dirimu sendiri ketika kamu jadi SSTI cuma karena kamu begitu dalam mencintai istrimu. Tapi kondisi ini akan membuatmu takut akan kehilangannya, maka dari itu sekuat tenaga kamu akan membuatnya tetap ada di sampingmu. Mengusahakan segala cara agar nggak terjadi apa-apa dalam hubungan kalian. Sayangnya, rasa cinta yang berlebihan ini bisa akan membuatmu begitu takut pada istrimu sendiri. Aneh, bukan? Ya, alangkah baiknya kalau kamu mencintai pasanganmu dengan sebuah batasan. Berlebihan itu nggak baik, bukan?

Nah, itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan seorang cowok menjadi suami-suami takut istri. Tentu saja mungkin masih ada banyak faktor lain yang mempengaruhi dan faktor yang ditulis di atas juga tidak berlaku keseluruhan. Pastinya ada beberapa eksepsi yang terjadi di luar sana. Tapi, yang jelas, hal-hal yang ditulis di atas adalah alasan paling sederhana lahirnya golongan suami-suami takut istri.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya