Selalu ada yang menarik ketika kita membicarakan tentang kehidupan cowok dan cewek. Selalu ada saja perbedaan yang mencolok antara kedua keturunan Adam dan Hawa ini. Nggak usah jauh-jauh, menyoal asmara, mereka pun punya banyak perbedaan budaya yang bakal bikin kita geleng-geleng kepala. Ya, tentang cinta, cowok dan cewek selalu melihat segalanya secara berbeda. Seperti misalnya mantan. Cowok selalu mencari pacar baru yang berbeda dengan mantannya. Sementara cewek, mereka selalu mencari yang mirip dengan mantannya. Kok bisa begitu? Nah, inilah perbedaannya!

Cowok lebih logis, sedangkan cewek lebih pakai perasaan. Logika cowok nggak akan membiarkan kesalahan yang sama sementara cewek nggak peduli itu

Kenangan ibarat napi; nggak perlu ditahan, yang penting nggak bisa keluar lagi. via www.ibtimes.co.uk

Ya, karena cowok lebih sering menggunakan logika dalam mengambil keputusan, maka nggak usah kaget ketika cowok akan mudah melupakan kamu sebagai kenangannya. Kenangan tentang mantan hanya perlu dikubur dalam-dalam, dan nggak perlu dirindukan. Prinsip cowok adalah, “Yang sudah berlalu, ya sudah.” Kalau hubungan bersama mantan itu sebuah kegagalan, maka haram bagi cowok untuk mengulang kesalahan yang sama.

Sementara cewek, karena mereka lebih mengandalkan perasaan daripada logika, cewek nggak peduli dengan itu semua. Kesalahan dan kegagalan adalah pemakluman, selama bisa diperbaiki dan saling memaafkan. Cewek akan menyukai siapapun yang hatinya katakan. Menyenangkan bukan, bisa begitu bersahabat dengan hati.

Apakah ending sebuah buku yang dibaca lebih dari sekali akan berakhir berbeda? Pantang bagi cowok mengulangi kesalahan yang sama

Selow, masih banyak buku yang bisa dibaca. Men’s logic. via www.telegraph.co.uk

Advertisement

Dalam menanggapi mantan dan kenangannya, cowok memiliki analogi yang cukup masuk akal. Apakah ending sebuah buku yang dibaca beberapa kali akan memiliki akhir cerita yang berbeda? Nggak mungkin, ‘kan? Sebuah buku yang pernah dibaca, akan tetap memiliki akhir cerita yang sama. Entah berapa ribu kali pun kamu membacanya, akhirnya akan tetap sama. Pada dasarnya, cowok enggan mengulangi kesalahan yang sama.

Sementara cewek, mereka adalah mahluk super positif yang berfikir bahwa semua orang bisa berubah. Semua orang bisa menjadi apapun yang diinginkan orang lain. Pemikiran itu tidak salah. Pemikiran itu justru sangat istimewa. Susah sekali di zaman ini mencari orang yang begitu positif. Maka dari itu, meskipun tidak pasti, cewek memiliki kecenderungan untuk lebih berani memilih orang yang sama dari mantannya.

Cowok selalu tertantang akan hal baru, sementara cewek lebih nyaman dengan hal yang sudah mereka ketahui

Suka tantangan! via www.thomasingersollphoto.com

Memang sudah menjadi kodrat, bahwa cowok selalu menyukai hal-hal baru yang menantang. Cowok itu identik dengan keberanian dan kejantanannya. Alangkah menyesalnya seorang cowok kalau mereka penakut dan nggak berani menerima hal-hal baru yang belum pernah mereka coba. Termasuk mencari pacar baru yang berbeda dalam segala hal dengan mantannya.

Mungkin juga ada beberapa cewek yang menyukai tantangan, tapi untuk masalah mencari pasangan baru, cewek nggak pernah mau menerima hal baru. Kenapa? Ya, karena memang cewek nggak pernah bergairah untuk memulai hal baru dari nol. Cewek hanya mencari pacar baru yang mirip mantan karena dua hal; perhatian dan kenyamanan. Kalau ada cowok yang sedemikian sama dengan mantannya, bukan nggak mungkin cewek akan memilih cowok tersebut sebagai pacar barunya.

Cowok sadar benar dengan pilihannya, sementara cewek kadang nggak tahu dengan apa yang mereka mau. Milih tempat makan aja kadang mereka bingung

Kamu cantik. Kencan, yuk! via www.zenskikutak.rs

Perbedaan selanjutnya adalah cowok akan mencari mantan yang lebih dari mantannya. Dengan mendapatkan cewek baru yang lebih dari mantannya, cowok akan merasa bangga bukan main. Selain itu, cowok juga merasa bahwa move on-nya telah berhasil. Ya, karena cowok tahu apa yang menjadi kemauan dan pilihannya. Sementara cewek, mereka seperti masih kebingungan dengan pilihannya. Mereka masih ragu, apakah mereka harus mencari pasangan baru yang lebih dari mantannya atau sama dengan mantannya.

Itulah yang menjadi pembeda antara cowok dan cewek. Jangankan pilihan soal pasangan baru. Cewek disuruh milih mau makan di mana aja masih suka bingung.

Nah, itulah beberapa perbedaan cowok dan cewek dalam mencari pacar baru setelah putus. Nggak usah komplain, emang itu yang sebenarnya terjadi. Cewek, selalu sulit untuk melepaskan bayang-bayang mantan. Sementara cowok cuma butuh cewek baru untuk melepaskan kenangan. Tentu saja ini tidak berlaku ke semua orang dan tidak bermaksud menggaris bawahi perbedaan cowok dan cewek, lagian di era seperti ini banyak orang yang sudah tidak percaya perbedaan gender. Meskipun, sejatinya cowok dan cewek, dilihat dari segi manapun sangatlah berbeda.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!