Umumnya, makhluk yang susah diprediksi pikiran dan isi otaknya adalah kaum cewek. Ceweklah yang selalu bikin penasaran. Banyak cowok yang sepakat akan hal tersebut. Namun siapa sangka kalau di sisi sebaliknya, para cewek pun penasaran dengan isi otak cowok. Mungkin saja, cewek juga seringkali heran dan nggak habis pikir dengan jalan pikiran cowok.

Buat para cewek yang penasaran dengan isi otak cowok, kali ini Hipwee Boys bakal mengungkapkan hasil penelitian seorang neuropsychiatrist asal Amerika Serikat, Louann Brizendine, M.D. Kalian bisa sedikit lebih paham dengan jalan pikiran cowok yang kadang-kadang unik setelah baca ini. Kira-kira apa saja, ya, yang ada di isi otak cowok? Yuk langsung dilihat aja~

1. Cowok cenderung memiliki pikiran yang lebih jorok dibanding cewek

Wajar sih kalau pikirannya jorok via a.abcnews.com

Tanpa pandang gender, baik cowok maupun cewek, dua kaum ini sangat mungkin memikirkan hal-hal yang terkait dengan seksualitas. Namun cowok berbeda dengan cewek soal masalah itu. Sistem visual otak dan libido (gairah seks) cowok biasanya telah ter-default untuk berada di posisi “on”. Menurut Brizendine, cowok mempunyai wilayah bernama sexual pursuit di bagian hypothalamus pada otaknya. Dan sebenarnya, cewek juga punya tetapi untuk wilayah ini, punya cowok memiliki ukuran 2,5 kali lebih besar dibanding punya cewek.

Kandungan hormon testosteron pun punya andil besar untuk mengatur isi otak seorang cowok. Nggak heran kalau cowok sering disebut lebih nafsuan ketimbang cewek. Karena testosteronnya 10 kali lebih banyak dari daripada cewek.

2. Cowok punya respon emosional yang lebih kuat, tapi dia lebih pandai menyembunyikan

Advertisement

Pinter ngumpetin via c1.staticflickr.com

“Saya telah mempelajari dan menemukan bahwa cowok kadang memiliki respon emosional yang lebih kuat daripada wanita, tapi yang membedakan adalah tentang upaya menyembunyikan. Cowok lebih suka memendam perasaan mereka yang sebenarnya ketimbang menyampaikannya atau mengekspresikannya,” ujar Brizendine seperti dikutip dari laman EHarmony.

Otak cowok juga punya potensi output yang lebih menakutkan ketika dia benar-benar marah. Testosteron merangsang agresi, kekuatan, dan juga dorongan seks pada pria. Ini jelas berbeda dengn otak cewek. Namun hal yang perlu diingat adalah, pada dasarnya, baik itu cowok atau cewek, mereka sama-sama ingin cinta, hormat, dan rasa syukur.

3. Cowok punya “program” yang membuat mereka selalu ingin membantu menyelesaikan masalah cewek

Pengennya nolongin! via stylesweekly.com

Pada dasarnya cowok maupun cewek telah dirancang untuk tak membeda-bedakan. Toh, mereka sama-sama satu spesies, yaitu manusia. Namun ketika berbicara tentang otak, cowok mempunyai kecenderungan untuk bisa berbuat lebih baik. Begitulah kata Louann Brizendine, M.D.

Misalnya, cowok biasanya berusaha untuk membantu seorang cewek jika cewek tersebut berada dalam kesulitan. Ketika seorang cowok mendengar cewek sedang kesulitan karena adanya masalah di tempat kerja atau masalah keluarga, cowok biasanya berusaha untuk membantu si cewek memecahkan masalahnya. Semakin baik kita memahami otak masing-masing, semakin baik pula kita dapat berhubungan satu sama lain dan menghargai perbedaan yang ada.

4. Cowok juga lebih punya ketakutan untuk berkomitmen dibanding cewek

Nggak mau terikat via media.glamour.com

“Saya tak yakin kalau cowok takut berkomitmen. Saya pikir itu tentang default cowok yang memiliki keinginan dalam berbagai hal, yang bukan hanya soal asmara,” kata Brizendine.

Masih tak percaya kalau cowok memang nggak terlalu tertarik dalam berkomitmen? Sebuah penelitian menemukan, ketika cowok dan cewek berada dalam rentang usia 20-an, cowok cenderung lebih ingin memiliki banyak pasangan dalam hidupnya ketimbang cewek. Cowok mengatakan ingin memiliki 10-20 pasangan, sedangkan cewek mengatakan satu atau dua.

5. Ungkapan perasaan cowok juga punya arti tersendiri. Bisa beda jauh dengan cewek

Nggak seperti yang cewek bayangin via www.sbs.com.au

Kala kita berbicara kedekatan emosional, ada perbedaan yang seringkali kita temui pada isi otak cowok dan cewek. Salah satunya dalam pengungkapan perasaan.

“Ketika cowok berkata ‘aku mencintai kamu’ itu sama dengan artinya ‘aku ingin tidur denganmu’. Beda dengan cewek, ketika cewek bilang ‘aku mencintai kamu’ itu artinya “aku ingin kamu mendengarkanku’,” kata Brizendine.

Sekali lagi, ada andil testosterone yang membuat cowok bisa mengatakan hal seperti itu. Namun, nggak semuanya cowok seperti itu kok. Cuma sebagian besar saja. Cowokmu mungkin bukan yang golongan mainstream itu.

Itulah pemaparan ilmiah tentang isi otak cowok dari seorang neuropsychiatrist asal Amerika Serikat, Louann Brizendine, M.D. Para cewek nggak penasaran lagi, ‘kan? Dan buat para cowok, poin mana yang kamu banget, guys? Semoga tulisan ini dapat mengubahmu menjadi lebih bijak lagi buat mengelola isi otakmu ya~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya