Peran ayah dalam merawat anak sudah tidak asing lagi sekarang. Mungkin ini terjadi sejak banyaknya selebriti papan atas dunia tertangkap kamera sedang hangout dengan anak-anaknya yang masih kecil. Menjaga anak tiba-tiba jadi hal yang sangat keren kalau dilakukan para pria, bahkan wanita pun memuja fenomena ini. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Human Behaviour in The Social Environment mengungkap bahwa laki-laki yang suka dengan anak-anak terlihat lebih menarik di mata wanita. Wah, buat cowok-cowok harus siap-siap belajar parenting dari sekarang nih!

“Ayah, dalam diam ia menyelesaikan semuanya dan mengungkapkan cintanya”

1. Mereka yang dengan bangga menggendong anaknya terlihat lebih bertanggungjawab dari lelaki lainnya

Menggendong bayi via cumicumi.com

Dilansir NYmag, alasan kenapa perempuan lebih tertarik pada pria yang sedang bersama dengan bayi atau anak-anak adalah karena mereka terlihat lebih bertanggungjawab.Bahkan banyak studi yang mengungkap kalau perempuan cenderung mencari laki-laki yang maskulin dan memiliki wajah baby-friendly. Itu semua karena perempuan berpikir jauh ke depan demi mencari lelaki yang mau menghabiskan masa tua bersama.

2. Bukannya terlihat makin tua, lelaki yang sedang bersama anaknya hanya terlihat makin dewasa

Tidak tua tapi dewasa via reference.com

Advertisement

Meski anak-anaknya banyak dan bahkan ada yang sudah beranjak dewasa, sosok laki-laki yang menjadi ayah tak otomatis terlihat tua. Guratan di wajahnya justru menambahkan kesan dewasa dan ini makin menarik bagi kaum hawa.

3. Sebagai ayah lelaki selalu punya pesona, dari jadi role model hingga cinta pertama anaknya

Peran ayah bagi anak laki-laki dan perempuan via celebuzz.com

Anak laki-laki cenderung akan memiliki sifat yang sama dengan ayahnya. Jika ayahnya penyayang maka si anak pun sama, begitu pula sebaliknya jika sang ayah kasar. Sementara untuk anak perempuan, ayah adalah cinta pertamanya. Hubungannya dengan si Ayah akan berpengaruh pada seluruh hubungan yang akan dia lalui dalam hidupnya. Layaknya cinta pertama…

4. Tak segan berbagi tugas untuk merawat anak, menunjukkan lelaki itu berpikiran sangat terbuka

Berbagi tugas via celebitchy.com

Kini perempuan pun sudah banyak yang bekerja sehingga tidak mungkin akan memiliki waktu 24 jam bersama anaknya. Karena itulah peran lelaki sebagai ayah sangat dibutuhkan. Bukan sebagai supporter saja tapi menjalankan peran yang sama besarnya. Lelaki yang bisa memahami semua ini jelas pikirannya sudah sangat terbuka dan tidak lagi terbutakan oleh “peran istri di dapur, sumur dan kasur”.

5. Ikut berperan dalam parenting bukan hanya sekedar tren, tapi peran lelaki dalam pengasuhan memang tak tergantikan

Lelaki memiliki peran penting secara emosional untuk pertumbuhan anak, terutama dalam meningkatkan kemampuan kognitif, bahasa, sosial, prestasi akademik, kepercayaan diri sang anak. Hubungan anak dengan ayahnya akan mempengaruhi hubungannya dengan semua orang dari lahir sampai mati nanti.

Pola-pola awal interaksi dengan ayah akan diproyeksikan ke semua hubungan lainnya ke depan. Dalam parenting, akan terlihat sangat jelas perbedaannya jika ada peran ayah atau tidak. Kepribadian sang anak yang akan menunjukkannya. Ayah, manusia yang bisa menyelesaikan masalah apapun, melayani semuanya dan bersedia dimusuhi semuanya. That’s cool!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!