Dilansir dari Alodokter, bahwa metode kontrasepsi bagi para pria nggak cuma kondom. Metode-metode lain memang belum banyak tapi bisa kamu lakukan. Nih dari yang operasi sampai yang bikin takjub. Jangan sampai kalian nggak tahu bahwa ada beberapa cara atau metode dari kontrasepsi yang bisa para cowok pakai selain kondom. Kondom memang tetap perlu digunakan guna melindungimu dari segala penyakit karena hubungan badan. Tapi jika kalian repot atau nggak mau ambil pusing beli kondom dan memakainya, kalian bisa coba 5 cara yang sudah Hipwee Boys rangkum buat kalian.

1. Operasi Vasektomi, nih supaya irit efeknya nggak cuma sekali pakai alias permanen

Metode ini biasanya dilakukan oleh pria dewasa yang sudah memiliki momongan. via hellosehat.com

Di dalam testis kalian ada yang namanya saluran vas deferens, nah dengan operasi vasektomi saluran itu bakal dipotong dan diikat biar sperma nggak bercampur dengan air mani. Sperma yang nggak keluar tersebut nggak bakal bocor atau meledak, melainkan akan diserap tubuh. Tenang, air mani yang keluar saat berhubungan badan nggak bakal bikin hamil selepas lakukan vasektomi.

2. RISUG, cara ini nggak beda jauh dengan vasektomi cuma efeknya bisa dilepas jikalau ingin mengembalikan kesuburan pria

Beda dengan vasektomi, penyuntikan gel ini nantinya bisa dihilangkan dan kembali normal. via vasectomy.com

Seperti dikutip dari Majalah Kesehatan, RISUG (Reversible Inhibition of Sperm Under Guidance) dilakukan dengan cara menyuntikkan gel ke dalam saluran vas deferens, gel itu berguna untuk membunuh sperma yang melewati saluran itu. Keunggulannya, jika vasektomi itu permanen, RISUG ini bisa dihilangkan, lho… RISUG di AS dikenal sebagai Vasalgel.

3. Gelombang Ultrasound, mungkin metode ini bisa dibilang lebih aman karena tanpa penyuntikan atau pun operasi

Gelombang ini nantinya bisa membuat sperma berhenti berproduksi hingga akhirnya seluruh cadangan sperma habis. Sudah sejak 2010 metode ini diperkenalkan dan dalam tahap uji coba. via colorado.edu

Metode ini masih dalam tahap uji coba, dilansir dari Detik, Gelombang Ultrasound ini dapat menghentikan sperma. Gelombang ultrasound tersebut punya efek yang lama, yaitu mencapai 6 bulan. Penelitian ini dilakukan oleh seorang peneliti dari University of North Carolina, diharapkan penelitian ini bisa dan mampu menjawab mahalnya biaya vasektomi.

4. Baru-baru ini peneliti menemukan bahwa buah mangga juga bisa mencegah kehamilan saat berhubungan badan. Caranya gimana ya?

Mangga membuat sperma malas saat pembuahan karena zat dalam mangga mencegah sperma untuk beraktifitas dengan baik saat pembuahan. via pixabay.com

Senyawa yang terkandung dalam buah mangga bersifat kontraseptif, senyawa ini akan menghadang sperma membuahi sel telur. Senyawa dalam mangga seperti Lupeol dan Pristimerin berperan penting dalam hal ini. Jangan khawatir karena buah mangga nggak perlu diolah ribet, melainkan cukup mengonsumsinya saja secara langsung.

5. Ini mungkin udah jadi andalan ya, namanya Coitus Interruptus. Ini kayaknya lebih ke trik dan teknik bertarung di ranjang deh

Ini nih yang dimaksud keluar di luar kali ya… via vagabomb.com

Ada banyak cara dan metode yang dapat digunakan sebagai alat kontraseptif. Coitus Interruptus beda dengan yang lain, ia merupakan sebuah metode kontrasepsi yang cukup merepotkan. Caranya adalah dengan mencabut penis dari vagina saat sebelum mengeluarkan sperma. Metode ini sebenarnya punya kelemahan, seperti jika metode ini gagal dilakukan maka kehamilan bisa saja terjadi.

Nak kalian para cowok, sudah saatnya minimal cari tahu tentang metode kontrasepsi yang cocok kamu gunakan. Kontrasepsi pada pria ini juga sekaligus menjawab bahwa biasanya cewek yang sering jadi subjek yang lakukan kontrasepsi. Kali ini dengan sedikit tahu tentang hal ini mungkin kalian jangan terlalu memaksa pasangan untuk lakukan metode kontrasepsi. Ingat, 5 metode kontrasepsi di atas bukan berarti itu tanda bahwa kalian harus tinggalkan kondom. Kondom juga perlu dilakukan untuk melindungi penis dari penyakit karena sering berganti pasangan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya