Umurmu belum sampai menginjak 30, tapi warna rambut-rambut di kepalamu mulai berubah dan memutih. Kamu pun keheranan sendiri dan bertanya-tanya, “Kenapa kok bisa gini?”. Kemudian, atas penampilanmu tersebut, banyak mitos yang beredar yang dilontarkan kawan-kawanmu.

Nah daripada bingung sendiri nyari tahu omongan mana yang benar, mending cek aja hasil rangkuman Hipwee yang dikutip dari berbagai sumber soal uban prematur. Yuk simak aja!

Rokok nggak cuma merusak organ dalam, tapi juga rambut. Penampilan mudamu direnggut olehnya

Jangan rokok mulu via cdn.tmpo.co

Guys, ini nggak bercanda lho. Merokok bisa bikin rambut kamu lebih cepat beruban. Menurut situs kesehatan Mercola, ada hubungan erat antara penggunaan tembakau dan rambut yang beruban. Merokok bisa menghasilkan radikal bebas dalam tubuh. Nantinya, radikal bebas tersebut berpotensi menurunkan tingkat melanin yang membuat rambutmu menjadi beruban. Inilah bukti kalau perokok ternyata nggak cuma rawan terhadap organ dalam. Penampilanmu pun bisa terganggu oleh kebiasaan ini.

Rambut beruban secara prematur muncul akibat tekanan hidup. Stres memang sering berakibat fatal pada hidup

Stres via stiftio.com

Advertisement

Begitu banyak politisi yang rambutnya berubah menjadi warna putih selama masa pengabdiannya. Bedakan dengan masa di mana mereka masih kampanye. Mereka dipercaya mengalami banyak tekanan dan memikirkan banyak hal yang kemudian berujung munculnya stres. Dikutip dari BT, sebuah penelitian pada 2011 menunjukkan bahwa jika orang terus-menerus dihadapkan pada skenario melawan kestresan, maka DNA mereka bisa rusak yang kemudian menyebabkan penuaan dini.

Vitamin B12 berperan aktif dalam memberi asupan makanan untuk rambut. Makanya banyak makan yang bergizi, kurangi micin!

Makan yang mengandung vitamin B12. via rewind1007.com

Munculnya rambut-rambut putih secara prematur juga kerap dikaitkan dengan kekurangan vitamin B12. Vitamin B12 memiliki peran vital dalam memberi asupan makan untuk rambut. Panduan buat kamu nih yang takut rambut putihnya makin banyak, perbanyak asupan makanan yang kaya akan vitamin B12. Beberapa di antaranya adalah daging, telur dan susu.

Masalah keturunan pun nggak juga berperan dalam hal memberi sumbangsih bagi rambut beruban

Keturunan ngaruh via www.thewrap.com

Kalau kamu punya waktu, coba deh iseng-iseng tanya sama orangtuamu soal kapan pertama kali mereka merasa rambut mulai memutih. Soalnya, ada kaitan erat dengan gen lho! Dikutip dari National Geographic, anggota asosiasi profesor dari NYU School of Medicine, Roshini Rajapaksa, orang yang memiliki rambut putih memiliki hubungan dengan etnis atau bisa disebut juga keturunan seseorang. Seorang Kaukasian, kata Rajapaksa, cenderung berpotensi tinggi mengalami penuaan lebih cepat pada rambutnya.

Sebuah penelitian juga telah membuktikan hal tersebut. Mereka melibatkan lebih dari 6.000 orang untuk mencari faktor gen yang berhubungan dengan fitur rambut di kepala dan rambut wajah. Sekitar 30 persen hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara gen dan tumbuhnya uban di masa muda.

Beberapa penyakit bahkan bisa ditandai dengan munculnya uban secara prematur di masa muda

Gejala sakit via il3.picdn.net

Penyebab rambut beruban dapat dikaitkan dengan potensi penyakit tiroid yang diidap orang tersebut. Penyakit tersebut menyerang kelenjar tiroid — salah satu dari kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia. Fungsi dari kelenjar tiroid antara lain; mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

Ketika tiroid mengalami masalah, entah itu kurang atau terlalu aktif, produksi melanin di rambut mendapatkan pengaruhnya. Kemudian, dihasilkanlah uban prematur. Jadi, bukan masalah penampilan doang yang bisa mengganggu. Hipwee sarankan sih untuk memeriksa kadar tiroid kalau merasa muncul uban secara tiba-tiba.

Itulah 5 hal yang menyebabkan seseorang yang masih muda bisa penuh uban rambutnya. Sebenarnya, warna dasar rambut setiap manusia itu putih. Itu disebabkan oleh sel-sel pigmen yang ada di dasar tiap kantung rambut, atau nama ilmiahnya folikel, membuat warna hitam menjadi dominan sejak lahir. Nah, saat seorang makin berumur, biasanya makin banyak sel pigmen yang mati dan membuat warna rambut berubah sesuai warna aslinya.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!