Ada beberapa hal penting yang harus sama-sama dimengerti oleh kedua belah pihak saat berada di dalam hubungan. Salah satu hal paling penting yang harus diingat adalah komunikasi. Klise memang, tapi meskipun klise, ternyata ada banyak orang yang gagal menjalin kisah cintanya hanya karena hal ini. Jangankan yang LDR, yang jarak dekat saja seringkali gagal dalam hal komunikasi.

Kali ini Hipwee Boys bakalan membahas bagaimana sih manner komunikasi harian yang sudah seharusnya dilakukan oleh cowok yang memiliki pasangan, terutama yang pasangannya jauh dan mengandalkan aplikasi chat untuk berkomunikasi. Mungkin ada banyak cowok yang nggak menyadari bahwa ada tata cara yang harus dipenuhi dalam hal ini. Oleh karena itu, yuk langsung kita simak aja ulasannya!

Yang penting adalah kualitas bukan kuantitas. Menghubungi dengan intensitas tinggi justru malah mengganggu

Yang penting kualitasnya! via 3.bp.blogspot.com

Salah satu hal yang harus sangat dipahami oleh orang-orang yang menjalin komunikasi jarak jauh adalah pemahaman pada pentingnya kualitas hubungan, bukan kuantitas. Hal ini kadang tidak disadari oleh pasangan dan membuat mereka berantem karena salah satu pihak tidak bisa mengikuti jumlah chat yang diinginkan pihak lainnya.

Di sini biasanya cewek yang terlalu sering hubungin dan cowok kelewat cuek. Oleh karena itu, cewek harus mulai belajar memiliki pemahaman kualitas dan cowok juga harus mau meluangkan waktu. Gimana mau ada pembicaraan yang berkualitas kalau ceweknya nanya terus dan cowoknya cuek terus?

Selalu luangkan waktu karena komunikasi menjadi jauh lebih penting saat kita sedang dalam kondisi jarak jauh

Advertisement

Jangan lupa luangin waktu! via a.abcnews.com

Jangan mengira bahwa proses kesadaran komunikasi dimulai pada saat kita sedang chatting saja. Hal ini dimulai dari kemauan kita meluangkan waktu. Biasanya cowok sering bilang bahwa saking sibuknya mereka nggak punya waktu buat hubungan, padahal kenyataannya, waktu selalu ada, tinggal orangnya mau meluangkan waktu itu atau tidak.

Jangan lupa meluangkan waktu barang 15 menit untuk membalas atau memulai sebuah percakapan. Jika percakapan yang dilakukan benar-benar mengena pada kebutuhan pasangan, waktu yang hanya sebentar bukanlah masalah. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, saat berada di hubungan jarak jauh, yang paling penting adalah kualitas, bukan kuantitas.

Kasih kabar kalau memang sedang tidak bisa dihubungi. Salah satu hal yang membuat pasangan kita marah adalah karena nggak ada penjelasan

Kabarin kalau emang sibuk! via lisaforce.com

Hal ini biasanya sering dilakukan oleh cowok. Para cowok berpikir “ah nanti aja pas nggak sibuk”. Hal inilah yang paling sering menjadi masalah. Kenapa? Ya karena cewek nggak bisa digituin. Di sisi lain, cewek bukan makhluk yang membabi buta juga, bilang aja gini “aku lagi gak bisa bales nih, nanti ya aku hubungin”. Yakin deh, cewek bakalan nggak marah kalau kamu meluangkan waktu barang 1 menit untuk nulis pesan itu.

Miliki mentalitas positif. Tidak selalu saat pasanganmu belum bisa menghubungi berarti dia selingkuh

Nyantai aja kalau lama dibalesnya! via s3.amazonaws.com

Sebenarnya mentalitas seperti ini adalah mentalitas yang tanpa sengaja terbangun karena pengalaman buruk, kenangan karena ditipu atau diselingkuhi sebelumnya. Mental macam inilah yang kadang justru menjadi perusak hubungan. Benar di satu sisi mental semacam ini bakalan menjagamu dari penipuan lagi, tapi di sisi lain, pemikiran semacam ini hanya akan membuatmu stres. Kalau memang nggak bisa percaya orang yang berhubungan jarak jauh, mending nggak usah LDR deh, putusin aja daripada tiap hari parno. Bisa jadi gila nanti!

Oleh karena itu, sebagai cowok, berusahalah membangun kepercayaan itu. Jangan berikan banyak alasan untuk cewekmu buat nggak percaya sama kamu. Di sisi lain, kamu juga jangan jadi orang insecure yang kalau ceweknya nggak bales uda langsung mikir yang nggak-nggak.

Jangan lupa telepon atau kalau bisa ya ketemu. Chatting aja nggak akan cukup untuk membangun komunikasi

Jangan lupa nelpon! via i.ytimg.com

Sesekali sempatkanlah untuk telepon. Komunikasi yang berkualitas sejatinya tidak akan bisa diraih secara sempurna hanya dengan mengandalkan aplikasi chat. Namun jika memang kalian harus mengandalkan koneksi seperti ini karena lokasi kalian yang berjauhan, jangan lupa untuk telepon. Memang kesannya sepele sih, tapi telepon pastinya punya bobot yang berbeda dibandingkan dengan chatting.

Komunikasi adalah hal penting dalam sebuah hubungan, terlebih lagi bagi para pejuang LDR. Seringnya ketakpahaman tata cara dan tata krama komunikasi inilah yang membuat pasangan yang sejatinya punya peluang untuk mencapai jenjang lebih tinggi harus kandas di tengah jalan. Jadi, perhatikan hal-hal di atas saat kamu membangun komunikasi dengan pasanganmu, meskipun belum tentu tidak putus, paling nggak kualitas komunikasimu akan tetap terjaga.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya