Menurut doktrin gender saat ini, cowok digambarkan sebagai sosok yang pemberani, atau lebih tepatnya dibilang “jadi cowok harus pemberani”. Seolah, kelaki-lakian seseorang ditentukan oleh tingkat keberaniannya terhadap banyak hal. Seringnya, dalam tataran budaya patriarki, cowok diharapkan untuk bisa melindungi cewek dari ketakutan-ketakutan yang bisa mengancam keselamatannya. Namun, sejatinya cowok juga memiliki banyak ketakutan. Bahkan bisa dibilang bahwa ketakutan cowok kadang sangat nggak masuk akal.

Di luar sana, ada beberapa cowok yang memiliki ketakutan terhadap berbagai hal yang sebenarnya nggak masuk akal loh. Nah, kali ini Hipwee Boys akan mengungkapkan tentang beberapa ketakutan konyol para cowok. Bukan bermaksud untuk menertawakan atau memberi ruang bagi cewek untuk melihat cowok dengan cara rendah. Melainkan untuk memberi pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana sejatinya kehidupan para cowok yang tak diungkapkan. Yuk, disimak pembahasannya!

Pada dasarnya cowok suka nggak suka harus memiliki pekerjaan. Sayang, ada aja cowok yang takut dengan pekerjaan

Takut tanggung jawab. via wsj.com

Ya, pada dasarnya cowok emang harus bekerja untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Masa iya mau minta sama orangtua terus-terusan? Apalagi nanti kalau sudah menikah. Tapi sayangnya, ada loh cowok yang takut dengan pekerjaannya (ergophobia). Sebenarnya fobia ini bukan sepenuhnya takut dengan pekerjaannya, melainkan takut pada tanggung jawab dalam pekerjaannya. Kebanyakan orang mah takutnya kalau nggak punya pekerjaan, kan, ya?

Bisa jadi kamu akan menjadi cowok paling nggak romantis menurut  cewekmu. Ada loh, cowok yang takut dengan bunga

Kalau bunganya begini, takut boleh sih ya. via www.sharenator.com

Advertisement

Sebagian besar cewek pasti suka dengan cowok yang romantis, yang tiba-tiba memberi kejutan kecil untuknya. Seperti memberi bunga di hari yang nggak spesial, misalnya. Tapi sayangnya, ada aja cowok yang takut dengan bunga (anthophobia). Kalau dinalar, sebenarnya, kan, bunga nggak berbahaya, ya? Kecuali kamu kecolok tangkai bunga, misalnya.

Sentuhan bisa menandakan kasih sayang cowok pada cewek dan sebaliknya. Tapi, ada juga cowok yang takut dengan sentuhan!

Cemas kalau disentuh. via flickr.com

Cowok yang takut dengan sentuhan (haphephobia) ini juga cukup aneh. Masa cowok takut dengan sentuhan? Bagaimana nanti kalau sudah menikah, ya? Semoga kamu nggak mengalami ketakutan ini, ya, Boys!

Kalau cowok nggak kunjung menikahi ceweknya, bisa jadi cowok itu mengidap ketakutan akan pernikahan. Ada, ya?

Ketakutan untuk berkomitmen. via pinterest.com

Kalau yang satu ini pasti sering banget kejadian sama para cowok. Ya, takut untuk menikah. Dan ternyata ketakutan ini disebut gamophobia. Cowok takut untuk berkomitmen dalam ikatan pernikahan.

Mungkin ketakutan ini menjadi malapetaka bagi semua cowok. Tapi ada loh cowok yang mengidap venustraphobia, fobia terhadap cewek cantik

Ya kali takut sama cewek cantik. -___- via vse42.ru

Nggak bisa dimungkiri, semua cowok pasti pengen banget punya cewek yang cantik, dan cewek juga pasti berusaha untuk menjadikan dirinya cantik. Tapi sayangnya, ada fobia cowok yang menjauhi cewek cantik karena takut. Serius, ini ada beneran dan sangat disayangkan. Mungkin di masa lalunya, cowok pengidap venustraphobia atau caligynephobia ini pernah mengalami hal buruk dengan cewek cantik. Entahlah.

Pengidap trypophobia adalah mereka yang takut dengan lubang. Cowok takut lubang?

Kasihan kalau udah berkeluarga nanti. via www.pexels.com

Ini yang paling aneh sih. Ada cowok yang merasa begitu takut dengan lubang. Apapun yang berbentuk lubang, dia selalu merasa ketakutan. Hal ini disebut trypophobia. Duh. Cowok yang mengalami hal ini jelas sangat sedih hidupnya. Paham kan maksudnya? 😀

Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis ketakutan aneh yang diderita oleh para cowok di luar sana. Tapi, yang paling gampang ditemui dan yang dianggap paling merugikan adalah yang sudah dibahas di atas tadi. Lagi-lagi ini bukan tentang menghakimi cowok, tapi tentang memberi pengetahuan kepada orang lain, baik itu cowok ataupun cewek, bahwa cowok juga memiliki rasa takutnya sendiri. Biar semua orang nggak mengharamkan rasa takut yang dimiliki oleh para cowok.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya