Bagi kamu yang beragama Islam, Hipwee Boys percaya kamu termasuk orang yang paham kalau agamamu mengedepankan keseimbangan antara kehidupan dunia dan akhirat. Namun beberapa orang ada pula yang berpikir kalau agama Islam termasuk agama yang menentang kesenangan berlebih, termasuk tentang hobi olahraga. Mungkin mereka cuma kurang tahu saja kalau Islam malah menganjurkan penganutnya untuk memiliki hobi-hobi yang bakal dijelaskan di bawah ini.

FYI, Islam juga sadar kok kalau olahraga baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Islam adalah agama yang memerhatikan semua aspek kehidupan, bahkan sampai kesehatan jasmani dan rohani umatnya. Nah, kira-kira olahraga apa saja, ya, yang disunnahkan oleh Rasulullah? Yuk, langsung simak aja!

1. Lari, olahraga paling sederhana dan nggak butuh banyak peralatan. Salah satu hobi yang sering dilakukan Rasul bersama istrinya

Jogging biar sehat!

Jogging biar sehat! via topwellnesslife.com

Buat kamu yang sering lari-lari keliling kompleks, gelanggang olahraga, atau car free day, Hipwee Boys bakal mengucapkan selamat sama kamu nih. Pasti banyak dari kamu yang nggak sadar bahwa sebenarnya jogging atau lari merupakan sunah Rasul. Menurut Abdillah F. Hasan dalam buku 195 Pesan Cinta Rasulullah untuk Wanita, Nabi Muhammad Saw diceritakan pernah mengadakan pertandingan lari dengan istrinya. Rasulullah beralasan supaya bisa memberikan kesegaran jasmani.

Siti Aisyah berkata, “Rasulullah bertanding dengan saya dan saya menang. Ketika saya berhenti, badan saya menjadi gemuk, Rasulullah saw bertanding lagi dengan saya dan beliau menang. Lalu beliau bersabda, ‘Kemenangan ini untuk kemenangan itu’.”

2. Olahraga ini pernah jadi tren juga di zaman Rasul, lho. Beliau begitu menikmati olahraga ini

Cukup berbiayaaa :')

Cukup berbiayaaa :’) via 2.bp.blogspot.com

Riwayat Bukhari dan Muslim menjelaskan anggar sebagai salah satu sunah Rasul. Begini bunyi haditsnya, “Ketika orang-orang Habasyah sedang bermain anggar di hadapan Nabi, tiba-tiba Umar masuk, kemudian mengambil kerikil dan melemparkannya kepada mereka. Kemudian Rasulullah SAW berkata kepada Umar, ‘Biarkanlah mereka itu, hai Umar’.”

Olahraga yang satu ini memang nggak terlalu akrab dengan kehidupan kita. Wajar sih, soalnya rada susah juga cari venue yang menyediakan jasa main anggar. Terus kalau mau punya alatnya pun biar bisa main di sekitaran rumah, kita perlu usaha lebih keras. Tapi kalau memang niat banget, kamu tinggal cari peralatannya di internet. Belanjanya bisa via online aja. Lumayan ‘kan olahraganya dapat pahala dan kesehatan.

3. Gulat bukan cuma soal adu kekuatan, tapi juga medium untuk dakwah Rasul pada masa asal mula Islam

Olahraga lain yang disebut sebagai sunah adalah gulat. Banyak ahli sejarah yang mengatakan bahwa gulat sebagai olahraga tertua di dunia. Gulat sudah bisa ditemukan lewat lukisan-lukisan masyarakat Mesir kuno yang diperkirakan berusia 5000-an tahun. Nggak heran kalau kita bisa menemukan laga-laga gulat dalam sebuah film kolosal.

Rasulullah diceritakan pernah bergulat dengan seorang lelaki kuat bernama Rukanah. Dia menggunakan gulat sebagai metode dakwah. Demi mengundang hidayah untuk Rukanah, Rasulullah SAW menggunakan pendekatan olahraga. Keputusan tersebut bisa jadi pemacu bahwa gulat sebagai salah satu olahraga yang sunah.

4. Memang sih harus keluar budget gede buat hobi ini, tapi demi kesenangan yang berpahala, kenapa nggak? 😀

Beberapa minggu yang lalu, Presiden Jokowi berkunjung ke kediaman Prabowo Sugianto. Keduanya tampak menikmati berjalan-jalan dan mengobrol sembari berkuda. Namun, siapa sangka kalau kegiatan berkuda tersebut merupakan salah satu sunah Rasul?

Dalam sebuah hadits riwayat At-Thabrani, Rasulullah SAW bersabda, “Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali empat (perkara), yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang.”

5. Renang pun ada di dalam haditsnya lho. Sebuah kemampuan yang harusnya dimiliki setiap orang

Renang :)

Renang 🙂 via www.aljazeera.com

Adakah yang nggak bisa berenang di sini? Renang itu sebuah kemampuan penting yang harus dikuasai, lho. Siapa yang tau ‘kan kalau tiba-tiba kamu terjebak di dalam air yang dalam. Mending kamu belajar sana deh. Soalnya renang merupakan salah satu hobi yang termasuk sunah Rasul.

Masih berdasarkan hadist riwayat yang sama, dengan olahraga berkuda, yaitu At-Thabrani, Nabi Muhammad mengatakan renang sebagai salah satu kegiatan bersenang-senang lain yang tak termasuk perbuatan sia-sia.

6. Kalau desperate nggak diterima-terima incaranmu, mending konversi ke memanah yang sebenarnya deh!

Memanah hati kamu~

Memanah hati kamu~ via selebritinews.com

Setiap olahraga pasti memiliki momen yang jadi titik kepuasan tersendiri bagi para pelakunya. Olahraga memanah jadi yang tak terkecuali. Beberapa orang yang telah merasakan memanah mengatakan, ketika anak panah dilesatkan dari busur, maka akan ada perasaan puas tersendiri dalam hati. Perasaan puas bisa makin memuncak ketika si anak panah berhasil menancap pada tujuan (ya, meskipun nggak akurat di titik tengah).

Rasulullah pernah bersabda, “Ketahuilah bahwa yang dimaksud kekuatan itu adalah memanah.” Beliau bahkan mengatakannya sampai tiga kali. Bahkan dalam hadits dijelaskan bahwa kita harus belajar memanah, karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.”

Nah, itulah olahraga-olahraga yang disunahkan Rasul. Jadi nggak ada alasan buat kita malas-malasan olahraga. Islam sayang juga kok sama tubuh umatnya. Selain dapat kesehatan, dengan 6 olahraga di atas, InsyaAllah kita semua juga bakalan dapat pahala. Yuk, segera!