Dicemburui, dicurigai dan merasa dibuntuti terus memang nggak enak. Cemburu memang harus ada karena bisa membuat hubungan makin mesra, tapi kalau berlebihan bisa bikin stres juga. Kita semua setuju kalau posesif membuat kita merasa dipenjara, tidak bebas. Baru juga senyum atau curi-curi pandang dikit sudah dibilang selingkuh, duh! Pas kangen dan sedang ingin mesra-mesranya, cewekmu malah membahas kecurigaannya. Ponselmu pun nggak lepas dari sasarannya, semua isinya dibongkar termasuk media sosialmu. Kamu jadi seolah nggak punya privasi dan kurang dihargai.

Rasanya pasti sebal, marah, tersiksa, dan malas saat cewekmu kayak gitu. Semua rasa rindu dan bahkan cintamu bisa mulai berkurang saat itu juga. Bahkan ketika kamu sudah muak rasanya kamu ingin segera menyudahi semua hubungan ini. Meski hati kecilmu juga masih sayang, tapi rasa illfeel-mu ke dia lebih besar. Tapi sebelum kamu menyesal karena membuat keputusan yang gegabah, coba kamu cari tahu dulu kenapa cewekmu jadi terlalu posesif seperti itu. Tentu ini nggak dimulai dari awal hubungan kalian kan? Kalau sudah tahu alasannya dan tetap nggak bisa diperbaiki, baru deh kamu boleh ambil keputusan.

1. Cewek merasa cemburu itu karena dia merasa insecure, dia merasa tidak aman dan tidak percaya diri mencintaimu

Apa dia benar-benar mencintaiku? via eyeswords.com

Dia tidak percaya diri bahwa kamu mencintainya sebesar dia mencintaimu. Dia juga tidak percaya diri bahwa dia lebih baik dari wanita-wanita lain di sekitarmu. Dan rasa tidak percaya diri ini muncul bukan tanpa alasan. Mungkin karena kamu jarang memujinya atau kamu terlalu sering memuji wanita lain di depannya. Nggak semua cewek mudah mendapatkan rasa percaya diri sebesar itu dan kamu sebagai cowok harus mengambil peran juga untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya.

2. Dia terlalu fokus dengan hubungan kalian. Coba cek pasti banyak aktivitas lain yang cewekmu tinggalkan!

Cewekmu harusnya tetap beraktivitas via theswexperts.com

Advertisement

Cewek yang posesif biasanya bersikap seolah tidak ingin berbagi dirimu dengan siapapun. Dia ingin kamu mencintainya sebesar dia mencintaimu. Sadarkah kamu kalau pikiran ini hanya ada pada cewek-cewek yang terlalu fokus pada hubungan kalian dan mengesampingkan kehidupannya yang lain. Kalau benar cewekmu seperti ini, doronglah dia untuk memiliki teman dan “hidup” selain kamu. Cewek sering kali terbawa perasaannya untuk fokus pada pasangan dan lupa dengan hidupnya.

3. Kamu belum pernah mengenalkan dia atau terkesan menyembunyikan hubungan kalian dari teman-temanmu

Kenalin dong sama teman-temanmu via rd.com

Mengenalkan cewekmu ke teman-temanmu penting lho! Pertama agar dia nggak salah paham saat kamu harus pergi dengan teman-temanmu. Dia akan paham dengan siapa kamu akan pergi. Kedua, ini menunjukkan kalau kamu bangga dengan cewekmu. Cara mengenalkan dia bisa dengan mendatangi acara bersama misalnya kalau kamu dapat undangan nikahan dari teman, ajak cewekmu untuk datang bersama meski cewekmu nggak kenal temanmu yang nikah.

4. Cowok memang butuh ruang untuk dirinya sendiri ataupun bersama teman-temannya. Udah jelasin konsep “ruang” itu ke cewekmu belum?

Kamu memang butuh ruang via astrocentre.com

Ini yang paling sering diabaikan cowok nih, padahal penting banget. Nggak semua cewek paham kalau man always need his own cave, cowok itu butuh ruang. Coba jelaskan konsep ruang yang kamu butuhkan seperti apa dan sadarkan dia juga kalau cewek sebenarnya dia juga butuh me-time seperti itu, bukan cuma cowok. Bilang juga kalau saat kamu keluar bersama teman-temanmu kamu tetap kepikiran dia kok.

5. Mungkin dulu kamu pernah berbohong sama dia, jadi untuk kembali percaya 100 persen sangat sulit untuknya

Kamu pernah berbohong via playbuzz.com

Ini susah sih, sekali kamu berbohong akan sulit untuk menghilangkan stereotip itu. Yang bisa kamu lakukan sekarang hanya jangan lagi berbohong atau sembunyikan apapun. Walaupun kamu menduga akan membuat dia marah jika kamu jujur, tetaplah memilih untuk menjadi jujur. Dan jelaskan bahwa kamu nggak takut dia marah yang penting kamu jujur karena itu bentuk kamu menghargai dia.

6. Kalian jarang meluangkan waktu untuk quality time bareng dan kamu kelihatan terlalu sibuk  dengan hal lain

Quality time via fablefeed.com

Menghubungi setiap 5 menit itu keterlaluan tapi merespon pesan lebih dari 12 jam kemudian juga keterlaluan. Dia menjadi posesif mungkin karena ini, karena kalian jarang bertemu atau meluangkan waktu bersama untuk sekadar bercengkrama biasa. Bukankah menjalin hubungan memang harusnya seperti itu, meski nggak setiap hari paling tidak kalian harus rutin menghabiskan waktu bersama. Bukan datang dan pergi begitu saja.

7. Tingkat cemburu kalian memang akan beda ketika tingkat komitmen kalian juga beda. Coba dilihat lagi, komitmen kalian sudah sama belum?

Sudahkah sama komitmennya? via pexels.com

Jangan-jangan cewekmu sudah menganggap kamu sangat serius ingin mengajaknya hidup berdua sampai dia posesif seperti itu. Sedangkan kamu sebenarnya belum punya pikiran sampai kesana jadi kamu tenang-tenang saja. Mending kamu sepakati ulang apa saja komitmen yang akan kalian buat.

Setelah tahu apa alasan cewekmu jadi posesif cobalah perbaiki apa yang bisa kamu perbaiki. Dan beri dia ruang untuk “marah-marah” dan pahami kalau membuat rasa cemburu yang “wajar” itu susah. Bagaimanapun cemburu itu tanda seberapa besar dia mencintai kita, hanya saja dia tak bisa mengolahnya dengan baik. Cobalah ambil peran untuk ikut mengolah rasa cemburu itu. Jika sudah dicoba berbagai cara dan tetap tidak bisa mungkin waktunya untuk move on!