Cowok dan cewek adalah makhluk yang berbeda. Masing-masing punya kelebihan dan kelemahan yang tidak pernah bisa sama satu sama lain. Nah, karena perbedaan tersebutlah cowok dan cewek punya reaksi yang berbeda-beda saat ada kejadian yang menerpa mereka. Misalnya, saat cowok berantem biasanya diselesaikan dengan ngajakin berantem musuhnya. Tapi, beda sama cewek. Cewek lebih cenderung menyimpan semua keluh kesahnya di dalam hati dan nggak langsung ngajakin berantem kayak cowok-cowok.

Soal hubungan percintaan? Jangan ditanya, cowok dan cewek beda jauh dalam hal sikap dan respons terhadap masalah. Dimulai dari PDKT, ngasih perhatian, ngasih kejutan, semua beda. Nah, kali ini Hipwee Boys akan membahas reaksi cowok saat putus dengan cewek, yang pastinya beda jauh dengan reaksi cowok saat putus dengan ceweknya. Apa saja sih yang terjadi dengan kehidupan cowok mulai dari awal putus hingga mereka move-on? Yuk, langsung disimak aja!

1. Minggu pertama saat putus, cowok akan lompat kegirangan dan menyibukkan diri bersama teman-teman, sedangkan cewek?

Main terus mas via www.roadtovr.com

Cowok akan mengalihkan perhatiannya kepada hal-hal yang selama ini dianggapnya asyik. Misalnya nongkrong bareng teman-temannya atau main playstation siang dan malam. Cowok akan melakukan aktivitas yang selama ini dikekang oleh ceweknya. Fase ini hanya bertahan selama bulan pertama. Cowok akan berada di fase euphoria dan merasa terbebas dari sebuah penjara yang selama ini mengekang kehidupannya.

Di sisi lain, minggu pertama setelah putus, cewek akan menjadi penyendiri dan jauh lebih murung. Tidak nafsu makan dan tidak mau kemana-mana. Di masa transisi ini cewek cenderung lebih menjadi pribadi yang tertutup dan tidak mau diganggu siapapun. Di fase ini cewek akan merasa menjadi manusia paling sakit sedunia dan merasa bahwa sudah tidak ada lagi hal indah yang bisa digunakan alasan untuk berbahagia.

2. Cowok mulai melakukan aktivitas untuk melupakan mantan, sedangkan cewek memang sudah mulai sepenuhnya lupa dengan mantannya

Advertisement

Jepajepajep via www.residentadvisor.net

Masa bulan kedua, cowok biasanya berada di dalam tahap denial, tahap penolakan pada kenyataan. Biasanya hal ini ditandai dengan aktivitas yang berlebihan. Contoh saja, cowok rela menghabiskan uangnya untuk hal-hal yang gak penting pada masa ini seperti misalnya clubbing, main biliar, air soft gun, dan lainnya hanya untuk melupakan rasa sakit yang diderita pas putus. Cowok rela mengeluarkan uang sebanyak-banyaknya hanya untuk mengobati lukanya, sebenarnya sih tetap kepikiran mantannya cuma dialihkan aja dikit, ya namanya juga cowok. Butuh pengalihan agar lukanya dapat disembuhkan.

Dibulan kedua cewek mulai tidak terlalu memikirkan kesedihannya. Dia mulai terbuka kembali terhadap teman-temannya, sudah mulai kembali menjadi dirinya sendiri walaupun belum 100 persen. Cewek sudah mulai menyadari sedihnya tidak boleh terlalu lama walaupun memang hatinya cukup terluka dengan semua ini. Masa lalu biarlah masa lalu!

3. Memasuki bulan ketiga cowok sudah mulai kelelahan dengan kegiatannya selama ini. Cewek mulai kenalan dengan orang baru

Duh, Abang lelah via sinarharapan.co

Rutinitas berkumpul bersama teman-temannya semakin berkurang, bosan mulai menghantuinya. Uang pun sudah semakin habis. Nah, saat di fase ini cowok akan teringat mantannya yang lalu. Memori-memori itu perlahan muncul di kepala, kejadian-kejadian saat masih bersama semakin muncul. ”Ah sial, kok muncul lagi sih? ‘Kan aku sudah lupain kamu!” pikir cowok.

Bagaimana kabar si cewek? Dia sudah happy tuh, berbahagia bersama teman-teman yang baru, berita baiknya si cewek mulai berani kenalan dengan cowok baru. Eiitsss, bukan berarti si cewek langsung mau dengan cowok baru ya. Tidak mudah buat cewek untuk mau menerima cowok ke hatinya lagi, butuh proses yang tidak singkat. Kalau untuk kenalan oke sih. Ya nggak?

4. Cowok bakal jadi diam, merenung dan nggak bisa banyak berkata akan terjadi pada bulan ke empat. Di sisi lain cewek sudah tak lagi galau

Diam seribu bahasa via fictionique.com

Cowok akan menjadi sangat pendiam di bulan ini, gairah untuk berkumpul bersama teman-temannya akan semakin berkurang. Diam tanpa alasan, di pikirannya hanya tentang ceweknya yang dulu menghiasi hari-harinya. Hari-hari yang dilaluinya akan semakin berat, detik tidak lagi menjadi detik, menit sudah tidak terasa seperti menit. Semua menjadi lebih lamban dari biasanya. Di fase ini cowok bakal dihantui rasa menyesal karena dulu dia tidak memberatkan dan mencegah kepergian ceweknya.

Apa kabar si cewek? Hati cewek sudah mulai terbuka terhadap cowok lain dong! Tidak ada lagi galau tidak ada lagi nangis-nangis setiap malam. Yang ada hanya kebahagiaan setiap hari karena ada cowok yang lebih menghargainya dibanding yang dulu. Cewek sudah mulai melangkah ke fase di mana dia berfikir bahwa mungkin saja putus dengan pacarnya terdahulu adalah sebuah hal yang memang harus terjadi, sudah jadi jalan hidupnya.

5. Bulan kelima cowok akan mencari cewek baru, sekedar mengobati saja. Tidak benar-benar niat

cewek baru nih via jolamble.com

Ini fase di mana cowok sedang merasa sakit-sakitnya. Namun, cowok tidak tinggal diam. Begitu tahu mantannya sudah ada yang deketin, dia langsung mencari pengganti si cewek dengan membabi buta. Niatnya sih nyari bukan karena cinta tapi sekadar cari kesibukan biar ada yang merhatiin aja. Hm, dasar cowok.

Cewek? Jangan ditanya. Sudah mulai ada rasa sayang tuh sama yang merhatiin dia dengan tulus. Di fase ini cewek sudah sepenuhnya lupa sama mantannya. Dia biasanya sudah sepenuhnya move-on dan mulai fokus untuk membangun hubungan baru yang bisa jadi jauh lebih serius dibandingkan dengan hubungan yang dia miliki sebelumnya.

6. Bagi cowok, bulan keenam adalah masa kangen-kangennya sama mantan. Kalau cewek sih di bulan ini sudah fokus sama pacar barunya

aku masih sayang kamu via theoohtray.com

Buat cowok, bulan keenam adalah bulan di saat dia bakalan kangen banget sama mantannya. Meskipun sudah punya cewek lain yang mendampingi saat ini, rasa kangen terhadap mantan tetap nggak bisa dihilangkan. Di masa ini, cowok bakal jadi pribadi nggak tahu malu dan kadang sampai nekat hubungin mantan.

Sementara itu di lain sisi, cewek sih santai-santai aja. Dia sudah ikhlas melupakan mantan dan meniti langkah baru dengan kekasih baru. Dia mungkin akan membalas saat mantannya menghubungi, namun bukan berarti masih cinta. Dia akan sudah tidak punya rasa apa-apa. Di fase ini cewek hanya ingin berteman dengan mantannya.

7. Bulan kedelapan adalah masa cowok mengenang dalam kesunyian. Buat cewek masa ini adalah masa dia (mungkin) sudah benar-benar malas urusan sama mantan

Pada masa ini cowok juga mulai menyerah untuk menghubungi mantan. Di masa ini cowok sudah sadar bahwa memang nggak ada lagi jalan yang bisa membuat mereka balikan. Namun, bukan berarti cowok sudah lupa dengan mantan. Di masa ini, cowok akan mengenang cewek dalam diam dan sunyi. Cowok bakal selalu ingat mantan dan menjalani hari-hari yang berat.

Di sisi lain, si cewek sudah bukan berstatus mantan lagi. Dia sudah benar-benar jadi milik orang. Sudah tidak ada lagi jejak-jejak dari cowoknya terdahulu. Dia sudah menjadi cewek idaman cowok lain. Dia sudah berubah menjadi pribadi baru yang memungkinkan dia untuk membuat cowok barunya lebih sayang.

8. Di bulan kesepuluh hingga kesebelas, cowok mulai ikhlas dan cewek mulai melupakan mantan sepenuhnya

Jalan yang kita pilih via www.bkreader.com

Ini adalah fase terakhir dalam putusnya sebuah hubungan. Antara bulan kesepuluh hinggap keduabelas, cowok akan mulai belajar ikhlas. Sudah mencoba untuk membuka jendela baru dari hatinya. Jika memang dia sedang punya cewek lain yang dijadikan pelarian, di masa ini cowok akan mulai belajar mencintai cewek yang saat ini ada disebelahnya. Dia akan menjadi pribadi yang lebih baik.

Di lain sisi, cewek akan sepenuhnya lupa dengan mantan di fase ini. Cowok masih punya sedikit ingatan tentang mantan meskipun sudah ikhlas, namun cewek bahkan mungkin nggak ingat sama sekali kalau mereka pernah bersama. Mantan sudah benar-benar terhapus dari memori cewek.

Itulah perbendaan kehidupan cowok dan cewek paska putus. Cowok dan cewek pasti sama-sama sakit saat putus, namun bagaimana mereka menghadapi rasa sakit benar-benar berbeda. Di sini kita bisa melihat bahwa cowok dan cewek adalah makhluk yang memang seharusnya saling melengkapi. Mungkin saja, pembahasan di atas ada yang kurang akurat. Kami membuka ruang seluas-luasnya untuk komentar dari para pembaca. Gimana menurut kalian?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya