Minggu ini, Internet sempat digegerkan dengan kasus seorang gadis yang sanggup membeli rumah dari hasil menjual 20 iPhone 7 yang harganya selangit itu. Yang unik dari kisah ini adalah fakta bahwa sang gadis mendapat barang dagangannya yang berupa iPhone 7 itu dari pemberian pacar-pacarnya.

Iya, gadis yang namanya disamarkan oleh media menjadi ‘Xiaoli’ ini dikabarkan berhasil merayu 20 orang pacarnya sehingga masing-masing dari mereka rela memberikan iPhone 7 yang mahal itu!

Kasus ini memang sangat unik. Banyak yang menghujat aksi Xiaoli. Berkata bahwa tindakannya memalukan. Namun, nyatanya kelakuan Xiaoli juga banyak yang memuji. Berkata bahwa dia punya otak bisnis yang tok cer dan Xiaoli wajib bangga. Bahkan media pun menyematkan kata ‘cerdik’ kepadanya. Kalau bicara soal bahasa, Xiaoli sendiri bahkan bisa diartikan “cerdas, cerdik dan menguntungkan”. Satu nama yang semakin menunjukkan bahwa dunia nyatanya mengapresiasi tindakan Xiaoli. Lucu memang, karena Xiaoli perempuan, banyak yang memujinya. Tapi coba deh bayangkan kalau yang melakukan itu adalah pria, mungkin — mungkin loh, ya — dunia akan mengutuknya!

Berasal dari keluarga pas-pasan, Xiaoli yang mengencani 20 pria sekaligus. Kalau cowok punya pacar sebanyak itu pasti dibully abis

Kalau cowok, pasti dikatain playboy! via postgradproblems.com

Lucu sih sebenarnya. Kalau melihat fakta di masyarakat, cowok-cowok yang dekat dengan lebih dari satu cewek pasti dikatain dengan sebutan playboy oleh cewek-cewek. Padahal konteksnya masih cuma ‘dekat’ loh, belum masuk pada taraf menjalin hubungan dengan banyak cewek.

Advertisement

Mulai dari dikatain sebagai cowok playboy, nggak tahu diri sampai dikatain sebagai cowok sok ganteng, cowok-cowok bakal dibully habis-habisan oleh masyarakat.

Hal ini berbanding terbalik dengan respon yang diterima oleh Xiaoli. Memacari 20 pria sekaligus, justru banyak netizen yang memberi komentar bernada salut dan mengapresiasi. Mereka memuji keberanian dan sifat independen Xiaoli yang berhasil menggaet 20 orang pria dalam satu waktu. Bahkan banyak juga yang (entah bercanda atau serius) kagum dan meminta Xiaoli untuk memberikan tips agar Xiaoli mau mengajari mereka cara menggaet banyak pasangan sekaligus.

Misalnya cowok yang minta beliin pacarnya, tetangga kiri kanan pasti pada komentar

Ada loh yang memuji… via cam-post.blogspot.co.id

Baru punya 20 pacar saja Xiaoli sudah dipuji karena keberanian dan keindependenannya, belum lagi ketika dia berhasil mendapatkan iPhone 7 yang harganya selangit itu. Dari 20 orang pria yang ia kencani, Xiaoli berhasil membuat masing-masing pria berusaha keras untuk membelikannya iPhone 7. Entah bagaimana cara yang dia lakukan, yang jelas cewek yang dinamai ‘Xiaoli’ oleh orang-orang ini sukses mendapatkan iPhone 7.

Mungkin, bagi kalian keberhasilan Xiaoli ini cukup keren. Ia bisa mendapatkan iPhone 7 yang harganya mahal itu tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Namun “kekerenan” itu sebenarnya bersifat double standard. Karena Xiaoli cewek, dia mendapat pujian atas pencapaiannya tersebut. Tapi jika yang mendapat hadiah berupa iPhone 7 itu adalah cowok, yakin deh komentarnya bakal banyak yang bernada negatif. Yang jelas kalimat “dasar cowok nggak tahu diri!” dan “malu-maluin aja jadi cowok!” pasti bakal sering didengar kalau cowok sampai minta iPhone 7 dari ceweknya.

Menjual barang pemberian pacar, Xiaoli justru dipuji memiliki otak bisnis. Aneh memang!

Malah dijual! via www.bellanaija.com

Yang lebih lucu lagi, menjual pemberian dari pasangannya, Xiaoli malah disebut memiliki otak bisnis yang cemerlang. Berhasil menjual 20 iPhone 7 dari 20 pria yang ia kencani, banyak netizen yang memuji kreativitas dan kejeniusan stategi bisnis Xiaoli. Dengan modal sesedikit mungkin, dia berhasil mengantongi cukup uang untuk membeli sebuah rumah untuk keluarganya.

Oke lah kalau itu adalah pemberian mantan. Menjualnya masih bisa dimaklumi dan diapresiasi demi menghilangkan kenangan masa lalu. Masalahnya, yang Xiaoli jual ini pemberian pria-pria yang statusnya masih jadi pasangannya! Alih-alih dibilang nggak tahu diri, Xiaoli justru dipuji memiliki otak bisnis yang mumpuni! Aneh kan?

Coba misal yang menjual pemberian pasangannya itu cowok, mungkin bukan pujian yang akan datang. Justru cowok bakal dicaci karena menyia-nyiakan pemberian pasangan!

Sebenarnya nggak masalah kalau kamu ada yang memuki kreativitas dan otak bisnis yang dimiliki Xiaoli, tapi pastikan pujianmu memiliki alasan yang tepat. Bukan karena Xiaoli adalah perempuan doang dan ketika yang melakukan aksi tersebut adalah cowok, kamu justru mencibirnya habis-habisan. Kalau memang ingin bicara soal kesetaraan, ya sudut pandangmu nggak boleh bias, dong.