Pernah mendengar sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa musik atau lagu bisa menjadi pemacu atas meningkatnya gairah saat bercinta? Mungkin ada benarnya juga, sebab banyak orang menganggap bahwa lagu merupakan media paling ampuh untuk memengaruhi mood setiap orang. Ketika kamu lagi “pengen” sedih, maka kamu dengan tanpa sengaja akan mendengarkan lagu-lagu yang bisa membuat air matamu keluar dari sudut gelap matamu. Ketika lagi butuh semangat di pagi hari, kamu akan memutar lagu yang agak up-beat agar semangatmu tumbuh. Dan sebagainya.

Ada satu hal yang menarik dari sebuah lagu dan kegunaannya. Biar kamu nggak salah memutar lagu ketika sama cewekmu, ada baiknya kamu baca ulasan berikut. Sebab ternyata menurut sebuah platform musik ternama menyatakan bahwa ada dua jenis lagu berbeda, yakni love song dan sex song. Nah, biar kamu nggak keliru dengerinnya sama cewekmu, simak perbedaannya berikut ini!

Secara harfiah pun kata love dan sex udah beda. Ya, meski kadang cowok suka bingung buat bedainnya

Plis, putar lagu romantis yang kamu paham liriknya aja, ya. via www.everafterdating.com

Secara bahasa atau harfiah, kata love (cinta) dan sex (seks—merujuk pada kegiatan seksual) sebenarnya sudah jauh berbeda, ya. Cinta, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti a (1) suka sekali; sayang benar. Sementara kata seks memiliki arti n (1) jenis kelamin; (2) hal yang berhubungan dengan alat kelamin, seperti senggama.

Jadi sudah jelas, bukan, kedua kata ini memiliki makna yang berbeda. Cinta lebih merujuk pada kata sifat (rasa), sementara seks merujuk pada kata kerja (aktivitas). Dengan begitu, love song berarti memiliki makna sebuah lagu yang diperuntukan sebagai pengiring perasaan cinta. Sementara sex song, untuk pengiring kegiatan seksual. Ya, meski cowok kadang susah buat bedain antara kedua kata ini. Hmm.

Biar jelasnya, ada dua media yang melansir beberapa lagu yang biasa diputar untuk kegiatan seksual (sex song) dan perasaan (love song). Kamu pernah dengar lagu ini?

Advertisement

🙁 via fanaru.com

Sebelumnya, pada tahun 2015 Glamour telah membuat daftar lagu yang diperuntukkan sebagai teman setia bagi sepasang suami-istri yang sedang berhubungan intim. Di urutan pertama ada lagu dari Boyz II Men dengan judul I’ll Make Love to You, disusul oleh My Heart Will Go On milik Celine Dion. Sementara di urutan tiga ada Whitney Houston dengan I Will Always Love You. Diana Ross dan Lionel Richie dengan Endless Love-nya, dan Bee Gees dengan How Deep Is Your Love, berada di urutan empat dan lima.

Sementara dikutip dari Heavy, Ellie Goulding dengan Love Me Like You Do berada di peringkat teratas sebagai love song favorit. Disusul oleh How Will I Know yang dibawakan Sam Smith, All of Me oleh John Legend, We Found Love milik Rihanna dan Calvin Harris, serta Unforgettable dari Nat King Cole dan Natalie Cole secara berurutan. Gimana kalau menurut kalian? Masuk akal nggak pengkategorian lagu tersebut?

Lalu di tahun ini, platform sekaligus music apps Spotify juga membuat dua daftar lagu untuk love song dan sex song

Tinggalkan semuanya, kecuali musik. Yeah! via macstories.net

Untuk love song, All of Me milik John Legend ada di urutan pertama. Stay dari Rihanna di posisi kedua, Not a Bad Thing dari Justin Timberlake ada di bawahnya. Disusul oleh Beyonce dengan Drunk in Love dan Say Something oleh Christina Aguilera di urutan keempat dan kelima.

Sementara untuk sex song, mereka mencantumkan Intro oleh The XX di peringkat teratas, yang disusul oleh From Eden milik Hozier. Lalu diikuti Menswear oleh The 1975, Magic milik Coldplay di urutan keempat, dan ada Disclosure dengan You & Me-nya. Tentu saja peringkat ini mungkin tidak sama dengan selera beberapa orang, tapi yang jelas itulah yang saat dikategorikan sebagai sex song terbaik.

Mari kita coba untuk bedah satu lagu dari aliran love song dan sex song dari Spotify. Biar kita bisa lebih jelas bedainnya gitu


Cause all of me
Loves all of you
Love your curve and all your edges
All your perfect imperfections
Give your all to me
I’ll give my all to you
You are my end and my beginning

Yup, udah jelas, bukan, maksud dari lagu All of Me dari John Legend ini? Si cowok dalam konteks yang romantis berharap si ceweknya untuk memberikan sepenuh hatinya, sebab si cowok ini sendiri akan memberikan semuanya pada ceweknya. Ini soal perasaan si cowok yang sedang kasmaran. Bahkan dia sampai nggak bisa berhenti bernyanyi. Bahkan si cowok ini juga menggoda si cewek dengan mengatakan bahwa dia (cewek) tetap cantik saat menangis. :p

Sementara untuk sex song dari Spotify yang bertengger di urutan pertama (Intro – The XX), kamu bisa menganalisisnya sendiri di sini:

Nah, kalau udah tahu bedanya begini, kamu harusnya sekarang udah bisa bedain dong, mana lagu yang tepat buat kamu dengerin pas lagi jalan atau pas lagi dinner bareng cewekmu atau sebaliknya, pas kamu sama istrimu mau berhubungan badan, eh malah dengerin lagu menye-menye. Kalau menurutmu sendiri gimana, Boys?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya