Pakaian yang keren adalah pakaian yang nyaman dipakai. Iya, iya.. Pasti kamu setuju sama pernyataan ini. Pada dasarnya cowok memang punya jiwa males ribet. Pakai kaos oblong sama celana jeans aja udah bahagia.

Eh tapi sesekali di acara-acara resmi, cowok juga perlu tampil elegan dan berkharisma. Ini adalah situasi yang membutuhkan penampilan memukau, bukan cuma buat membuat cewek-cewek terpesona, tapi juga menjaga citra baikmu di mata kolega.

Nah buat kamu yang belum ngerti, nggak apa-apa nih. Hipwee kasih tahu ya seluk-beluk yang mesti kamu jadikan pegangan buat jaga harkat dan martabatmu sebagai pria. Nggak nemu momen untuk dipake sekarang juga nggak apa-apa, setidaknya kamu tahu.¬†ūüėČ

Tuxedo sama suits apa bedanya?

beda lho, beda! via www.mytuxedocatalog.com

Suit atau setelan jas adalah pakaian resmi berlengan panjang yang digunakan di sebagai luaran kemeja. Disebut setelan jas karena biasanya dipakai sepaket dengan celana berbahan dan berwarna sama. Suit dipakai pada acara yang sifatnya resmi seperti pertemuan kantor atau acara yang bersifat bersifat seremonial.

Advertisement

Sementara tuxedo digunakan untuk acara-acara yang lebih resmi lagi seperti gala dinner, pesta, atau momen pernikahan. Pada umumnya, kerah tuxedo berbentuk shawl (melengkung), berbeda dengan notched-lapel yaitu kerah umum di jas. Kerah tuxedo terbuat dari satin yang mengkilap. Begitu pula dengan celananya, setelan celana tuxedo juga memiliki garis dari bahan satin yang sama. Ketika menggunakan tuxedo, wajib hukumnya pakai dasi kupu-kupu yang jadi pelengkap setelan. Tapi, saat memakai suit, tie adalah pasangan yang paling pas.

Sudah tahu kan? Nggak lucu banget kalau kikuk salah kostum cuma karena nggak ngerti suits sama tuxedo bedanya apa.

Kenali jenis jas dari jumlah kancingnya, beda jumlah beda kepribadian

single vs double breasted via www.businessinsider.com.au

Berdasarkan jumlah kancing, jas dibagi ke dalam dua tipe: single breasted dengan jumlah kancing tidak lebih dari 3, dan double breasted, dengan jumlah kancing bertumpuk yang tidak lebih dari 6.

Jas dengan tipe double breasted biasa digunakan untuk menimbulkan kesan maskulin dan konservatif. Sementara single breasted lebih populer jadi pilihan pria-pria masa kini yang ingin terlihat simpel namun tetap berwibawa.

Potongan di belakang setelan formal itu namanya vent. Kalau diperhatikan letaknya berbeda-beda

Vent adalah potongan di bagian belakang jas. Potongan ini tujuannya untuk memudahkan pergerakan badan dan membuat jasmu tidak kaku ketika kamu perlu bergerak lebih banyak. Ada jas yang tidak memiliki vent, ada jas dengan single vent yang potongannya terletak di tengah, dan double vent yang letaknya di pinggir kanan dan kiri.

Saku pun banyak ragamnya, masing-masing bisa menciptakan kesan berbeda

Sementara untuk saku, sebenarnya ada 5 model saku jas formal untuk pria. Namun untuk panduanmu yang susah membedakan, tahu dua macam saja sudah aman. Pastikan kamu mengenali tipe saku tanpa tutup (jetted) dan saku dengan tutup (flap).

Nah, setelah tahu bahwa jenis-jenis setelan formal pria itu berbeda, apakah kamu masih melihatnya sama saja? ;D