Untuk urusan badan, cewek emang lebih peduli ketimbang cowok. Kebanyakan dari mereka pengen badan yang ideal biar makin kelihatan menarik. Makanya, nggak sedikit yang berlomba-lomba mewujudkan tubuh yang ideal. Berbagai cara dilakukan agar berat badan mereka sesuai dengan yang diharapkan. Mulai dari diet ketat hingga melakukan olahraga secara rutin.

Seringnya, cewek merasa entah kenapa susah banget kalau pengen nurunin berat badan. Nggak cuma itu, berat badan mereka juga cenderung lebih cepat naik. Beda banget sama cowok yang kelihatannya gampang banget kurus tapi susah buat naikin berat badan. Suka bikin iri nggak sih? Nah, perbedaan ini nggak cuma hadir gitu aja. Ada beberapa alasan atau penyebab kenapa berat badan cowok lebih gampang turun ketimbang cewek. Penasaran? Yuk langsung dibaca aja!

1. Proses metabolisme tubuh cowok yang lebih tinggi. Jadi makanan yang masuk bisa diolah dengan optimal

Mungkin kamu sering bertanya-tanya, kenapa cowok yang walaupun makannya banyak, bahkan lebih banyak dari kamu, tapi badannya tetap segitu-gitu aja. Kamu yang makannya dikit berat badanmu nggak turun malah makin naik. Nah, salah satu alasannya adalah perbedaan proses metabolisme tubuh antara cewek dan cowok. Proses metabolisme cowok cenderung lebih tinggi. Sehingga semua makanan yang masuk mampu diolah dan dicerna dengan baik dan cepat.

2. Soal tekad nurunin berat badan, cowok mau menjalani diet lebih disiplin dan konstan

Dietnya lebih konsisten dan disiplin via editorial.designtaxi.com

Advertisement

Selain itu, masalah tekad untuk nurunin berat badan juga berpengaruh. Cowok, ketika sudah membulatkan tekadnya untuk menurunkan berat badan, mereka akan konstan hingga berat badan yang diinginkan tercapai. Meskipun memakan waktu yang lama, mereka tetap akan disiplin dalam menjalani diet. Berbeda sama kebanyakan cewek yang semangat nurunin berat badan hanya di awal. Ketika udah turun dikit, mereka mulai nggak konsisten menjalani diet. Akibatnya? Bukannya turun malah naik lagi berat badannya.

Tentu saja hal ini tidak berlaku bagi semua orang. Ada cowok yang tidak disiplin dan ada cewek yang disiplin. Hanya saja, kalau kita mau berbicara secara general, cowok memang lebih bisa disiplin jika dibanding cewek.

3. Beda sama cewek yang melampiaskan stresnya dengan cara makan, cowok cenderung melakukan aktivitas fisik

Lebih suka melakukan aktivitas fisik via www.lfitness.net

Dibandingin cowok, cewek lebih mudah tergoda sama makanan atau minuman enak. Nggak peduli kalau makanan itu bisa bikin badan makin melar, yang penting mereka terpuaskan dengan apa yang dimakan. Selain itu, stres yang dialami juga ternyata memengaruhi kenaikan berat badan. Mungkin kamu adalah salah satunya yang melampiaskan stresmu dengan cara makan sebanyak-banyaknya. Sedangkan cowok, mereka melampiaskan rasa stresnya lewat aktivitas fisik, seperti jogging, fitness, atau main futsal.

4. Kadar hormon testosteron pada cowok lebih banyak ketimbang cewek, makanya massa ototnya lebih banyak ketimbang lemak

Hormon testosteronnya lebih tinggi via dombobbie.com

Nah, ini mungkin adalah salah satu hal yang paling pasti, kenapa cowok lebih gampang kurus dan susah naik berat badannya ketimbang cewek. Secara alami, cowok lebih punya banyak hormon testosteron dalam tubuhnya. Hormon ini berpengaruh pada jumlah massa otot pada tubuh cowok yang tentunya juga akan lebih banyak ketimbang cewek. Semakin banyak otot yang terbentuk, tentu semakin banyak juga lemak dan kalori yang dibakar. Hasilnya? Jelas dong, cowok lebih cepat dalam urusan nurunin berat badan.

5. Lokasi penimbunan lemak juga berpengaruh lho sama penurunan badan. Perbedaan lokasi ini yang bikin cowok beda sama cewek beda hasil

Cowok pusat lemaknya di perut aja via www.cara-hidupsehat.com

Tempat menimbun lemak dalam tubuh juga berbeda antara cowok dan cewek. Pada tubuh cowok, lemak mereka cenderung terkumpul di bagian perut saja. Sedangkan wanita, lemaknya bisa terkumpul di beberapa tempat, seperti pinggul, paha, dan perut. Makanya dengan usaha yang sama, cowok akan lebih mudah menurunkan berat bedan. Hasilnya juga kentara. Sedangkan cewek harus melakukan usaha lebih untuk menghilangkan lemak yang ada di beberapa bagian tubuhnya.

Jadi udah kejawab ‘kan kenapa cowok lebih gampang kurus? Kamu nggak perlu iri. Ada beberapa alasan yang emang udah jadi bawaan tubuh cowok. Tapi lebih banyak alasan yang sebenarnya mampu kamu kejar. Kalau kamu emang niat banget pengen kurus bisa kok! Tetap semangat ya 🙂