Mau kamu terlalu males menyeterika baju atau enggak punya seterikaan, baju yang kelihatan kusut tentunya enggak pernah terlihat oke, kan?

Apalagi kalau kamu harus pakai baju tersebut buat nge-date sama pacar atau gebetan, presentasi di kelas, atau menghadiri wawancara kerja. Aduh, pakai baju yang kusut tentunya langsung bikin nilai kamu minus di mata orang-orang!

Tapi, memangnya bikin baju mulus bebas kusut harus pakai seterikaan? Enggak, tuh. Coba simak tips-tips berikut ini deh.

1. Enggak perlu ribet, karena kamu bisa pakai catok rambut

Catokan yuk bro. Catokin baju maksudnya. via i.ytimg.com

Pinjam catok rambut milik si kakak, si adek, si ibu, si pacar, atau malah si ibu kos sebagai ganti seterikaan. Sama-sama panas ini. Dan tahukah kamu kalau para wanita di tahun 60-an juga dulunya meluruskan rambut mereka pakai seterika? Jadi ya tinggak dibalik saja lah ya. Atau siapa tahu meskipun gak punya setrika kamu malah punya cathokan rambut, atas nama gaya rambut keren. 😀 😀

2. Pakai mesin pengering baju juga bisa, kok!

Advertisement

pake pengering bisa rapi juga kok bro via 4.bp.blogspot.com

Pernah memperhatikan nggak, kalau mesin cuci di rumah juga ada bagian yang untuk mengeringkan pakaian?

Caranya gampang kok. Kamu cukup cipratkan saja air di area yang berkerut dan atur pengering pada tingkat medium. Masukkan baju, nyalakan mesin, biarkan baju berputar di dalamnya selama 15 menit, beres deh!

3. Cukup ciprat-ciprat dan digantung, lalu bajumu bebas kusut, deh.

Angin-anginkan bajunya setelah diciprati air biar mulus via www.ikea.com

Syaratnya cuman satu: jangan malah kamu siram ya bajunya! Kamu cuman perlu cipratkan air secukupnya kok. Pastikan kalau bajumu sudah cukup basah atau lembab saja. Kemudian, gantung bajumu sampai benar-benar kering.

By the way, kamu juga bisa campurkan sedikit cuka ke dalam air, lho. Tapi cara ini agak riskan karena cuka bau dan malah bisa merusak jenis kain tertentu.

4. Semprotan penghilang kusut adalah jawaban atas keresahanmu, bro.

Cara kilat supaya baju bebas kusut via 1.bp.blogspot.com

Kalau kamu sedang belanja bulanan di supermarket, coba sempatkan mampir di rak-rak bagian rumah tangga deh. Cari semprotan penghilang kusut untuk pakaianmu. Cara pakainya super gampang: semprotkan saja ke pakaianmu dan haluskan selama kondisinya masih lembab atau basah.

Yang perlu kamu ingat adalah semprotan macam ini biasanya paling cocok buat kain katun. Kalau bajumu terbuat dari kain yang lebih rapuh seperti sutera, semprotan ini bisa meninggalkan bekas noda air di permukaannya.

5. Langsung gantung saja bajunya sehabis dicuci dan lihat hasilnya.

Jangan terlalu khawatir. Bajumu betah kok digantungin. via abeautifulmess.typepad.com

Begitu kamu selesai mencuci pakaianmu, segera keluarkan dari mesin (atau ember buat kalian para pencuci pakaian dengan kekuatan tangan), dan gantung. Cara ini memang enggak menjamin bajumu bakalan 100 persen bebas kusut, tapi level kekusutannya bisa diminimalkan.

Begitu bajumu kering, langsung gantung atau lipat dan disimpan di dalam lemari pakaian. Enggak kayak kamu, bajumu rela kok digantungin berlama-lama.

6. Ini cara yang paling sederhana dan terampuh untuk tetap punya pakaian mulus tanpa memiliki setrikaan. Laundry 😀 😀

laundry aja beres bos via parkwashanddry.com

Buat anak-anak kos, tidak perlu khawatir kalau gak punya setrikaan. Laundry aja bro. Murah, tau jadi, tau wangi. Lagian sekarang laundry ada di banyak tempat. Hampir semua gang ada laundry. Jadi, sebenernya sih kalian gak perlu repot-repot kalaupun kalian gak punya setrikaan. 😀 😀

Nah, ternyata gampang kan punya baju bebas kerut tanpa harus pakai seterikaan? Coba deh dan jangan lupa share hasilnya ya! Atau kamu puny acara lainnya?