“Rul, ini buat kamu…”
“Oh iya. Makasih, Ji”
“Ehm… Ntar abis pulang kuliah jalan yuk?”
“Gak usah. Aku mau keluar sama temen”

Dalam sejarah hubungan antara cowok dan cewek yang ada di Indonesia, yang sering diminta menjadi pihak yang berperan aktif dalam mengawali dan menginisiasi sebuah hubungan adalah cowok. Sejak PDKT, ngajak jalan, nembak sampai menjaga api asmara dalam hubungan tetap menyala, cowok diharapkan menjadi sosok yang bisa mengawalinya. Karena itu menjadi sosok seorang cowok di negara kita ini dituntut agar selalu kreatif dan inovatif.

Dalam urusan menjaga hubungan misalnya, cowok dituntut harus bisa jadi pihak kreatif yang mengawali setiap ajakan kencan hingga mengawali setiap kalian ingin chattingan. Cowok dituntut untuk selalu berusaha keras agar hubungan yang sedang dilakoni menjadi hubungan yang nyaman bagi si cewek. Bukan masalah sih memang. Toh itu sudah tugas cowok untuk membahagiakan wanita. Hanya saja, akan beda lagi jika segala usaha yang dilakukan cowok kurang mendapat apresiasi. Alih-alih hubungan jadi semakin bahagia, yang ada malah cowok punya kemungkinan untuk mencari bahagia di hati yang lainnya.

Ini masalah harga diri. Usaha tak dihargai sama dengan disepelekan dan itu bikin cowok panas hatinya

Harga diri, men!!! via heroes-get-made.tumblr.com

Kamu pasti tau jika cowok adalah makhluk yang penuh harga diri. Hal itu bisa dibuktikan dari betapa egoisnya cowok dalam hal menerima bantuan dari orang lain. Pun demikian dengan betapa cowok tak pernah mau kelihatan lemah di mata orang yang ia sayang. Itu juga merupakan bukti bahwa cowok punya harga diri yang tinggi. Meski memang dalam urusan cinta, biasanya cowok tak mempedulikan soal harga diri, namun urusannya beda jika ternyata dia sadar bahwa usahanya tak dihargai.

Advertisement

Selain merasa marah dan kecewa, cowok juga bakal merasa harga dirinya diinjak-injak kala ia tau bahwa setiap usahanya tak dihargai. Lha wong harga diri kami direndahkan sedikit saja cowok bakal marah, apalagi jika melihat usaha kami dipandang sebelah mata. Jadi jangan salahkan cowok juga jika akhirnya banyak cowok yang selingkuh karena merasa usahanya tak mendapat apresiasi yang layak. Kami akan mencari sosok yang bisa memandang usaha kami selaras dengan menghormati harga diri kami.

Rasanya sakit saat usaha gak dihargai. Kala cowok merasa tak dihargai, jangan salahkan jika kami pindah ke lain hati

Padahal udah berusaha ngomong baik-baik via quotesgram.com

Bayangkan betapa sakitnya perasaanmu dan betapa terlukanya hatimu saat kamu tau bahwa orang yang kamu sayangi ternyata selingkuh dibelakangmu. Gimana rasanya? Tentu sakit. Pun demikian juga dengan cowok. Makhluk sok kuat ini juga merasa sakit hati saat tau bahwa dia diselingkuhi dan bagi cowok, usaha yang tak dianggap itu menimbulkan rasa sakit hati yang sama dengan saat kami tau bahwa kami diselingkuhi!

Kenapa? Karena fakta sudah berbicara bahwa ketika cewek tak menghargai usaha keras cowok untuk membuatnya bahagia itu artinya si cowok tak lagi dicinta. Selingkuh itu tanda bahwa si cewek juga sudah tak lagi mencintai cowoknya. Sama kan? Oleh karena itu kami sebagai makhluk yang tak mau terlihat kalah juga akan membalasmu dengan hal yang sama. Karena kami memandang usaha kami yang tak dianggap itu sama sakitnya dengan diselingkuhi, maka jangan salahkan jika kami juga memilih pindah ke lain hati!

Saat kami sadar usaha kami tak dihargai, tentu kami bakal mengalihkannya kepada cewek yang lebih layak diusahakan

Ngitung untung-rugi via www.huffingtonpost.com

Yah, namanya juga cowok. Kecenderungan cowok untuk berpikir menggunakan logika juga menjadi alasan kenapa cowok tak mau rugi. Sama seperti prinsip ekonomi dimana pihak penjual tak ingin merasakan rugi, cowok juga berpikir bahwa harus ada hasil nyata yang bisa kami lihat, dengar atau rasakan setiap kami melakukan sesuatu. Termasuk saat kami memperjuangkan cinta dengan memberikan segala yang kami mampu kepada kamu.

Jika setelah kami mengusahakan segalanya bagi kamu tapi usaha kami malah dipandang sebelah mata, jelas saja sebagai makhluk yang logis kami akan memilih untuk pergi. Karena kami adalah makhluk yang tak mau rugi, daripada berusaha keras untuk memberikan segalanya untuk cewek yang gak tau diuntung seperti itu, mending kami mencari tambatan hati baru yang bisa menghargai setiap jerih payah usaha yang kami lakukan. Untuk itu, tolong jangan salahkan kami apalagi sampai ngatain kami sebagai cowok yang gak mau berjuang, kalau kami memilih untuk pergi kerena usaha kami gak pernah kamu hargai!

Bukan bermaksud untuk menyudutkan cewek dan meminta cewek untuk menghargai setiap usaha cowok buat deketin kamu. Namun ketika cowok yang sudah jadi pasanganmu mau dan telah berusaha keras agar kamu bahagia, tolong jangan membuat dia berpikir bahwa usahanya sia-sia. Tolong lebih memahami usaha yang dia lakukan tersebut. Sebagai cowok yang notabene makhluk logis dan gak mau rugi, kalau kami merasa tak dihargai, buat apa melanjutkan hubungan seperti itu? Memilih tambatan hati lain yang lebih mau menghargai jelas akan kami lakukan.