“Rul, kamu kenapa kok diem terus?”
“Gak papa kok, Ji”
“Oh… Ya udah. Aku tinggal futsal, ya?”
“Terserah…”
“Oke… Aku berangkat dulu, ya…”
“KAMU TUH GAK PEKA!!!”
“Lah??? Saya salah apa???”

Sudah bukan rahasia lagi jika banyak cewek yang menganggap bahwa cowok itu makhluk yang paling gak peka sedunia. Pandangan sebagai makhluk tak berperasaan karena tak tau apa maksud hati seorang wanita juga sering banget disematkan buat pria. Apa yang cewek mau, kalau mereka gak bilang secara ikhfa’ (jelas dan terang), cowok gak bakal tau.

Namun kamu harus tau, sejatinya gak peka itu udah jadi kodrat cowok dari dulu. Bukan berarti kami gak pingin berubah dan peka atas semua mau kamu, tapi apa mau dikata. Tuhan sudah berkehendak kami jadi gak peka~

Sedari lahir, kami tak pernah dibiasakan berkomunikasi dengan perasaan. Apa yang kami mau ya dikatakan dengan terus terang

Terserah lah lu mau ngomong apa~ via afashiony.com

Sedari dulu, cowok gak pernah sekalipun dibiasakan untuk berkomunikasi pakai perasaan. Kata Ayah dan Ibu dulu, cowok itu harus tegas! Gak boleh lembek! Pun demikian dengan saat kami harus mengutarakan apa yang kami mau. Ayah sama Ibu dulu melarang kami untuk bilang ‘terserah’. Kami mau apa ya bilang saja terus terang. To the point. Tanpa ada imbuhan hal-hal yang malah bikin orangtua bingung dengan mau kami. Itulah sebabnya kami gak bakal pernah paham saat ada cewek yang suka main kode. Mohon maaf ya kalau kami tak mengerti apa maumu saat kamu diam membisu seperti itu.

Sejak kecil kami tak dibiasakan untuk mengumbar emosi. Saat dewasa kami jadi tak bisa cepat tanggap saat menghadapi cewek yang kalau bicara ngikutin emosinya

Advertisement

Ngomong paan sih?! via papasemar.com

Demikian juga dengan larangan Ayah dan Ibu kami untuk mengumbar emosi. Cowok itu harus kuat! Gak boleh menye-menye! Cowok juga dilarang keras untuk nangis dan mengumbar apa yang apa dalam hatinya. Saat kami masih kecil dulu, kesedihan atau hal-hal yang bersangkutan dengan emosi harus dipendam dalam-dalam. Nah, karena kami tak terbiasa untuk mengumbar urusan perasaan, saat sudah dewasa kami jadi kesusahan untuk menangkap maksud omongan cewek yang penuh dengan perasaan. Ya mohon dimaklumi ya saat kami jadi bego ngadepin omonganmu~

Sejak lahir, cowok memang cenderung cuek. Dari situ cowok juga rada malas buat ngerespon kode yang kamu berikan

Cowok asik sendiri via www.cosmopolitan.com

Ini adalah hal yang sudah jadi ciri khas kebanyakan cowok. Kebanyakan cowok adalah makhluk cuek yang seakan tak mau tau dan tak mau ribet dengan urusan orang lain. Saat kami dihadapkan dengan urusan ribet harus menebak apa yang kamu mau, ya jelas cowok-cowok cuek ini bakal malas. Ya namanya juga cowok cuek. Kami terlalu cuek untuk bisa memahami apa yang kalian mau tanpa kalian bilang terus terang. Saran saja ya, kalau menghadapi cowok cuek, sebaiknya kamu ngomong saja terus terang. Apa yang kamu mau utarakan saja kalau gak mau marah dan makan ati nantinya. Hehe

Cara berpikir cowok yang 80% berisi logika juga membuat cowok rada gak peka sama apa yang kalian minta. Maklum lah, cewek kan 80% pakai perasaan

Sistematis via www.huffingtonpost.ca

Perbedaan cara berpikir cowok dan cewek juga bisa jadi alasan kenapa cowok susah buat peka dalam urusan memahami apa yang dimau oleh wanita. Cowok adalah makhluk yang sangat mengandalkan logika saat berpikir. Saat berkomunikasi dengan orang lain, cowok cenderung berpikir secara sistematis agar lawan bicara mudah memahami maksudnya. Berbeda dengan cewek yang menggunakan 80% perasaan. Ada unsur malu, sungkan, marah hingga bahagia saat mereka berkata-kata. Yah, kalau keduanya dipertemukan, sudah pasti cowok bakal kesulitan. Susah juga kan buat cowok yang sistematis ini memahami sesuatu yang gak logis menurut logika kami~

Alasan terakhir adalah alasan asal aja dari cowok. Kami gak peka karena kami terlalu lelah menebak apa yang kalian suka. Akhirnya ya pasrah aja~

Cowok gak peka bisa jadi karena kami terlalu malas untuk berusaha jadi peka. Kenapa kami malas? Alasannya sederhana. Karena sedari dulu kalian, para cewek, terus mencecar kami dengan kode-kode dan omongan yang kami tak tau maksudnya seperti apa. Lama-lama kami jadi malas kalau harus menghadapi kode-kode kalian tersebut. Karena memang kami susah untuk memahami kalian, meski dipaksa juga gak bakal bisa. Akhirnya ya kami memutuskan untuk pasrah aja. Mau dibilang gak peka ya gak papa.

Yah, mohon maaf juga kalau kami gak peka. Mau gimana lagi, dunia cowok dan dunia cewek memang berbeda. Mau mencoba menyatukannya juga susah. Hehe