Siapa sih yang nggak ingin sukses dalam dunia asmaranya? Semua orang pasti pengen. Keinginan buat membina rumah tangga yang langgeng seringnya menjadi pemicu banyak orang untuk jadi selektif dalam memilih pasangan. Namun pertanyaannya, apakah cowok memang melakukan seleksi seketat itu?

Seringnya cewek-cewek kurang begitu memahami sebenarnya tipikal istri idaman itu seperti apa. Berdasarkan pengakuan dari beberapa cowok di bawah ini, ternyata kriteria calon istri memang terlihat banyak sekali macamnya. Namun kalau diperhatikan, kriteria yang diinginkan cowok sebenarnya sangat sederhana! Coba simak uraian Hipwee Boys berikut ini yang siapa tau bisa ngasih pencerahan buat cewek-cewek yang lagi ngincer jadi istri orang!

1. Yang penting seiman, semua jadi terasa mudah jika menjalani dengan yang seiman

Ciye nikah! via id.pinterest.com

Ternyata hampir sebagian besar cowok sangat mementingkan ini, lho! Mereka mengaku untuk menseriusi seorang wanita, ya harus seiman. Kepercayaan adalah hal yang penting dan berpengaruh pada bagaimana kita menjalani hidup. Agama dan kepercayaan banyaknya dipakai sebagai pedoman untuk mengatasi berbagai permasalahan dan sebagai petunjuk arah kemana kita akan melangkah. Selain itu, kenapa cowok ingin punya istri seiman adalah karena keluarga, aturan agama, dan norma yang berlaku di masyarakat.

Bisa disembelih emak gue kalo nggak seiman!

-Tyo (24), Jurnalis

Advertisement

Nggak mungkin sih kalau nikah nggak seiman, sama aja nggak nikah.

-Dhir (27), Pengusaha

2. Bisa menutupi kekurangan satu sama lain. Saling melengkapi, bukan saling menyalahkan

Kalau aku fals, kamu yang nyanyi ya! via www.lovepanky.com

Nggak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Cowok juga menyadari itu. Makanya beberapa cowok juga lebih prefer cewek dengan sikap yang bisa menerima dia apa adanya tanpa menuntut dan menyalahkan. Menuntut sesuatu yang nggak dipunyai pada cowok bagi mereka adalah hal yang menyakitkan, karena cowok akan merasa tidak bisa memenuhi keinginan pasangannya dan akan merasa kecewa pada dirinya sendiri. Sehingga bisa saling menutupi kekurangan satu sama lain adalah tipikal cewek yang dibutuhkan cowok dalam membangun suatu rumah tangga.

Karena dengan saling menutupi kekurangan satu sama lain, kita bisa saling membangun dan melengkapi, sederhana aja

-Billy (23), Freelance Fotographer

3. Harta rata-rata bukan masalah buat cowok. Cewek yang nggak matre pun punya nilai plus

Cinta dalam kesederhanaan via oldsite.rentabikevn.com

Harta bagi cowok merupakan sesuatu yang masih bisa diusahakan bersama. Cewek nggak perlu dari kalangan orang kaya untuk dijadikan istri. Tetapi di sisi lain cowok juga nggak berharap cewek punya sifat yang matre. Cewek yang bisa bertahan dalam kondisi keuangan yang susah sekalipun adalah kriteria istri idaman.

Harta nggak masuk kriteria karena bisa diusahakan sama-sama untuk kelangsungan hidup ke depan. Cewek sekarang juga sudah pintar kok, bisa bedain mana lipstik 5ribu dan 50ribu. Hehehe

-Muktadir (27), Wiraswasta

Gue nggak mau calon yang matre karena gue sadar pendapatan gue, ya lo tau lah jurnalis.

-Tyo (23), Jurnalis

4. Punya tujuan hidup yang jelas, punya prinsip, tapi nggak terlalu memaksakan dan bisa toleransi sama suami

Hidup nggak pernah redup, meskipun sudah senja via www.modernfilipina.ph

Cowok ternyata juga mempertimbangkan bagaimana isi kepala cewek, lho. Cewek yang punya prinsip dan tujuan hidup yang jelas jadi nilai plus. Cowok menganggap cewek seperti ini adalah cewek cerdas yang tahu persis sebab akibat yang sedang atau akan dia lakukan. Sehingga cewek yang begini diharapkan bisa bekerjasama untuk membangun hidup yang berkualitas kelak untuk suami dan anak-anaknya. Tapi nggak juga harus yang saklek atau memaksakan ideologi. Cowok paling nggak suka didikte dan dipaksa. Meskipun punya sebuah pemikiran sendiri, cewek yang lebih disukai cowok adalah yang tidak ambisius dan bisa bertoleransi.

Menikah ya menikah, soal tujuan hidup jangan berhenti. Aku males punya pasangan yang nantinya ngeluh “ahhh coba aku bisa ini itu, udah ada anak-anak jadi susah”. Harusnya kalau udah punya anak passion tetep jalan, anak juga dibebasin untuk mencari passion walaupun nggak sama. Kan seru liat orang tua dan anak sama-sama sukses meskipun di bidang berbeda.

-Ryan Mubaraq (24), Mahasiswa

Punya ideologi tapi jangan dipaksakan, punya prinsip tapi bisa toleransi, pemikirannya terbuka dan luwes. Janganlah nyuruh-nyuruh dan dikit-dikit nge-judge ke suaminya. Jangan juga emosional, yang sabar. Cewekku suka emosi soalnya.

-Bobby (24), Seniman

5. Nggak munafik, cowok tetep mempertimbangkan soal fisik. Ini bisa dibilang wajar buat cowok sebagai makhluk visual

Minimal Sandra Dewi deh! Ehee via magazine.brandoutlet.co.id

Penampilan juga tetap jadi kriteria istri buat para cowok. Cowok sebagai makhluk visual menyadari cantiknya cewek itu bisa jadi kebanggaan tersendiri dan yang jelas bikin cowok lain iri. Inilah kenapa cowok suka kesengsem pada pandangan pertama dan kebanyakan rela berjuang keras demi mendapatkan cewek yang paling bening.

Aku nggak mau munafik, kalau secara manusiawi yang ingin kujadikan istri ya yang good looking. Cuma selain itu ya dari wataknya. Apalagi kalau bisa masak, wah!

Wildan Aka (24), Pejuang Cinta

Kalau dilihat dari jumlah, memang kriteria yang diinginkan cowok itu sepertinya banyak sekali. Namun kalau kamu bisa mengambil garis besarnya, sebenarnya apa yang di mau cowok sangatlah sederhana, seiman, sejalan, dan punya moral yang baik. Seiman dan sejalan memang hal yang tak bisa ditawar bagi banyak orang. Namun, di bagian lain, asalkan cewek jadi orang yang punya moral baik, pasti bisa membuat cowok jatuh hati. Iya, wanita bermoral baik pastinya nggak matre, punya tujuan dan prinsip hidup, bisa diajak kerjasama karena nggak selalu merasa benar, dll. Jadi, jika dilihat secara garis besar, apa yang diinginkan oleh cowok itu nggak banyak. Seiman, sejalan, baik. Sudah!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya