Bagi anak yang lahir tahun 90-an, medio 2000-an adalah masa yang paling menyenangkan. Nggak kayak anak sekarang yang sejak kecil dijejali gadget, kita (anak 90-an) pada waktu itu hanya cukup bermodal bola, layang-layang, atau bahkan kapur untuk memberikan garis-garis permainan.

Panutan kita pada masa itu paling beberapa superhero lawas, pemain bola kalau tidak pemain band. Bagi yang punya impian untuk jadi pemain band, gitar pasti menjadi salah satu alat musik yang paling diminati. Pastinya, ada banyak anak muda yang belajar bermain gitar dengan menggunakan lagu hits pada masa itu sebagai medianya. Nah kali ini Hipwee Boys bakal ngajak kamu, khususnya anak 90-an, bernostalgia dengan lagu-lagu yang pernah jadi bahan belajar memainkan gitar. Kira-kira kamu masih ingat nggak? Yuk langsung digeser aja!

1. ‘Mimpi Yang Sempurna’ – Peterpan

Sebelum berubah jadi Noah via peterpanband.files.wordpress.com

Em C G

Aku kan menghilang

D

dalam pekat malam

Em C G D

Lepas ku melayang

Em C G

Biarlah ku bertanya

D Em

pada bintang-bintang

C G

Tentang arti kita

D

dalam mimpi yang sempurna…

Hipwee Boys yakin Peterpan cukup legendaris buat mereka yang pernah jadikan lagu ini sebagai lagu belajar gitarnya. Nggak susah kok. Cukup Em-C-G-D. Kalau udah agak jago, kamu pasti pernah ngulik melodinya juga ‘kan? Hihihi

2. ‘Sweet Child ‘O Mine’ – Guns ‘N Roses

Advertisement

Guns ‘N Roses via www.amplifiedclothing.com

C9 G D

Oh oh, sweet child of mine

C9 G D

Oh, oh, oh, sweet love of mine…

Sebelum tertarik dengan isi lagunya. Kita pernah tertarik dengan bagaimana memainkan melodi di bagian intronya. Pokoknya, ada kebanggaan tersendiri kalau bisa main melodi itu. Setingkat di atas amatir~

‘Andai’ – Gigi

C E7

Andai…ku tak membuang dirimu

F Am G

menjadikan yang kedua atas cintaku

C E7

Janganlah…keterpurukanku ini

F G

membuat kau membenciku selamanya dan membunuhku

Terlepas dari lagunya yang memang enak secara keseluruhan, ada bagian yang pernah jadi bahan belajar gitar anak 90-an pada masa itu. Apalagi kalau bukan bagian intro sampai jelang reff. Petikannya itu lho. Bikin adem siapa saja yang mendengarkannya~

‘Mungkinkah’ – Stinky

Stinky via stinkyband.com

C F

Mungkinkah kita kan slalu bersama

Dm C G

Walau terbentang jarak antara kita

C F

Biarkan kupeluk erat bayangmu

Dm C G

tuk melepaskan semua kerinduanku, oh…

Lagu yang agak tua sih. Vokalisnya juga sekarang udah jadi pelawak. Lagu ini mungkin bakal lebih asing buat anak yang lahir 90-an akhir, tapi sebaliknya buat anak yang lahir di awal 90-an.

‘Anugerah Terindah’ – Sheila On 7

Pada zaman dulu via data.whicdn.com

G C

Melihat tawamu Mendengar senandungmu

Em C

Terlihat jelas di mataku warna-warna indahmu

G C

Menatap langkahmu Meratapi kisah hidupmu

Em

Terlihat jelas bahwa hatimu

C

Anugerah terindah yang pernah kumiliki

Kata orang-orang sih lagu inilah lagu yang paling gampang buat dimainkan. Ya, memang sih. Wong cuma dua kunci doang yang dibutuhkan buat bisa mendendangkan lagu ini.

‘Like A Stone’ – Audioslave

Beuhhh enak nih via images.coveralia.com

Am C G Am

In your house I long to be

Am C G Am

Room by room patiently

F Am

I’ll wait for you there

G Am F Am

Like a stone I’ll wait for you there

E

Alone

Buat anak-anak yang kupingnya nggak tertutup sama musik luar, chords lagu ini pasti pernah menghiasi batang gitarmu. Nggak terlalu susah juga chords-nya.

‘I Miss You But I Hate You’ – Slank

Slank via klikklip.com

Em A D

Banyak pulsa untuk menelpon kamu

Em A D

Banyak pesan yang aku tinggalkan

Em A D Bm

Tapi di mana kamu aku nggak tahu

Em A D G D

Jarang di rumah kebanyakan di jalan

Bagi kamu yang kesengsem pada Slank, lagu ini pasti pernah jadi bahan belajar main gitar kamu. Asik banget dah pokoknya. Intronya juga nggak susah.

‘More Than Words’ – (versi) Westlife

Westlife via data.whicdn.com

G Cadd9

Saying I love you is

Am7 C D G

not the words I want to hear from you

G Cadd9

It’s not that I want you

Am7 C D Em

not to say but if you only knew

Bm7 Am7

Ho-ow ea-sy

D G D/F# Em

It would be to show me how you feel

Bm7 Am7 D7 G7

More than words is all you have to do

G7 C

To make it real

C Cm G

Then you wouldn’t have to say

Em7

That you love me ‘cos

Am7 D7 G

I’d already know

Kalau lihat kunci di atas, kayak yang susah ya? Padahal mah nggak kok kalau udah dimainin. Lagu ini cocok banget buat menggombali cewek. Tsah. Oiya, untuk informasi, lagu ini sebenarnya lagunya Extreme. Namun digarap ulang dan dijadikan hits favorit Westlife. Jadi jangan salah bilang kalau lagu ini ‘punya Westlife’, tapi ‘versi Weslife’. K?

Lagu apalagi sih yang sering dijadikan media pembelajaran oleh anak-anak generari tahun 90-an untuk belajar gitar? Yuk, dibuka halaman selanjutnya!