Perdebatan mengenai siapa yang membayar saat lagi jalan bareng pacar seakan tak ada habisnya. Bagi sebagian orang, cowoklah yang seharusnya bayarin. Walaupun masih berstatus pacaran, tapi bagaimanapun juga stereotip cowok adalah yang memikul tanggung jawab, termasuk untuk urusan bayar membayar. Namun, sebagian lainnya berpendapat berbeda. Menurut mereka, nggak masalah kok kalau ceweknya mau bayarin. Hubungan yang dijalani ‘kan berdua, jadi semuanya harus dipikul sama-sama.

Tapi sebenarnya, apa sih yang cowok rasakan saat akhirnya harus dibayarin ceweknya? Hipwee Boys merangkum beberapa pendapat cowok yang mengungkapkan perasaan sebenarnya mengenai fenomena ini. Penasaran? Yuk, disimak langsung aja!

1. Sebenarnya nggak ada aturan tertulis bahwa cowok wajib bayarin semuanya

Nggak ada kewajiban cowok buat bayarin via shienelopez.wordpress.com

Sebenarnya kalo menurutku pribadi sih, cowok selama pacaran tuh nggak ada kewajiban buat bayarin makan atau beliin sesuatu. Tapi, nggak ada salahnya juga buat cowok lebih sering ngebayarin, itung itung belajar jadi orang yang cari duit buat keluarganya besok. #aisedaaap – Acil (24), Penyiar Radio

Benar juga sih. Selama pacaran, sebenarnya nggak ada kewajiban sama sekali sebagai cowok untuk bayarin makan, tiket nonton, atau membelikan sesuatu. Beda kalau sudah menikah karena memang tanggung jawab ada di pundak cowok sebagai kepala keluarga. Tapi, nggak ada salahnya juga untuk lebih sering bayarin, sekalian belajar jadi orang yang bertanggung jawab untuk keluarganya kelak.

2. Komunikasi jadi yang paling penting dalam sebuah hubungan. Termasuk soal bayar membayar ini

Advertisement

Obrolin baik-baik via www.lovepanky.com

Buatku nggak masalah, asal tahu diri aja. Nggak melulu minta dibayarin, dan dari awal diobrolin gimana dealing sama pacar untuk masalah pengeluaran uang. Yang penting komunikasi dan pengertian satu sama lain. – Diki (29), Pemain Band

Komunikasi memang jadi salah satu faktor paling penting dalam sebuah hubungan. Termasuk juga mengenai urusan bayar membayar ini. Nggak ada salahnya dibicarakan baik-baik dari awal tentang dealing sama pacar untuk masalah pengeluaran uang. Kalau sudah mendapatkan kata sepakat, menjalaninya akan sama-sama enak. Lumayan jadi belajar bagaimana berdiskusi sama pasangan tentang mengatur pengeluaran saat sudah berumah tangga nanti.

3. Sebenarnya sih senang-senang aja dibayarin, apalagi kalau lagi bokek. Tapi cowok itu adalah makhluk Tuhan paling gengsian!

Nggak enak sih, tapi gengsi ah kalo dibayarin via blog.bukalapak.com

Suka nggak enak sebenernya kalau lagi nonton, makan atau jalan terus dibayarin pacar. Sukanya ya kalau memang benar-benar nggak ada duit atau dompet ketinggalan, itu ngebantu banget! Nggak sukanya, simpel, cowok itu gengsinya gede banget, jadi pas dibayarin ya bakal ngerasa harga diri turun lah, jadi orang paling kasihan sedunia lah, paling lemah lah dan lain lain. Padahal mah, nggak punya duit ya nggak punya duit aja. Lagian rejeki nggak boleh ditolak juga kan? Hahaha.. – Aryo Bagus (26), News Anchor

Jujur saja, sebenarnya nggak enak kalau dibayarin pacar. Walaupun itu sangat membantu, apalagi kalau memang lagi bokek dan kebetulan si pacar lagi ada uang. Tapi, tahu sendiri ‘kan kalau cowok itu gengsinya gede banget. Jika sedang ada di posisi ini, rasanya harga diri turun dan seakan jadi cowok paling nggak berarti sedunia. Tapi mau bagaimana lagi, rejeki ‘kan nggak boleh ditolak?

4. Sekarang aku, besok kamu. Deal?

Kemaren dia traktir makan, berarti kali ini aku yang bayarin nonton via www.fandango.com

Tergantung. Kalau malu, pasti. Tapi biasanya suka gantian. Kalau kemarin sudah dia, sekarang gantian aku. – Kamal (27), Mahasiswa S2

Berbeda lagi dengan pendapat yang satu ini. Menggunakan prinsip bergantian. Kalau kemarin dia sudah bayarin, berarti di pertemuan berikutnya giliran aku yang traktir. Mungkin ada di antara kamu yang begini juga?

5. Siapa yang paling anti dibayarin cewek? Sebisa mungkin harus bayar duluan

Wajib bayar duluan via blog.bukalapak.com

Kalo aku paling anti dibayarin cewek. Sebisa mungkin bayar duluan. Nggak tahu kenapa, kayaknya cowok itu hukumnya wajib untuk bayarin. Tapi kalo si cewek maksa, ya boleh deh sekali-sekali, kalo nggak bikin kesepakatan dulu. – Zam (27 th), Station Manager

Ini dia tim yang paling anti untuk dibayarin sama cewek. Sebisa mungkin harus bayar duluan, karena entah kenapa punya perasaan bahwa cowok itu wajib hukumnya untuk bayarin. Baru kalau si cewek maksa, boleh deh sekali-sekali, atau sesuai kesepakatan.

6. Atau, ada juga yang menganut prinsip patungan. Kalau dia yang bayarin makan, aku bagian bayar tiket nontonnya

Patungan bayar via www.justjared.com

Biasa aja. Karena the next dating, bisa aku yang gantian bayarin. Selama ini sih kalau dibayarin nonton, nanti yg bayar makan aku. Jadi pada intinya yang paling sering adalah saling bayarin. Entah aku bayar makannya doi bayar nontonnya; aku bensinnya doi bayar tiketnya. Kalau ditanya malu apa nggak? Nggak sih Sama-sama tahu aja karena kebutuhan finansial masing-masing beda. Jadi nggak harus full ditanggung sama si cowok ketika ada sesuatu yang sedang membutuhkan budget. – Jofan (27), Karyawan BUMN

Jadi, sebenarnya, pendapat cowok pun berbeda-beda mengenai siapa yang harus membayar saat sedang jalan berdua. Ada baiknya kamu tanyakan atau bicarakan baik-baik mengenai hal ini. Agar nantinya tak ada salah paham dari kedua belah pihak.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya