Mungkin kalau ditanya soal cantik, orang Indonesia akan mengatakan bahwa cantik itu Dian Sastro. Wajar sih. Dalam satu dekade terakhir, mbak Dian Sastro adalah icon dan figur cewek cantik bagi masyarakat kita. Tapi bagaimana dengan kasus siapa sih yang disebut cantik pada era ayah-ibu kita — atau bahkan era kakek-nenek kita? Mereka pasti punya jawaban sendiri soal siapa figur cantiknya. Halah, jauh-jauh ke ayah-ibu. Coba deh tanya adikmu yang lahir tahun 2003 ke atas. Cewek cantik versi mereka pasti juga beda.

Mengutip KBBI, definisi cantik itu elok; molek (tentang wajah, muka perempuan). Iya, karena yang dipakai standar untuk mendefinisikan cantik adalah ‘muka’ dan ‘wajah’ yang notabene adalah fisik dan fisik pasti akan terus berubah seiring berjalannya waktu, artinya bisa juga kita simpulkan bahwa definisi cantik itu tak akan pernah sama setiap waktunya. Nggak percaya? Di bawah ini ada gambar wanita-wanita yang disebut cantik pada masanya. Dari situ kamu bakal sepakat kalau cantik itu bukanlah sebuah kepastian.

1. Kembali jauh ke Victorian Era, yang namanya cewek cantik itu ya yang kulitnya pucat!

Cantik itu pucat via xovain.com

Pada masa itu, perempuan tidak bisa dibilang cantik kalau memiliki kulit yang nggak pucat. Dalam beberapa artian, pengkategorian ini memang bisa dibilang diskriminatif sekali, tapi yang memang begitulah adanya. Jadi, bisa disimpulkan bahwa standar kecantikan di dunia ini ditentukan oleh beberapa budaya saja.

2. Pada masa awal dunia perfilman, Lilian Dorothy Gish adalah yang paling cantik! Mata besa, bibir tipis, keliatan polos

Matanya cakep via wikimedia.org

Advertisement

Muka polos mulai dianggap sebagai standar kecantikan saat film pertama kali dibuat. Tentu saja hal ini sudah banyak sekarang. Meskipun, muka polos memang memiliki tempat tersendiri di hati orang-orang, tetap saja tren ini sekarang sudah jauh berubah.

3. Tahun 1940-an adalah tahunnya Rita Hayworth. Rambut lebat, tinggi dan kakinya jenjang

Tante Rita cakep! via wcftr.commarts.wisc.edu

Dilihat dari segi fisik saja, mungkin era ini adalah era yang membentuk cantik versi model catwalk zaman sekarang. Tinggi, rambut bagus, kaki panjang, bibir tipis. Iya, seperti kebanyakan model yang bisa kita temui di luar sana.

4. Marylin Monroe adalah definisi cantik pada 1950-an. Tubuhnya curvy, parasnya seksi!

Cakep! via www.wetpaint.com

Saking terkenalnya Marylin Monroe, mungkin ada banyak orang yang sama sekali tak tahu mukanya yang mana tapi sudah pernah dengar orangnya. Ya, sebesar itulah nama Marylin Monroe di dunia ini. Perempuan yang pernah diisukan menjadi selingkuhan salah satu presiden Amerika ini adalah tolok ukur cantik di era 50an. .

5. Sekitar tahun 1960-an ada Twiggy yang jadi acuan cantik; tubuhnya kurus kering!

Kurus banget ih via m.cdn.blog.hu

Gabungan antara gaya ini dan kriteria cantik di awal mula adanya film mungkin adalah yang menjadi pembentukan tubuh model saat ini. Lihat saja model-model pakaian saat ini, semuanya kurus dan hampir terlihat tulangnya. Namun tubuh mereka tinggi dan memiliki kaki yang panjang.

6. Tren tahun 1970-an bisa disebut milik Diane Keaton. Muka natural jadi andalan di era ini

Natural via netdna-cdn.com

Era ini adalah era di mana cewek yang nggak dandan atau terlihat nggak dandan dianggap cantik. Mungkin pada masa itu memang orang sedang sangat bosan melihat cewek yang berdandan menor seperti yang menjadi tren di dekade sebelumnya.

Seperti apa lagi sih perubahan definisi cantik dari masa ke masa? Masih ada beberapa yang akan Hipwee Boys tunjukkan di halaman berikutnya. Yuk, langsung disimak aja!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya