Menjadi lajang memang salah satu zona nyaman bagi cowok. Namun mau tidak mau masa lajang juga harus segera diakhiri. Selain karena kesendirian bakal membunuhmu secara perlahan, memiliki pendamping membuatmu belajar akan banyak hal di kehidupan. Dan lagi, sepertinya kebahagiaan rasanya tak akan lengkap kalau tanpa pasangan.

Sebelum mengakhiri masa lajang, pastikan dulu kamu sudah melakukan hal-hal berikut ini. Biar masa lajangmu layak untuk dikenang dan dijadikan pelajaran, juga masa-masa mendatang dengan pasangan tidak dibayangi oleh urusan masa lalu yang belum selesai. Simak uraian Hipwee Boys berikut yuk, biar masa lajangmu berfaedah!

1. Pergilah traveling. Pergi ke suatu tempat yang belum pernah kamu kunjungi

Jalan-jalan via pixabay.com

Lakukanlah perjalanan yang menyenangkan, sendiri atau bersama teman-teman terdekatmu dan bersenang-senanglah. Selain bisa memberikan pengalaman baru dalam hidupmu, traveling juga bisa menyegarkan pikiranmu dari kepenatan-kepenatan dan kekhawatiran sebelum menikah. Tidak ada salahnya untuk memberikan waktu pada diri sendiri untuk bertamasya dan melihat tempat-tempat baru.

2. Berdamailah dengan masa lalu, selesaikan hal-hal yang belum sempat terselesaikan

Teman lama via pixabay.com

Advertisement

Ada baiknya kamu menemui kawan lama orang-orang yang perlu kamu temui. Selesaikanlah masalahmu yang belum sempat terselesaikan. Bayarlah “hutang-hutang” yang belum sempat terbayarkan. Seperti kamu belum pernah sama sekali mentraktir teman makan-makan, atau kamu belum sempat menepati janji untuk menemui kawan lama. Mumpung masih lajang dan belum punya tanggung jawab besar terhadap keluarga, masa-masa ini jadi waktu yang tepat untukmu berdamai dengan masa lalu juga. Bukankah untuk memulai suatu kehidupan yang baru kamu juga harus memperbaiki hidupmu di masa lalu?

3. Mandiri secara finansial harus tercapai dan sekali-kali traktirlah diri sendiri

Santai-santai aja dulu via pixabay.com

Memang sudah seharusnya disadari, sebelum kamu memutuskan untuk membangun rumah tangga kamu harus sudah mandiri secara finansial. Siapa lagi yang akan bertanggung jawab dan memastikan keluargamu bahagia jika bukan kamu sendiri? Ketika sudah merdeka secara finansial, cobalah sekali-kali mentraktir diri sendiri. Ini yang dinamakan sebagai me time. Nggak ada salahnya membahagiakan diri sendiri sebelum membahagiakan orang lain.

4. Berikan waktu untuk orang tua dan keluarga sebelum kamu sendiri menjadi orang tua dan berkeluarga

Family time via static.kidspot.com.au

Ada baiknya kamu menciptakan momen-momen khusus untuk orang tua dan saudara-saudaramu sebelum kamu mengakhiri masa lajangmu. Sering-seringlah menetap di rumah, berlibur bersama dan menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua dan saudara-saudaramu. Sebentar lagi kamu akan membangun keluargamu sendiri dan lebih sibuk memikirkan segala urusanmu sendiri, lho.

5. Puaskan rasa penasaranmu dengan berlatih soft skill yang ingin kamu kuasai. Sebelum kamu tidak punya banyak waktu untuk diri sendiri

Biar bisa ngelatih anak di masa depan via www.walking-papers.com

Berlatihlah hal-hal yang dari dulu ingin kamu kuasai, seperti berlatih gitar, bela diri, atau bahkan menulis. Meskipun pernikahan tidak akan melarangmu melakukan hal-hal ini, namun jika kamu melakukannya sekarang maka kamu bisa menabung waktumu di masa depan untuk melakukan hal-hal yang lebih berguna untuk keluarga, bukan hanya untuk dirimu sendiri.

6. Pencapaian apakah yang belum kamu raih? Usahakan life goalsmu tercapai dulu

Life Goals via pixabay.com

Setiap orang pasti memiliki keinginan-keinginan terpendam terhadap sesuatu. Setiap orang ingin memiliki sebuah prestasi dan pencapaian dalam hidupnya. Jangan korbankan keluargamu untuk mengikuti dan beradaptasi dengan keinginan-keinginanmu yang belum tercapai. Usahakan sebelum mengakhiri masa lajang, keinginan-keinginan dan ambisimu sudah tercapai. Paling tidak kamu tahu bahwa kamu sudah berusaha mencapainya dan tidak akan mengorbankan hidupmu di masa mendatang.

Mengakhiri masa lajang bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan, hanya saja memang ada beberapa hal yang harus kita selesaikan dulu sebelum mengakhiri masa itu. Biar nggak ada penyesalan dan penasaran di masa depan. Selamat menempuh hidup baru! 😀

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya