Kamu mulai merasa tersisa saat makan di warung lesehan? Kalau iya, itu tandanya perutmu makin buncit dan mengganggu posisi dudukmu. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya teman-temanmu (yang punya masalah serupa) mengajakmu untuk rutin nge-gym. Maksudnya, biar bisa dikontrol ukuran perutnya. Selain itu gym juga bisa memberikan bentuk tubuh yang lebih proporsional.

Namun ternyata ada cara yang jauh lebih gampang ketimbang ke gym. Nggak perlu perabot gym yang harus kamu sewa. Paling kamu cukup beli matras buat alas workout-mu saja. Jadi, jangan buru-buru daftar jadi member gym dulu deh! Kali ini Hipwee Boys akan menunjukkan beberapa gerakan sederhana yang bisa bikin perutmu keren lagi. Kira-kira gerakan sederhana apa saja yang bisa dengan mudah bikin perutmu langsing dan bahkan six pack? Yuk, langsung disimak!

Single-leg sit-up bisa dengan mudah kalahkan lemak di perut. Gerakan ini efektif melatih otot perutmu

Ciattt.. via i.ytimg.com

Nggak perlu banyak alat gym lantaran kamu cuma butuh alas yang memungkinkan tubuh kamu tak langsung menyentuh permukaan lantai. Single-leg sit-up, dikatakan para pelatih fisik, merupakan versi yang lebih efektif ketimbang sit-up pada umumnya. Dalam hal pembentukan otot perut, single-leg sit-up memungkinkan kamu untuk lebih fokus pada otot abs (perut). Selain perut, oto fleksor pinggul pun bisa terasah lewat gerakan ini.

Berikut contoh gerakan single-leg sit-up:

Gerakannya cukup mudah untuk dilakukan. Seperti orang yang bersepeda, tapi bisa bikin perutmu “kotak-kotak”

Advertisement

Gerakan bersepeda fiktif :)) via www.wikihow.com

Gerakan yang satu ini agak mirip dengan gerakan menggowes sepeda. Namun jangan salah sangka dulu, kamu nggak sedang diajak bermain sepeda statis seperti di banyak gym, melainkan gerakan untuk melatih otot perut dengan terlentang yang jadi titik awal sebelum gerakan. Latihan macam ini nggak kalah efektif buat melatih perut dibanding latihan lain. Otot perut bagian bawah dan otot samping ikut bergerak pada latihan ini. Cukup berat memang kalau masih awal-awal, tapi kamu bisa pakai metode berkala kok. Yang penting konsisten setiap harinya.

Dijamin deh, nggak ada yang susah dengan gerakan dead bug hand smash. Efektif banget buat mengencangkan perut bagian bawah

Biar ada roti sobeknya~ via www.fitnessandpower.com

Berbaring telentang, lalu kaki angkat ke atas dengan lutut ditekuk 90 derajat. Biar efektif, usahakan jaga kepala dan bahumu rata di permukaan lantai. Kemudian tindih telapak tanganmu dengan pinggang. Manakala sudah siap dengan posisi tersebut, lalu turunkan perlahan secara bergantian kaki kanan dan kirimu. Latihan ini bisa tokcer kalau kamu rajin. Titik-titik pada otot utama dan otot perut samping pasti akan segera menunjukan bentuknya. Ini contoh gerakannya:

Nggak perlu pergi ke gym, gerakan Front Plank Reach cukup efektif membakar lemak dan melatih otot sekitar perut

Kayak gini nih, bisa kan? via acewebcontent.azureedge.net

Kalau cuma sekadar plank, kamu mungkin tahu cara kerjanya. Tapi ada yang bisa lebih efektif buat pembentukan otot perut, lho. Biar six pack, ya, perlu usaha lebih yang nggak sekadar plank. Posisi awalnya mirip dengan plank pada umumnya. Hanya saja kamu perlu menjulurkan salah satu tanganmu ke depan secara bergantian, dan satu tangan lain tetap bertahan untuk menyeimbangkan tubuh. Latihan ini membuat tantangan yang ekstra untuk otot perut. Asalkan konsisten dilakukan, dengan intensitas yang sedikit demi sedikit meningkat, percaya deh otot-otot di perutmu bisa terbentuk.

Biar otot samping nggak bergelambir, pakailah gerakan side plank secara rutin. Biar nggak malu-maluin

Plank menyamping via s-media-cache-ak0.pinimg.com

Masih dengan posisi yang sama, hanya saja kali ini kamu mesti melakukannya dengan gerakan menyamping. Berbaringlah menyamping dan menghadap sisi kirimu dengan siku kanan yang tertanam sebagai penyeimbang. Kaki kananmu pun jadi penyeimbang lain selain siku kanan. Dengan latihan ini, otot perut sampingmu akan terlatih dan bisa melancarkan usahamu dalam membentuk six pack. Kendati terlihat gampang, tapi kalau baru mencoba, sangat mungkin kamu kesusahan, lho. Makanya, kamu harus latihan yang rutin. Lama-lama nanti nyaman kok dengan kesulitan tersebut.

Bak bandul yang bergerak ke kanan dan ke kiri, gerakan The Pendulum ampuh mengasah otot samping perut

Ini bukan lagi terjun 🙁 via www.jefit.com

Pendulum atau dalam Bahasa Indonesia berarti bandul merupakan pengganti efektif dari sekadar sit-up. Gaya yang satu ini mampu membantu kamu mengencangkan otot-otot bagian perut, seperti bagian atas dan samping. Caranya nggak susah kok. Cukup berbaring dengan tangan terlentang dan dua kaki yang diangkat ke atas. Usahakan kedua kaki tersebut menempel satu sama lain. Setelah kedua kaki terangkat sebagai titik awal, lalu gerakan ke kanan dan ke kiri secara bergantian seperti sebuah bandul atau wiper kaca depan mobil. Sederhana ‘kan?

Reverse crunch langsung tertuju pada otot perut yang jadi tujuan six pack-mu. Tunggu apa lagi?

Biar sehat juga kan via www.bodybuilding.com

Reverse crunch adalah cocok banget buat kamu yang menginginkan bentuk perut yang six pack. Kala perutmu mendapatkan latihan ini, nggak cuma sebagian besar perut bagian atas jadi bagian yang paling mendapatkan efek, tapi di sisi lain, bagian bawah otot rektus abdominis pun ikut bergerak. Gerakan ini tak jauh beda dengan gerakan sit-up. Hanya saja, ada bedanya pada posisi kaki. Kakimu terangkat dan terbentuk 90 derajat. Coba deh lihat contoh reserve crunch satu ini.

Bagaimanapun membentuk otot perutmu bukanlah pekerjaan yang instan. Sebenarnya cukup kamu konsisten walaupun intensitas workout-nya nggak berat-berat amat, yakinlah perutmu bisa terbentuk sesuai dengan yang kamu inginkan. Oh, ya, beberapa trainer punya resep lainnya supaya perutmu cepat berbentuk, yaitu kurangi makanan berminyak, banyakin minum air putih dan tidur yang cukup. Bagaimanapun bentuk tubuh yang sehat itu berasal dari perpaduan dari pola hidup yang sehat. Selamat mencoba, guys!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya