Banyak yang menyebut, cowok nggak bisa hidup tanpa adanya kontak fisik dengan cewek atau pasangannya. Padahal pada kenyataannya, nggak cuma cowok, tapi juga cewek, nggak bisa hidup tanpa adanya kontak fisik. Tapi jangan mikir bahwa kontak fisik ini melulu soal seksualitas, ya!

Yups, berdasarkan banyak penelitian, kontak fisik ini baik bagi kesehatan fisik dan mental setiap orang loh. Lagi-lagi, ini bukan soal seks ya. Jangan terlalu kotor ya pikiran kalian, hehehe.. Nah, kali ini Hipwee Boys akan mengajakmu untuk memahami tentang arti penting sebuah sentuhan. Yuk, simak!

Dengan sentuhan, kita bisa merasa begitu dekat dengan seseorang. Pun dengan orang yang baru kita kenal

Meski baru kenal. via shutterstock.com

Seorang psikolog sekaligus penulis buku The Moral Molecule, Paul Zak, mengatakan bahwa dengan sentuhan, seperti berjabat tangan, seseorang bisa melepaskan neurochemical oxytocin yang bisa membuat dirinya merasa dekat seperti layaknya saudara atau keluarga. Sementara profesor dari University of California, Dacher Keltner dan ahli syaraf Edmund Ross mengatakan bahwa kontak fisik bisa mengaktifkan korteks orbitofrontal pada otak yang menghubungkan antara perasaan dihargai dan kasih sayang. Maka dari itu, nggak usah ragu untuk menjabat tangan orang yang baru kenal. Biar bisa lebih dekat. 😀

Bisa memberikan rasa percaya diri dari kenyamanan yang muncul dalam sebuah sentuhan. Setiap orang butuh ini!

Makin PD. via shutterstock.com

Advertisement

Nah, hampir sama seperti yang dijelaskan oleh penelitian sebelumnya, kontak fisik dalam konteks apapun bisa memberikan rasa percaya diri dan kenyamanan antar individu. Seperti berjabat tangan mengucapkan selamat atau pelukan, bisa memberikan energi positif bagi orang yang menerima sentuhan tersebut. Meski bagi si pemberi nggak merasakan hal yang sama, tapi paling nggak dia merasakan sebuah kepuasan tersendiri, selama dia ikhlas melakukannya.

Belaian dari tangan seorang ibu pada anaknya pun demikian. Meski terkesan sepele, tapi hal ini bisa memberikan banyak makna dan manfaat bagi si anak. Pun dilakukan oleh antar pasangan. Kenyamanan seperti ini nggak bisa digambarkan bahkan digantikan oleh apapun, hanya kita yang bisa merasakan sensasinya.

Hanya dengan sentuhan, kita bisa merasa lepas dari beban dan masalah kesehatan. Itulah kenapa saat sedih, kamu perlu memeluk pasanganmu

Setiap orang butuh dan suka pelukan. via shutterstock.com

Ya, sentuhan memang bisa menjadi sebuah obat bagi ‘luka’ bagi siapapun juga. Menurut penelitian dari University of North Carolina, cewek yang kerap mendapatkan peluk dari cowoknya bisa menurunkan risiko penyakit hati hingga darah tinggi. Dilanjutkan oleh University of California s School of Public Health, mereka menyebut orang yang mengidap penyakit sekompleks apapun bisa lebih survive ketika mereka mendapatkan sentuhan.

Bahkan American Hospital Association menuturkan, sebanyak 37 persen rumkit di USA memberikan pengobatan bagi mereka yang mengidap kanker payudara berupa alternatif dengan sentuhan atau massage. Dalam penelitiannya, alternatif ini memang bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, apalagi bagi pengidap kanker payudara. Dan, seperti yang kita tahu, massage dalam kasus ini nggak cuma bisa memberikan ketenangan hingga kenyamanan, melainkan mempercepat proses penyembuhan juga.

Pada dasarnya, sentuhan merupakan elemen mendasar atas tumbuh-kembang seseorang dari sejak lahir hingga tua nanti

Baik untuk perkembangan anak. via shutterstock.com

Prof Dacher Keltner yang juga penulis buku-buku motivasi sekaligus psikologi mengatakan bahwa siapapun orang membutuhkan sentuhan, bahkan sejak dia baru lahir hingga sesepuh apapun usianya saat ini. Menurutnya, berdasarkan gelombang studi yang telah dilakukan beberapa tahun terakhir, hampir seluruhnya mendapatkan hasil serupa. Bahwa sentuhan sangat memengaruhi komunikasi, ikatan batin, hingga kesehatan seseorang.

Sedangkan menurut Alice Sterling Honig, seorang pakar perkembangan anak dari Syracuse University mengatakan bayi yang mendapatkan sentuhan memiliki otak 20 persen lebih besar daripada bayi yang jarang mendapatkan dari orang tuanya. Nah, inilah elemen mendasar yang sangat memengaruhi tumbuh-kembang seseorang.

Nah, seperti itulah benefit yang bisa kamu dapatkan kalau kamu sering mendapatkan sentuhan dari orang lain, terlebih dari mereka yang kamu sayangi. Jadi, masalah kontak fisik ini, jangan disangkutpautkan dengan masalah seksualitas apalagi stigma untuk cowok, ya! Setiap orang butuh banget sentuhan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya