Untuk mempromosikan sebuah film baru, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar berita penayangan film tersebut bisa tersebar dan terdengar oleh semua orang. Hingga akhirnya masyarakat berbondong-bondong datang untuk menyaksikannya. Memeng begitulah cara kerja tim promosi.

Masalah promosi ini, bisa dimulai dari media sosial hingga iklan di media dengan memamerkan poster filmnya. Ya, itu kalau zaman modern seperti saat ini. Lalu bagaimana dengan zaman dulu? Zaman di mana internet masih susah, media hanya tersedia yang cetak, bahkan media sosial pun belum ada. Adalah poster yang menjadi alat mereka untuk promosi. Nah, kali ini Hipwee Boys pengen menunjukkan beberapa poster film zaman dulu dan sekarang yang tampak begitu kontras. Penasaran? Simak ulasan berikut!

Film Laki-laki Binal merupakan salah satu film dengan poster menggoda yang muncul di tahun 1978. Tapi terhitung ‘agak sopan’ sih

Binal banget gambarnya! via perfilman.perpusnas.go.id

Film Laki-laki Binal ini merupakan salah satu film yang dibintangi oleh aktor kawakan Roy Marten yang beradu akting dengan Jenny Rachman. Poster film Laki-laki Binal yang terbit pada tahun 1978 ini sebenarnya film dewasa yang cukup ‘sopan’.

Meski tepat dengan jalan ceritanya, poster dari film Gadis Panggilan ini terlalu aduhai deh

Relevan, ya. via pinterest.com

Advertisement

Kalau film ini jelas nggak usah dipertanyakan lagi di mana letak dewasanya. Ya, kalau sekarang sih pasti dibilang kontroversi. Dari judulnya saja kita sudah bisa menebak jalan cerita dari film garapan Ratno Timoer ini. Bagaimana posternya, apakah relevan dengan judul dan isi filmnya?

Dari judulnya pun sudah bisa ditebak, Kenikmatan Tabu di 1994 merupakan film dewasa dengan poster yang juga dewasa

Wow! via flickr.com

Film yang rilis tahun 1994 ini dibintangi artis panas Kiki Fatmala bersama Teguh Yulianto. Jelas, dilihat dari posternya, hampir setiap cowok akan tertarik untuk menonton film besutan Ackyl Anwari ini. Secara, gambarnya begitu banget. Wow!

Setahun kemudian, ada film berjudul Kenikmatan Ranjang Semua Orang yang memiliki poster nggak kalah ‘menantang’!

Tertantang nggak? via twitter.com

Digawangi oleh Nico Pelamonia yang menguji kehebatan berakting Chintami Atmanegara dan Robin Panjaitan ini merupakan salah satu film dewasa yang terbit di tahun 1995 bersamaan dengan film dewasa lainnya seperti Bebas Bercinta, Nafsu dan Dosa, Gairah Malam 1 dan 2, hingga film Gairah Terlarang. Dari semua film ini, Kenikmatan Ranjang Semua Orang dinilai memiliki poster yang sangat menantang. Bagaimana?

Sementara kalau dibandingkan dengan poster film saat ini, lihat sendiri deh:

Film Virgin yang dinilai memiliki unsur dewasa pun, poster filmnya nggak seheboh dulu. Bahkan kualitas filmnya juga bagus

Dari ketiganya, menarik semua. via ngomongin-film-indonesia.blogspot.co.id

Film ini termasuk film dewasa di era millennium yang memiliki berbagai adegan dewasa dengan kualitas film yang bagus. Dari rilisnya film pertama hingga ketiga, posternya nggak begitu amat kok. Padahal isi film ini cukup dewasa loh.

Masih ingat film Skandal tahun 2011 yang menayangkan adegan panas? Posternya masih sopan loh!

Masih sopan, kan? via tumblr.com

Rilis pada tahun 2011, film garapan Jose Purnomo ini juga termasuk film panas yang lebih modern. Dengan menyelipkan adegan ‘skandal’, film ini memang layak disebut film dewasa. Sementara posternya, kita nggak akan mengira bahwa ini film dewasa, kecuali kita baca judulnya yang memang tendensius ke adegan mesum.

Nah, begitulah perbandingan poster film dewasa zaman dulu dan sekarang. Mungkin karena zaman yang telah berubah pesat dengan pemahaman sopan santun yang lebih baik, poster dibuat menjadi lebih menarik dengan menitikberatkan estetika, bukan hanya seksualitas belaka. Toh, tujuan adanya poster, kan, untuk menarik penonton agar terpikat untuk menyaksikan film tersebut. Menarik bukan berarti harus mesum, kan? Coba kalau zaman sekarang, poster begituan mah pasti sudah dibakar dan dibredel! hehe

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya