Satu hal yang cukup sering bikin sakit kepala tiap kali malam Minggu menjelang adalah: Mau kencan ke mana kita? Yang lebih bikin pusing adalah kalau tanggal tua sudah mendekat: Gimana caranya bisa kencan murah tapi enggak murahan?

Tenang saja sih, karena nge-date itu enggak perlu mahal, kok. Penasaran? Coba cek ide pacaran murah tapi enggak murahan dan tetap romantis berikut ini, deh.

1.  Cewek selalu suka kejutan yang menyenangkan. Coba bikin si pacar kaget dengan kemampuan dansamu yang diam-diam kamu pelajari.

Ikut kelas dansa gratis bisa jadi ide kencan, lho via galwayswing.com

Siapa bilang dancing itu cuman buat cewek? Kamu enggak perlu belajar tarian hiphop yang pakai acara melintir ke mana-mana atau jumpalitan ke sana-sini, kok. Cukup belajar dansa waltz yang super sederhana saja.

Terus, habis itu ngapain

Advertisement

Kelak, kejutkan si pacar dengan mengajaknya hadir ke acara malam dansa (kalau ada) atau yang lebih irit lagi, kamu bisa bikin kejutan buat dia dengan menyulap (misalnya) kebun rumah si pacar menjadi tempat piknik yang asik di malam hari. Kamu juga bisa ajak si pacar untuk ikut kelas dansa gratis, lho!

2. Piknik selalu jadi solusi paling seru dan romantis untuk berkencan.

Piknik bareng sama pacar? Patut dicoba, lho! via www.eharmony.co.uk

Ngomong-ngomong soal piknik, aktivitas ini selalu jadi kegiatan super asik dan romantis buat berduaan, lho. Kalau memungkinkan, kalian bisa piknik ke luar kota, di bukit dengan pemandangan super kece, di pantai, atau serupa dengan ide sebelumnya: piknik di halaman belakang rumah.

Supaya makin ngirit, siapkan bekal makan siang untuk piknik berdua. Daripada makan di restoran, bawa bekal sendiri jauh lebih ngirit, lho.

3. Siapa bilang makan malam romantis cuman bisa di restoran dan harus mahal? Di ruang makan juga bisa, tuh

Ruang makan biasa juga bisa disulap jadi ala-ala restoran, bro! via creativehomestyle.files.wordpress.com

Kamu enggak perlu keluar duit sampai jutaan cuman buat makan malam super romantis berdua ditemani cahaya lilin dan alunan gesekan biola untuk membangun mood. Mumpung rumah kosong weekend ini, gimana kalau kamu kejutkan si pacar dengan mengajaknya makan malam di rumahmu?

Kamu dan pacar ngekos? Coba pinjam kontrakan teman kamu, atau sulap ruangan kosong yang bisa kamu temukan dan pinjam jadi menyerupai restoran kelas atas.

4. Masak nggak cuman bisa membantu diet atau kondisi dompet, tapi juga hubungan asmara kalian

Masak bareng = ngirit + kenyang! via theblueroom.bupa.com.au

Tahu nggak sih kalau ternyata memasak berdua juga membantu meningkatkan keintiman kalian berdua? Mau itu memasak buat piknik atau untuk makan malam romantis berdua, aktivitas ini jauh lebih menyenangkan kalau dikerjakan berdua. Kalian juga bisa memilih untuk membuat kue saja, lalu dimakan berdua setelah kuenya matang.

Nggak cuman bikin si pacar makin nempel sama kamu, masak bareng juga bikin kenyang. Asal enggak gosong sih ya…

5. Irit, sehat, tapi romantis: Gandengan berdua sambil berjalan-jalan

Jalan-jalan menikmati pemandangan sambil gandengan juga unyu, lho. via blog.twobrightlights.com

Jalan-jalan sambil cuci mata (tapi bukan buat ngelirik lawan jenis dong!) adalah solusi paling super duper irit. Kalian bisa jalan-jalan berdua sambil piknik, ditemani pemandangan alam yang cantik, atau cukup jalan-jalan di mal atau lokasi wisata terdekat.

Nggak cuman jalan bersebelahan, kamu juga bisa tunjukkan sisi romantis kamu dari hal-hal kecil seperti menggandeng tangannya, berada di sisi jalan yang tepat saat menyeberang jalan, menuntun si pacar sambil memegang tangannya saat kalian melewati jalan yang agak licin waktu berjalan-jalan di bukit, atau sesederhana mengacak-acak rambutnya dengan penuh rasa sayang.

Ih, gemes!

6. Nonton film enggak perlu ke bioskop, lho. Kamu juga bisa bikin bioskop pribadi di rumah

Nonton berdua nggak harus di biskop, lho via i.huffpost.com

Beruntunglah kalau kamu cukup mapan untuk memiliki satu set home theater di rumah. Kalaupun enggak, kamu nggak perlu patah semangat. Cari pinjaman proyektor, kali aja ada teman yang punya. Atau pinjam dari BEM atau organisasi lain di kampusmu. Berikutnya, sulap ruangan apapun, bahkan kamar kosmu, jadi bioskop mini. Kamu tinggal pasang kain putih buat layar—kalau temboknya sudah dicat putih, masalahmu pun beres.

Putar film romantis kesukaan si pacar, atau tonton film favorit kalian berdua. Enaknya bikin bioskop pribadi, kalian enggak perlu khawatir ngobrol selama nonton tanpa harus disuruh diam sama orang lain—hal yang sering terjadi kalau kalian nonton di bioskop.

Nah, gimana menurut kalian? Jadi romantis itu enggak harus mahal, kan? Dan kalau kalian punya ide nge-date irit tapi romantis lainnya yang pernah kalian lakukan, coba di-share, dong.