“Eh Ji, li sering banget jalan sama si Dita?”
“Haha… Namanya juga temen, Rul”
“Ciyee… Dari temen bisa jadi demen, loh”
“Nggak laah… Dia terlalu mirip sama aku”
“Lah? Kenapa emang?”
“Gak asik. Asikan juga sama kamu, Rul… Hehe :p “

Ada yang bilang bahwa saat kamu mencari pasangan, cari dia yang punya banyak kesamaan. Selain memudahkanmu untuk beradaptasi satu sama lain, kesamaan itu akan menjadi bumbu bahagia yang membuat kalian sulit punya masalah. Saat kalian punya banyak kesamaan dan bahkan bisa dibilang cenderung mirip, kalian tak lagi punya perbedaan yang bisa berakibat perpisahan.

Namun taukah kamu bahwa sesungguhnya orang yang berwatak mirip dengan kita itu justru kurang asik kalau dijadikan pasangan. Alih-alih bikin masa pacaran kalian jauh dari pertengkaran yang ada malah bikin kalian cepet bosan.

Kemiripan dengan pasangan tak selalu berarti kalian jodoh yang tak terpisahkan. Bisa jadi kalian malah akan merasa bosan karena punya banyak kesamaan

Bisa jadi malah bikin bosan via hot-and-trending.tumblr.com

Ketika banyak orang yang bilang bahwa kala kamu punya watak dan sifat yang mirip dengan pasangan, itu tandanya kalian adalah jodoh yang tak kan terpisahkan. Karena adanya kemiripan tersebut, kamu dan pasanganmu jadi semakin dekat. Tak ada lagi tembok pembatas bernama ‘sifat’ dan ‘kebiasaan’ yang mampu memisahkan kalian.

Advertisement

Tapi apa iya akhirnya akan selalu seperti itu? Bukankah kalau punya banyak kesamaan kalian akan semakin cepat bosan? Sifat dan watak yang sama membuat hubungan jadi kurang tantangan. Bagi cowok yang suka banget hal-hal baru dan sangat menyukai tantangan, tentu punya banyak kesamaan dengan pasangan bisa jadi pembunuh dalam sebuah hubungan. Alih-alih jadi semakin sayang, ada kemungkinan lebih tinggi bagi seseorang untuk melirik dan menggoda orang lain demi mengatasi kebosanan tersebut. Ini nih yang disebut jodoh tak terpisahkan? :p

Karena sifat dan watakmu dan pasanganmu sudah sama, ujian dalam hubungan kalian jadi kurang berkesan. Ada kemungkinan hubunganmu akan retak saat ada masalah menghadang

Ada kemungkinan hubungan kalian bakal retak via www.theswexperts.com

Kesamaan watak dan sifat dengan pasanganmu adalah suatu anugerah yang membuat hubunganmu tak punya banyak masalah. Karena yang paling sering jadi penyebab masalah dalam hubungan adalah perbedaan pandangan dalam suatu hal, tentu dengan punya sifat yang sama adu argumen yang biasanya terjadi antar pasangan bakal jarang kalian lakukan. Pun demikian dengan ujian dan masalah dalam hubungan, kalian yang punya pasangan dengan sifat yang sama tak akan sering-sering berhadapan dengan yang namanya masalah dalam hubungan.

Namun tak selamanya hal tersebut berakibat baik. Kala masalah dalam hubungan kalian cenderung tak ada, artinya kebersamaan hubungan kalian kurang teruji. Saat pada akhirnya ada masalah besar yang kalian hadapi, kemungkinan retaknya hubungan jadi lebih tinggi. Sebelumnya, kamu dan pasanganmu tak pernah beradu argumen, tak pernah punya pendapat yang berbeda dan selalu adem ayem saja. Kali ini, ada masalah yang belum pernah kalian hadapi sebelumnya yang membuat hubungan kalian sedikit terguncang. Pada saat itu, kalian akan berharap dulu kalian pernah bertengkar karena beda pendapat dalam suatu masalah!

Pasangan dengan watak yang berbeda akan membuatmu belajar soal memahami dan menerima. Hal itu tak mungkin kamu lakukan jika kalian punya watak yang sama

Lebih asik jika belajar saling memahami via papasemar.com

Punya banyak kesamaan watak dan sifat dengan pasangan sering dipandang sebagai hal yang menguntungkan dalam sebuah hubungan. Kamu dan pasanganmu tak perlu butuh banyak waktu untuk saling beradaptasi dan mengenal satu sama lain. Setiap detail hal yang pasanganmu kerjakan, kamu bakal tau dan tak curiga saat dia pergi tanpa bilang kepadamu terlebih dahulu. Memang benar sih banyaknya kesamaan sifat bisa jadi keuntungan tersendiri, namun apakah benar hal itu menentukan masa depan hubunganmu?

Adalah suatu tantangan tersendiri kala kamu punya pasangan dengan watak yang berbeda. Ada banyak upaya keras yang harus kalian lakukan untuk bisa saling menerima. Dalam usaha tersebut, cowok bakal tertantang untuk terus mengenalmu lebih jauh. Adanya rasa tertantang itu akan membuat perasaanmu kepada pasangan akan semakin kuat. Selain itu, kamu juga akan belajar esensi sebenarnya dari sebuah hubungan. Bahwa belajar saling memahami dan memaklumi itu jauh lebih bisa bikin hubunganmu awet daripada mencari pasangan yang dari awal sudah punya sifat yang tak jauh beda.

Sejatinya, urusan awet tidaknya suatu hubungan memang Tuhan yang menentukan. Namun saat kamu dan pasanganmu punya sifat dan watak yang berbeda, kalian jadi punya masa dimana kalian belajar saling memahami, memaklumi dan melengkapi. Pun demikian pula dengan fakta bahwa kalian sudah terlatih berargumen dan bertengkar karena perbedaan sifat, tentu hubungan kalian akan lebih awet daripada mereka yang sedari dulu ayem tanpa masalah. Jadi mohon jangan menolak seseorang hanya karena sifatnya berbeda jauh denganmu ya.