Berkata bohong bisa jadi hal yang sangat menyebalkan bagi siapapun. Seringnya kebohongan dilakukan untuk menutupi kesalahan. Biasanya, cowok adalah yang paling identik dengan bohong dan dicap lebih sering berkata bohong dibanding cewek. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh dailymail, cowok memang lebih sering berbohong dibandingkan cewek.

Kebohongan buat sebagian besar cewek pun jadi hal yang sangat mengganggu dan bikin penasaran. Takutnya cowok bohong karena dia sedang selingkuh dan menutup-nutupi kesalahan. Cewek pun kebanyakan bukan penasaran tentang kebenarannya, tapi penasaran kenapa sih kok sampai bohong? Buat cewek-cewek yang pengen tahu sebenarnya cowokmu berbohong atau hanya curigamu saja yang berlebihan, perhatikan gestur-gestur sederhana di bawah ini. Hipwee Boys sudah merangkumkan bagaimana kecenderungan cowok saat berbohong. Yuk disimak!

1. Ketika ditanya “mengapa” jawabannya cenderung terbata-bata

Ngaku bohong nih ye via tumblr.com

Memang tidak ada ukuran pasti dalam menentukan seseorang bohong atau tidak. Bahkan alat pendeteksi kebohongan tidak bisa mutlak menentukan apakah seseorang bohong atau tidak. Namun setidaknya kita bisa menerka dengan ciri-ciri umum ketika seseorang berbohong. Seringnya cowok yang bohong ketika ditanya dengan pertanyaan yang membutuhkan banyak penjelasan seperti pertanyaan “mengapa”, akan menjawab dengan terbata-bata. Ketika seorang cowok yang biasanya mudah untuk mengungkapkan alasan jadi terbata-bata waktu ditanya “mengapa” kemungkinan dia sedang berbohong. Hal tersebut karena orang yang berbohong cenderung berputar-putar untuk mencari alasan yang tepat dan masuk akal.

2. Gugup dan menyembunyikan tangan dalam saku

Biar terkesan santai via iarediver.blogspot.com

Advertisement

Ketika berkata jujur, cowok umumnya menggunakan gestur tangan dalam mengungkapkan sesuatu. Hal tersebut karena ia sedang menyatakan sebuah fakta. Sebaliknya jika berkata bohong, orang cenderung menarik tangannya dan memasukkannya ke dalam saku. Ini juga merupakan kecenderungan secara psikologis bagaimana seseorang menyembunyikan sesuatu dengan menyembunyikan salah satu anggota tubuhnya.

3. Ketika duduk menyembunyikan angkel dan telapak kakinya di bawah kursi

Begini nih kalau duduk via id.wikihow.com

Gestur ini bisa kamu lihat ketika cowok sedang duduk untuk mengecek apakah cowokmu sedang berbohong atau jujur. Ternyata hal ini bukan sekedar isapan jempol belaka, lho. Menurut Janine Driver, seorang ahli body language, seseorang cenderung ingin menyembunyikan bagian tubuhnya seperti tangan atau kaki ketika dia sedang menyembunyikan fakta. Sebaliknya cowok yang berbohong justru membusungkan atau menonjolkan dadanya untuk menunjukkan egonya ketika berbohong.

4. Refleks menggosok hidung, ini buat yang nggak ahli berbohong

Jangan terpesona dengan senyumnya girls via media.dosed.in

Ketika cowok yang tidak ahli berbohong melakukan kebohongan, mereka cenderung menggosok bagian bawah hidungnya. Hal ini karena ketika berbohong, si cowok tidak percaya diri dengan apa yang barusan ia katakan sehingga ia ingin menutupi mulutnya ketika berbicara. Gerakan ini kebanyakan dilakukan dalam sekejap saja dan refleks.

5. Berkali-kali menelan ludah, ternyata ada penjelasan ilmiahnya

Panas dingin via tumblr.com

Ketika berbohong, tubuh akan banyak memproduksi adrenalin. Sedangkan memproduksi adrenalin sendiri akan menyedot air ludah dan menyebabkan ludah menjadi kering. Inilah sebabnya orang yang berbohong cenderung berkali-kali membasahi tenggorokannya dengan menelan ludah. Karena tenggorokannya mulai kering. Tapi tentu saja ini nggak berlaku ketika kalian sedang kepanasan dan kehausan ya! 😀

6. Mengalihkan pembicaraan pada hal lain

Jangan ngalihin pembicaraan dong! via majordepressioncounseling.in

Pengalihan topik biasa dilakukan oleh orang yang sedang berbohong agar lawan bicaranya tidak sempat curiga dan langsung memikirkan hal lain. Membahas suatu permasalahan terus menerus akan rawan membongkar kebohongannya. Selain itu bisa jadi dia juga sudah kehabisan alasan untuk membuat lawan bicara percaya bahwa ia sedang berkata jujur. Cobalah fokus pada hal yang ingin kamu ketahui ketika menanyai cowokmu, sehingga pembicaraanmu tidak teralihkan begitu saja.

Itu dia tanda-tanda sederhana yang bisa dilihat ketika cowok sedang berbohong. Curiga memang boleh, tapi jangan berlebihan ya. Jika cowokmu sepertinya sering berbohong, semoga saja bohongnya demi kebaikan kalian berdua!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya