Coba lihat lemarimu, adakah yang tak punya celana jeans di dalamnya? Yap! Jeans memang identik banget dengan anak muda, karena karena selain nyaman digunakan, dan fashionable, sejarah jeans sendiri sangat panjang hingga jeans memiliki filosofi tersendiri bagi para pemakainya.

Dalam proses pembuatannya, denim perlu dicelup beberapa kali, maka tak heran jika produsen membutuhkan 2.600 gallon air untuk membuat sepasang celana jeans. Tak hanya prosesnya yang panjang, jeans juga meninggalkan jejak khusus bagi para pecintanya. Nah kali ini Hipwee bakal mengulas seluk-beluk kehidupan yang hanya dipahami oleh denim freak. Apakah kamu salah satunya?

1. Bukan hanya cewek aja yang ribet ketika ingin membeli baju, para denim freak yang notabene cowok juga nggak kalah ribetnya

Dry Denim yang menjadi favorite para penggila denim via nudiejeans.com

Sebelum memutuskan membeli jeans yang berharga mahal, kamu mesti mengadakan riset selama satu bulan penuh mengenai jean yang akan kamu beli. Pertimbangan-pertimbangan itu meliputi harga, model, merk, bahan, ukuran, apakah perlu downsize atau tidak, dan segala keribetan lain yang nggak cuma satu dua.

Bro, mau tanya nih, gue kan make merk Hati Besi ukuran model IH 123 ABC ukuran 32. Nah kira-kira kalo mau takis si Kepala Rata yang model FH 501 XXX itu mending beli size berapa ya? Trus bahannya sanfor atau unsanfor? Kira-kira perlu downsize nggak tuh? Bla bla bla

2. Nggak hanya komputer dan smartphone yang ada spesifikasinya, pecinta jeans amat paham kalau setiap celana punya sifat dan karakter yang berbeda

Advertisement

X : Yaelah mau beli celana aja ribet banget kek mau beli cewek gadget?

Y : Ya iyalah, kan mahal bro, sayang kalo nggak cocok

Spesifikasi jeans meliputi : harga, model apakah straight cut, skinny, loose, maupun bootcut. Selvedge (jahitannya amat rapi sehingga ujungnya tidak mudah terurai — lihat penjelasan lengkapnya di sini) tidaknya sebuah jeans juga ikut berperan dalam penentuan harga jeans jeans.

Harga selvedge jeans bisa setara sama sebuah gawai baru! Sebagai contoh, sepasang celana jeans bisa berharga $300 sampai $500!

3. Demi jeans idaman kamu rela berhemat gila-gilaan biar celana impian bisa segera jadi koleksi kesayangan

Demi jeans idaman via alessonneverlearned2.blogspot.com

Man, nudie jeans cakep banget! Tapi mahal anjir, harganya sama kayak uang bulanan gue.

Demi jeans yang sangat menggoda rencana penghematan pun segera kamu eksekusi secepatnya. Makan nasi-mie-boncabe sebulan penuh juga rela deh asal jeans impian bisa cepat ada di tangan.

4. Setelah sukses beli jeans mahal, kamu-pun sibuk mempersiapkan kamera

Contoh gambar fitpic via selfedge.com

Apalagi kalo bukan untuk motret fitpic? Lalu posting di forum-forum di internet. Niatnya sih cuma ingin minta saran itu jeans bagusnya diapain. Apa udah pas, atau perlu dipotong? Yah, meski itu tergantung selera masing-masing sih, tapi nggak tahu kenapa masih aja banyak yang post gambar-gambar fitpic gitu di internet.

Eh gimana bro menurut kalian? perlu di-hem (potong) apa enggak

Bagusnya di-stack (dibiarkan menumpuk) atau di-cuff (digulung) ?

5. Sebagai pecinta jeans sejati kamu dengan senang hati ikut berbagai kompetisi yang memang khusus didesain untukmu

Nggak hanya kompetisi olahraga, jeans-pun ada kompetisinya via darahkubiru.com

Acara ini biasanya sih diselenggarakan sama produsen jeans gitu. Jadi sistemnya, orang-orang yang mau ikutan harus daftar dulu, dan menunjukkan jeans yang baru mereka beli bersamaan dengan menunjukkan koran hari tersebut. Maksudnya untuk menandai tanggal berapa kompetisi dimulai.

Lalu tiap sebulan sekali dalam rentang 6 bulan sampai satu tahun, peserta diwajibkan untuk update seberapa hardcore perubahan warna dan lipatan pada celana mereka. Padahal mah kalo ditelaah lebih lanjut yang ginian cuma akal-akalannya penjual biar dagangannya laku.

6. Kemudian setelah puas foto sana-sini, layaknya pacar atau gebetan baru, kamu bakal memakai jeansmu ke manapun kamu pergi

Breakin jeans, memakai celanamu kemanapaun kamu pergi via viacomit.net

Aktivitas ini disebut juga dengan Break-in. Aktvfitas ini bertujuan untuk mendapatkan fading atau perubahan warna pada jeansmu dengan lebih cepat. Mulai dari hangout, kuliah, pacaran, makan, sepedaan, bahkan tidur-pun make jeans. Secara kamu ingin hasil fading bisa cepet keluar. Pokoknya jeans itu ibarat pacar kedua deh. Biasanya yang diinginkan sih perubahan warna pada honeycomb, atau lipatan dibawah lutut. Lalu whiskers, lipatan-lipatan di sekitar paha depan.

7. Bagimu patah hati itu dibagi dalam 3 perkara:

a. Duit udah kekumpul, bisa belanja jeans yang disuka — tapi……

Gak ada ukurannya huhuhuhu via giphy.com

Kamu: “Yang slim fit ya Mas, ukuran 32.”

Pramuniaga: *berlalu sembari menebar harapan*

10 menit kemudian

Pramuniaga: “Maaf Mas, paling besar cuma ada 30.”

Kamu: *patah hati*

b. Celana jeans andalan luntur waktu dicuci atau luntur saat kena hujan

Kayak gini nih… via s699.photobucket.com

Dijaga baik-baik, eh….sekalinya dicuci atau pas dipakai dan kena hujan eeeh jeansnya luntur. Rasanya itu tuh…..

OMG jeans gw :(( via giphy.com

Jeans kesayangan gue, jeans belahan jiwa gueee :((

c. Jeans kesayangan yang udah disimpan lama malah berjamur gak karuan

Berjamur. Aku patah hati via giphy.com

Pada suatu hari Selena berniat mengenakan kembali jeans DC kesayangannya yang sudah tersimpan di lemari sekian lama. Tak dinyana jeans Selena malah berjamur gak karuan karena lemarinya lembab. Selena pun sedih. Sekian.

8. Matamu setajam elang kalau udah urusan melihat kantung belakang jeans yang dipakai orang

Sekilas saja kamu sudah tahu jeans apa yang dipakainya via atamanobsession.wordpress.com

Biasanya sih para denim freak bakalan tahu celana yang kamu pakai itu merk apa, hanya dengan melihat kantong celana bagian belakang. Nah di kantong ini nih ada jahitan yang disebut “arcuate” yang merupakan signature dari produsen-produsen jeans terkenal. Signature di back pocket ini pertama kali dikenalkan oleh Levi s.

9. Tanpa peduli dibilang jorok kamu pun rela memakai celana jeans yang sama berbulan-bulan lamanya agar bentuk dan warnanya makin sempurna

Kamu rela jeansmu gak dicuci dulu biar makin sempurna via www.marcallisonjeans.com

Demi alasan menuju kesempurnaan hakiki kamu rela menahan diri untuk tidak memasukkan jeans-mu dalam kloter mencuci. Jeans yang sama bisa kamu pakai berbulan-bulan lamanya. Bodo amat dibilang jorok, asal diangin-anginkan setelahnya (kamu yakin) jeansmu gak akan bau, kok.

10. Sekalinya jeansmu dicuci kamu ikhlas repot setengah mati biar hasil akhir pencuciannya tetap tanpa cela

Teknik mencuci jeans via youtube.com

Teknik mencuci jeans amat beragam. Ada rain soak, atau mencuci jeans dengan cara memakai jeans sambil hujan-hujanan.

Lalu ada istilah seawash, yaitu memakai jeans untuk bermain air di laut, garam dipercaya bisa meminimalisir terjadinya luntur pada celana jeans.

Seawash, cuci jeans pakai pasir pantai via fashionfactory.tistory.com

Buat kamu yang punya uang lebih, ada produk khusus yang bisa dipake sebagai pengganti detergen. Tapi kalo nggak punya duit ya make deterjen cair yang lembut bisa kok!

11. Buatmu jeans itu udah seperti belahan jiwa. Bisa dipakai kapan saja dan ke mana saja

Kondangan pakai jeans? Bisyaaa via imageshack.us

Dresscode-mu sehari-hari:

  • Kuliah: kemeja, t-shirt, jeans.
  • Kerja: kemeja atau kardigan, jeans.
  • Berangkat dan pulang kantor: pakai jaket jeans dong.
  • Kondangan: batik plus jeans.
  • Ngapel: kemeja atau polo shirt, jeans.

12. Makanya rasanya hatimu mencelos seperti gula-gula yang meleleh di mulut setiap lihat tanda ini

Patah hati setiap baca tanda macam ini via www.thecentre.info

Dilarang pakai jeans adalah pelanggaran Hak Asasi Manusia terberat yang harus dilawan sekuat tenaga. Tidak boleh dibiarkan begini saja!

13. Dan akhirnya, ketika semua usaha yang kamu lakukan membuahkan hasil kamu jadi manusia paling bahagia di dunia

Jeans yang udah berhasil breakin via darahkubiru.com

Jeans represent democracy in fashion

– Giorgio Armani –

Nah! semua usaha dan cara-cara perawatan jeans yang kamu lakukan, tak lain dan tak bukan adalah untuk mendapatkan hasil fading yang memuaskan seperti gambar diatas. Memang kalo orang liat yang kayak begitu mah biasa aja, tapi bagi mereka-mereka, fading jeans yang demikian itu memiliki filosofi tersendiri. Karena itulah jeans dianggap sebagai kebebasan berekspresi bagi mereka yang berjiwa muda.

Udah ya, mungkin segitu aja cukup mengenai sikap-sikap yang hanya dipahami para denim freak. Seperti biasa, jika ada hal yang belum dicantumkan, kalian bisa menambahkan di kolom komentar.

Sedangkan bagi kamu yang ingin mendalami lebih lanjut mengenai denim, bisa berkunjung ke forum lokal Darahkubiru di sana ada banyak banget penjelasan mengenai jeans dan denim. Atau kalau kamu butuh referensi lebih lanjut, Rawrdenim maupun Superfuture bisa dijadikan opsi selanjutnya.

Happy Break-in!