Apa yang terjadi dengan sebuah taman yang tidak disiram selama lebih dari 40 tahun? Akankah tanaman di taman tersebut mati?

David Latimer dan Taman Botolnya via image.hnol.net

Sinar Matahari merupakan Satu-satunya yang didapatkan taman ini selama 42 tahun terakhir. via 7ya-media.com

Taman ini menjadi contoh ekosistem sempurna bumi kita via wifive.pl

Ternyata tidak lho, David Latimer membuktikan jika hal tersebut tidaklah mustahil untuk dilakukan. Pensiunan berusia 81 tahun yang tinggal di Cranleigh, Surrey, Inggris ini menanam spiderworts/Tradescantia dalam sebuah botol kaca besar pada tahun 1960 dan semenjak tahun 1972 dia berhenti memberikan air pada taman ini kemudian mulai mengisolasinya dari dunia luar.

Advertisement

Selama 42 tahun ini, yang dilakukan oleh David Latimer hanyalah menempatkan botol ini di tempat yang terkena sinar matahari dan memutarnya agar tanaman dalam botol ini tumbuh dengan merata. Bakteri dari kompos, sinar matahari dan tanaman Tradescantia ini ternyata berubah menjadi sebuah ekosistem mandiri dan menjadi contoh yang sempurna tentang bagaimana cara kerja bumi secara alamiah.

Luar biasa bukan?! Bagi yang ingin mencoba untuk membuat taman botol atau istilah kerennya terarrium bisa melihat dari video Tutorial di bawah ini.